Cara Mudah Membuat Website Jualan Online Minisite

Cara Mudah Membuat Website Jualan Online Minisite

DWISU.WEB.ID,Cara Mudah Membuat Website Jualan Online Minisite-Keuntungan menjadi seorang blogger salah satunya adalah Anda bisa merintis jualan online dengan mudah karena sebagian besar teknis blogging diterapkan juga pada jualan online misalnya saja membuat website,domain hosting,promosi blog hingga tehnik SEO.Sungguh disayangkan jika bloger yang sudah mampu mendatangkan trafik tapi tidak melirik toko online atau jualan online.

Cara Mudah Membuat Website

Bagi sebagian blogger mungkin menjual produk terlihat ribet karena harus meyakinkan pembeli tidak seperti bermain adsense yang kerjanya Cuma menulis artikel sehingga tidak berminat terjun ke dunia E commerce.Pertanyaannya kemudian apakah hasil dari adsense sudah memuaskan disaat BPK kecil atau aturan yang makin ketat ? Jika belum kenapa tidak mencoba bidang lain seperti jualan online toh ibaratnya tinggal 1 langkah saja yaitu “Menyediakan Produknya” langkah selanjutnya seperti Anda membangun blog baru.

Jika Anda beralasan tidak memiliki modal untuk menyetok produk Anda bisa menjadi dropshipper apalagi sekarang sudah ada marketplace Anda bisa dengan mudah mencari supplier yang terpercaya bahkan jika Anda tidak mau ribet cukup 1 produk saja.Katakanlah Anda sudah menemukan sebuah produk yang akan anda pasarkan secara online,apa langkah selanjutnya? Membuat website yang akan digunakan untuk jualan tentunya.

Nah…berkaitan dengan hal tersebut saya ingin berbagi pengalaman membuat website jualan online.Ternyata tidak sulit  kok membangun sebuah website jualan online khususnya yang hanya menjual 1 produk atau minisite.Memang sih website jualan online tersebut belum sukses namun tidak ada salahnya saya berbagi pengalaman siapa tahu bisa menginspirasi Anda untuk jualan online.

Baca juga : Launching Online Shop Cetakan Martabak Mini

Cara Mudah Membuat Website Jualan Online Minisite.


Saya memilih sebuah produk yang saya tahu betul kualitasnya dan seluk beluknya.Supliernya saya cari ditokopedia dan untuk mengetahui pelayanannya serta kualitas produknya saya membeli 1 buah produk dan setelah memastikan kualitas dan pelayanannya bagus barulah saya membuat website jualan online minisitenya.Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.Membeli domain
Kenapa harus membeli domain? Bukankah bisa menggunakan domain gratisan? Kredibilitas dan profesional menjadi pertimbangannya walaupun sebenarnya bisa saja menggunakan domain gratisan namun dengan menggunakan domain sendiri tingkat kepercayaan pembeli akan semakin besar.
Bukankah Mahal harga domain? Tidak juga ada juga kok ekstensi domain yang harganya ramah dikantong contohnya webid harganya Cuma Rp.55.000 per tahun.Inilah yang saya pilih untuk domain website jualan online saya.

Baca juga : 5 Kelebihan Domain Webid Untuk Blog

2.Berlangganan Hosting
Langkah selanjutnya setelah membeli domain adalah berlangganan hosting.Kenapa harus menggunakan domain berbayar? Banyak fitur yang akan anda dapatkan jika mengunakan hosting berbayar yang cukup mendukung website jualan online dan itu tidak akan Anda daptakan jika menggunakan domain/hosting gratisan seperti bisa install wordpress,toko online atau plug in.

Kapasitas hosting tidak perlu besar-besar cukup 200 Mb pertahun sudah memadai sehingga harganya murah sekitar 84 ribu per tahun.

Baca juga : 5 Keuntungan Blog Wordpress Dari Sisi Bisnis

3.Membuat Landing Page
Landing page merupakan website dimana nantinya pembeli akan diarahkan kesana dan diwebsite landing page tersebut dicantumkan Call to Action.Jika diibaratkan landing page ini seperti Brosur penawaran sebuah produk secara offline yang ditempelkan dipohon atau tembok seperti motor,sedot WC,Dana tunai dan biasanya di brosur tersebut terdapat nomor kontak yang bisa dihubungi jika tertarik.

Silahkan Anda install CMS Wordpress.org di Cpanel Hosting kemudian pilih themes yang cocok untuk landing page.Install juga plug ini elementor page builder yang sangat membantu ketika membuat copy writing.Sebuah landing page yang bagus kontennya fokus pada penawaran produk dan pengunjung tidak diganggu perhatiannya oleh hal-hal lainnya seperti link-link keluar,widget,menu navigasi atau footer bahkan banner iklan.

Intinya bagaimana caranya agar pengunjung bisa fokus pada penawarannya dan tujuan akhirnya Call to Action atau menghubungi Anda.

4.Menyusun Copywriting
Copywriting adalah konten yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan produk dan copywriting yang bagus adalah yang mampu menghasilkan penjualan.Membuat copywriting butuh tehnik tertentu tidak seperti membuat artikel untuk blog.Konten harus to the point jangan terlalu panjang atau banyak informasi sehingga point yang ingin disampaikan jadi kabur atau campur aduk

Pembeli tidak akan langsung transfer uang pasti Tanya-tanya dulu kecuali webnya bentuknya ad to cart jadi cukup diarahkan ke nomor kontak atau link cara pemesanan jadi nomor rekening tidak perlu dicantumkan dulu biar tidak terang-terangan Direct Selling cukup cantumkan nomor kontak saja.

Membuat copywriting tidak seperti membuat artikel blog dimana struktur tulisannya sederhana copywriting harus informatif,padat dan fokus.Dengan Bantuan Plug in elementor page builder Anda biSa dengan mudah membuat copywriting yang menarik.Anda bisa dengan mudah drop and drag fiutr yang ada seperti Heading,teks,Gambar,video,Button,Map,featured.Nantinya halaman yang berisi copywriting ini dijadikan halaman utama.

Sebuah website jualan online Minisite dengan Landing Page bisa berisi 1 halaman yaitu halaman yang berisi copywriting atau bisa juga ditambah halaman pemesanan/kontak.

Demikianlah informasi seputar Cara Mudah Membuat Website Jualan Online Minisite Semoga Bermanfaat,Anda tertarik untk Mencobanya?
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam