Cara Mengganti Blogspot Com Menjadi WEB ID(Custom Domain) 2017

advertise here
Cara Mengganti Blogspot Com Menjadi WEB ID(Custom Domain) 2017-Apakah anda ingin memiliki blog dengan menggunakan domain sendiri tapi harganya murah? Jika YA domain dengan ekstensi WEB ID bisa menjadi pilihan,Harganya murah Bro..Cuma Rp.55.000/tahun atau kalau dihitung-hitung kurang dari Rp.5000 perbulannya.Meskipun murah bukan berarti murahan karena domain ini termasuk TLD(Top Level Domain) berjenis Country Code(cc) yang memiliki banyak kelebihan.Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan domain sendiri

Simak Juga :5 Kelebihan Domain Web Id Untuk Blog

Menggunakan domain berbayar sedini mungkin seperti domain WEB ID merupakan modal awal untuk meraih kesuksesan dalam membangun blog alasannya blog anda akan tampil lebih professional,domainnya pendek sehingga gampang diingat,lebih mudah bersaing dengan blog lainnya serta semakin tua umur domain semakin tinggi peringkatnya sehingga semakin mudah masuk kehalaman pertama mesin pencari selain itu jika anda menggunakan domain sendiri jika dihapus google masih bisa diselamatkan apalagi jika pakai hosting sendiri lebih aman lagi.

Jika saat ini anda masih menggunakan domain gratisan blogspot com tunggu apalagi ayo! Gunakan domain web id sekarang juga dan dapatkan keuntungannya.Belinya kemana mas dan apa saja persyaratannya? Banyak kok penyedia domain WEB ID! Saya sendiri membeli domain web id di IDwebhost.com  tapi jika anda mau kepenyedia domain lain silahkan ke Domosquare.com,Niagahoster,Rumahweb,Jagoanhsoting,Metroworld dan masih banyak lagi.Syaratnya juga cukup mudah cukup scan KTP atau foto pakai handphone.

Pertanyaannya kemudian Bagaimana cara mengganti blogspot com menjadi web id? Jika selama ini anda belum pernah menggunakan domain berbayar mungkin saja akan sedikit kesulitan apalagi tutorial mengganti blogspot com dengan WEB ID cukup jarang kebanyakan yang menggunakan dot com.Nah kebetulan saya baru saja mengganti blog saya masharto.blogspot.com menjadi dwisu.web.id,Blog yang sedang anda baca ini.Awalnya saya pikir sama mengganti blogspot com dengan domain dot com namun ternyata ada sedikit perbedaan.

Oke …tanpa basa basi lagi ini dia tutorial selengkapnya:

1.Masuk ke dashboard blogger pilh blog yang akan diganti domainnya jika blognya hanya satu langusng masuk ke menu Setelan-Dasar-Penerbitan-Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda
Cara Mengganti Blogspot Com
Gbr 1 Klik Untuk Memperbesar
2.Masukkan nama domain WEB ID anda lengkap dengan www misalnya www.dwisu.web.id lanjutkan dengan Klik Simpan.

3.Karena anda belum mengkonfigurasi DNS akan terjadi error jangan panik hal ini wajar.Perhatikan 2 CName yang diberikan google silahkan copy kedlam MS Word/Notepad contohnya :

www        ghs.google.com
uh6mmvyxk5p3         gv-scaeaoh5ubfr3y.dv.googlehosted.com

Gbr 2 Cname Google
4.Buka tab baru browser anda log in ke member area Idwebhost.com dan ingat dashboard blogger jangan ditutup.
5.Klik Domain pada menu Kelola domain silahkan pilih Manage Nameservers
Gbr 3 Kelola Domain
6.Klik Alat Pengelolaan dan pilih menu Kelola DNS
7.Masukkan 4 IP Blogspot berikut ini satu persatu pada Kolom Alamat

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Pada Kolom Nama Host isi dengan @,Jenis record isi dengan A(Adress) sedangakan Priority biarkan apa adanya jadi pada satu baris anda mengisi @ -A(Adress)-216.239.32.21 setelah itu klik simpan perubahan barulah masukkan IP Blogspot yang ke-2 dan seterusnya samapai ke-4.

8.Setelah 4 IP dimasukkan semua langkah selanjutnya adalah mengisi 2 Cname yang diberikan google caranya sebagai berikut:

Untuk CNAme pertama Pada kolom Nama host isi dengan Cname baris ke-2 contoh  uh6mmvyxk5p3  ,Jenis record isi dengan CName(Alias) sedangkan pada kolom alamat isi dengan alamat yang yang diberikan google contohnya gv-scaeaoh5ubfr3y.dv.googlehosted.com kemudaian klik simpan perubahan

Untuk Cname kedua Pada kolom Nama host isi dengan Cname yamng diberikan google pada baris ke-1 yaitu www  ,Jenis record isi dengan CName(Alias) sedangkan pada kolom alamat isi dengan alamat yang yang diberikan google contohnya ghs.google.com jangan lupa klik simpan perubahan.Jika konfigurasi anda benar tampilannya akan seperti ini:
Gbr .4 A(Adress) Cname

9.Kembali ke Manage Nameserver Klik Nameserver pastikan name servernya sebagi berikut:

ns1.idwebhost.id
ns2.iswebhsot.id
Gbr.5 Nameservers
10.Kembali ke Dashboard blogger pada Alamat blog-Setelan Domain Pihak Ketiga yang ada pesan errornya Klik Simpan.

11.Tunggu sampai proses Propagasi dan resolve domain selesai menurut pihak IDwebhsot prosesnya berlangsung kurang lebih selama 8 jam.Selama proses itu alamat blog anda yang ada embel-embel blogspot masih bisa diakses namun jika mengakses blog dengan domain WEB ID masih error.

12.Setelah proses propagasi dan resolve domain sukses kembali ke dashboard blogger-setelan-dasar-penerbitan-alamat blog klik edit (Alamat blog sudah berganti) Jika belum berarti proses propagasinya belum selesai atau ada yang salah konfigurasinya silahkan cek lagi atau hubungi costumer service,kalau ingin cepat lewat layanan chat saja.

13.Centang alihkan  namadomainanda.web.id ke www.namadomainanda.web.id.Jika anda tidak melakukan ini saat blog anda diakses tanpa www akan terjadi error.
Gbr 6.Setelan www
14.Silahkan cek domain baru anda dengan www atau tanpa www jika bisa tampil berarti proses selesai atau coba akses alamat blogspot com anda jika langsung diredirect ke domain baru berarti prosesnya benar.

15.Selesai ! Selamat sekarang Anda sudah memiliki blog dengan domain sendiri.

Demikianlah tutorial Cara Mengganti Blogspot Com Menjadi Web Id (Custom Domain) 2017 jika ada yang kurang jelas Silahkan bertanya melalui komentar.

4 komentar

avatar

pengin juga sih, ganti "blogspot" biar kelihatan lebih profesional. langkah2nya lumayan juga, ya? hehehe.. maklum gaptek.

avatar

Kalau lihat teorinya ribet tapi kalau langsung praktek lebih mudah mas

avatar

caranya ini kadang2 saya lupa, teru sknsultasi ke penyedia domainnya, jhaha

avatar

Bikin tutorial kayak gini mas dijamin ingat khan ilmu diikat dengan menulis

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam

Click to comment