Tips Merakit Speaker Aktif Terbaik

Tips Merakit Speaker Aktif Terbaik

Tips Merakit Speaker Aktif Terbaik-Jika disuruh memilih antara speaker aktif pabrikan atau speaker aktif rakitan saya yakin sebagian besar orang akan memilih speaker aktif pabrikan dari pada rakitan alasannya mutunya lebih terjamin dan desainnya juga menawan.Namun dibalik mutu harus dibayar dengan harga yang tidak murah misalnya saja speaker aktif stereo dengan daya output 2x100 watt paling murah dibanderol Rp.1.300.000++.

Tips Merakit Speaker Aktif
Kit Speaker Aktif 300 W (Sumber : Bukalapak)
Selain itu ada sebagian kalangan khususnya penghobi elektronika yang akan penasaran jika belum mencoba merakit sendiri speaker aktif.Komponen dan Kit Speaker aktif cukup mudah didapatkan sehingga perakit bisa leluasa memilih speaker akif yang seperti apa yang  akan dibangun itulah yang menjadi kelebihan speaker aktif rakitan .

Selain itu belinya bisa nyicil misalnya pertama beli kit Power Ampifiernya duku terus kalau ada uang lagi beli Trafo dan komponen power supply,Beli/pesan Box speaker dan terakhir beli driver speakernya.Nah…agar hasilnya menakjubkan anda perlu melakukan perhitungan yang matang agar anda tidak salah beli komponennya.

Baca juga :
Bisakah Speaker Aktif Di Upgrade?
10 Speaker Aktif Murah Suara Bagus Harga Dibawah 1 juta
10 Speaker Aktif Terbaik Untuk Musik Harga Dibawah 2 Juta

Berdasarkan pengalaman saya merakit speaker aktif sendiri ada beberapa hal penting sebelum mulai merakit speaker aktif agar hasilnya Joss.Berikut ini informasi selengkapnya :

1.Tentukan dulu berapa daya output amplifier speaker aktif apakah 30 watt,60 watt,150 watt atau bahkan 300 watt.Hal ini perlu dilakukan karena menentukan desain kotak speaker.Jika dayanya kecil untuk apa pakai box speaker yang besar? Saran saya untuk hasil yang menakjubkan pilihlah daya output yang besar minimal 150 watt karena saya sudah membuktikan sendiri suaranya memang mantap.

2.Apakah ada rencana untuk di upgrade kedepannya? Jika memang ingin mengupgradenya pilihlah Kit Power Ampilifer jenis OCL  karena memang memungkinkan untuk diupgrade misalnya dari 150 watt menajdi 300 Watt.Pemilihan Trafo juga penting kalau bisa sekalian besar misalnya 10 A dan kapasitas driver speakernya yang lebih besar sehingga ketika mengupgrade komponen yang  lama masih tetap bisa digunakan.

3.Tentukan ukuran driver speaker Woofernya,untuk daya yang besar misalkan 150 watt saya sarankan menggunakan driver speaker woofer minimal 8 inch dan mau single woofer atau double woofer.

4.Tentukan sistem speakernya mau yang 3 Way atau 2 Way.Jika memilih 3 way ukruan kotak speakernya juga harus menyesuaikan.

5.Tentukan ukuran kotak speakernya.

6.Setelah semua itu tentukan barulah berburu komponen,Kit atau kotak speaker.

Demikianlah tips Merakit speaker aktif terbaik yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini diedisi berikutnya saya akan memberikan tutorial cara merakit speaker aktif jadi jangan lupa untuk berkunjung keblog ini.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam