Iklan

Bila Adsense Sudah Tidak Menjanjikan,Lakukan 5 Hal ini

Posted by Dwi Sugiarto on Senin, 07 Agustus 2017

DWISU.WEB.ID,Bila Adsense Sudah Tidak Menjanjikan,Lakukan 5 Hal ini-Disaat sebagian blogger masih berharap bisa mendapatkan akun adsense non hosted tapi disisi lain banyak juga bloger yang sudah punya akun adsense tapi dibuat kecewa oleh adsense penyebabnya apalagi kalau bukan karena penghasilan yang kian hari kian menurun bukannya malah naik.

adsense

Menurut saya saat ini jika menggunakan blog bahasa Indonesia hasilnya tidak bisa diharapkan karena nilai klik iklannya sangat kecil bisa menyentuh angka $0.02 atau Rp.260.Memang sih nilai kliknya bisa berubah tapi itu hanya situasional saja tidak bisa dipastikan kapan iklan mahal muncul.Beberapa bulan ini penghasilan adsense saya turun jika biasanya sebulan saya bisa mendapatkan $ 50 tapi hampir 6 bulan ini penghasilan perbulannya kurang dari itu sehingga biasanya 2 bulan sekali bisa gajian tapi kali ini jadi molor 3 bulan sekali.

Baca juga :




Permasalahan terbesar untuk meningkatkan penghasilan adsense dari blog berbahasa indoesia adalah masalah trafik jika ingin penghasilannya besar trafik harus ditingkatkan.Tapi itu cukup berat buat bloger seperti saya.Bayangkan untuk menghasilkan $ 1 per hari saja butuh trafik setidaknya 1.000-2000 perhari itu kalau normal kalau sekarang Cuma dapat separuhnya.

Jadi jika saya ingin gajian tiap bulan saya harus mampu mendatangkan trafik 6000-8000 per hari dan ini bukan pekerjaan mudah.Contohnya saya sendiri sudah berusaha meningkatkan trafik salah satu blog saya Mediakompilasi.com yang sekarang ini trafik hariannya 1K dengan cara posting rutin tiap hari tapi trafik tak kunjung meningkat.

Tak putus asa saya mencoba membuat blog bermesin Wordpress Self Hosting baru lagi setahun yang lalu dengan harapan bisa menambah penghasilan namun meski trafik blog sudah mencapai 500 per hari tapi jika ditotal penghasilan adsense dari 4 blog tetap tidak bisa melebihi $ 2  bahkan kadang sehari bisa kurang dari $ 1.

Tak hanya sampai disitu saja saya juga membuat blog baru lagi yaitu blog ini namun dalam perjalanannya kurang mulus seperti blog saya yang lainnya karena trafiknya minim hingga tak kunjung menghasilkan.Sampai pada titik ini saya merasa bimbang apa yang harus saya lakukan? Jika terus fokus ke adsense yang hasilnya kurang bagus rasanya bukan keputusan yang baik.

Meski saya ngeblog karena memang sudah hobi tapi ngenet butuh modal komputer perlu biaya perawatan belum bayar listrik yang tarifnya sudah tidak disubsidi wajarlah kalau saya mengharapkan penghasilan dari ngeblog.

Tapi akhirnya saya sadar dari pada saya terus memikirkan penghasilan adsense yang semakin kecil lebih baik saya melakukan hal-hal yang positif meski secara langsung tidak meningkatkan penghasilan adsense tapi secara tidak langsung bisa membuka peluang penghasilan dari sumber lainnya.Berikut 5 Langkah yang akan saya tempuh kedepannya:

1.Menghidupkan blog ini dengan rajin posting
Usia domain dwisu.web.id sebenarnya sudah menginjak 7 bulan namun jumlah artikelnya masih sedikit yaitu 100 artikel dan trafik hariannya masih kecil banget hanya sekitar 20 pengunjung per hari.Penyebab kecilnya trafik kemungkinan karena jenisnya gado-gado dan jarang posting diawal-awal membangun blog.

Saya membandingkan saat membangun blog Infopojok.com meski jumlah artikelnya Cuma 80 biji tapi trafiknya bisa tembus 500 per hari.Hal ini bisa terjadi karena blog tersebut niche blog jadi fokus pada satu topik.Tadinya saya mau menjadikan blog ini niche tekno tapi sepertinya urung saya lakukan karena nantinya membuat artikelnya jadi terbatas.

2.Mencari Alternatif Penghasilan selain Adsense
Adsense bukan satu-sataunya sumber penghasilan blog masih ada sumber penghailan dari internet lain yang tak kalah menjanjikan disaat klik iklan masih rendah seperti article placement,iklan mandiri,Pop Cash,Adf.ly,PTC,Paid Survey,Affiliasi,penulis lepas.

Saya sendiri saat ini sedang fokus ke Job review karena bayarannya lumayan setiap artikel dari advertiser yang saya publikasikan di blog saya,bisa mendapatkan penghasilan antara Rp.50.000 hingga Rp.150.000.Selama ini saya lebih aktif di article placement tapi tidak menutup kemungkinan saya menulis artikel sendiri jika memang saya menguasai topiknya.

Saya mendapatkan Job review melalui broker seperti dari Grup atau Iblogmarket meski belum banyak dan tidak bisa dipastikan dapatnya tapi uang yang berhasil saya kumpulkan cukup lumayan bulan ini saja saya bisa mendapatakan Rp.250.000 dari 3 job review yang saya selesaikan.

3.Memperbanyak Aset
Untuk mendapatkan uang dari internet tidak hanya dari blog dari akun media social seperti Twitter atau Instagram dan Youtube pun bisa.Saya sendiri baru menyadari begitu berharganya follower di ke-2 media sosial tersebut sehingga saya mulai mencari follower sedikit demi sedikit salah satunya dengan saling follow dengan akun lain terutama sesama bloger.

Saya juga mulai aktif menguplad video di 2 akun Youtube meski tidak sering harapannya semakin banyak video semakin banyak view nya sehinga jika dimonetisasi bisa menghasilkan uang yang lumayan.Jika kebetulan sedang tidak ngeblog saya sempatkan untuk aktif dimedia sosial tersebut.

Itulah mengapa saya mencoba menghidupkan blog ini agar bisa saya gunakan untuk job review.Dengan rajin posting saya yakin trafik akan naik dan yang terpenting PA/DA (Page Authority/Domain Authority) ikut naik juga.Kebetulan DA blog ini sudah mencapai angak 13 sedang DA yang layak mendapatkan Job review adalah 20 jadi tinggal rajin posting,share artikel dan cari backlink.

4.Jualan Produk Melalui Blog
Jika sebuah blog memiliki trafik yang bagus apalagi tertarget sangat bagus digunakan untuk menawarkan produk dan enaknya tidak harus memiliki produk sendiri bisa juga melalui dropship.Saya sangat terinspirasi dengan yang dilakukan Mangyono.com yang sukses menjual benih padi Trisakti melalui blognya bahkan pembelinya hingga keluar jawa.

Keinginan untuk menjual produk melalui blog sebenarnya sudah lama ada dalam benak saja hanya tak kunjung dilakukan padahal saya sudah mendaftar menjadi dropshiper disebuah distributor produk herbal.Belum lama ini saya juga mencoba membeli cetakan martabak manis mini untuk mengetahui pelayanan dan mutu produknya dari sebuah marketplace yang kebetulan membuka kesempatan menjadi dropshipper.

Ternyata pelayanannya bagus dan setelah saya coba produknya juga lumayan bagus dengan harga terjangkau.Cocok sekali jika saya menawarkan produk tersebut di blog saya yang bertemakan bisnis karena bisnis martabak manis mini cukup menjanjikan.

5.Mengikuti Program penyingkat URL
Pengguna intetnet paling suka dengan sesuatu yang berbau gratis seperti ebook,software,game dan lain-lain.Inilah kemudian yang bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan sampingan dengan mengikuti program penyingkat URL yang membayar membernya contohnya Adf.Ly.Memang bayaran per action nya kecil tapi kalau jumlahnya banyak hasilnya lumayan.

Agar hasilnya maskimal perlu dibuat blog khusus untuk download dan materinya bisa ambil diintetnet yang memang boleh dibagikan ulang.Saya sendiri sudah membuat blog semacam itu tapi belum berjalan dengan baik karena keterbatasan waktu mungkin saya harus banyak belajar ke Mastah Adhy Suryadi yang suskes dengan blog dowloadnya fresoftwaresoft.com

Demikianlah Opini saya seputar Bila Adsense Sudah Tidak menjanjikan,Lakukan 5 Hal ini dengan harapan bisa membantu rekan bloger yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.Selamat Mencoba! 

Previous
« Prev Post

Related Posts

06.18

4 komentar:

  1. waaaah bermanfaat gan, saya cobaaa yaaa...

    BalasHapus
  2. memang banyak yg i PHP in adnsense.. semangat

    BalasHapus
  3. Waduh, padahal baru juga mulai bang :(

    BalasHapus
  4. banyak jalan menuju Roma, yang penting terus berinovasi dan saling memotivasi

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam