--> Skip to main content

Pengalaman Belanja Online Ke BliBli.com Menggunakan Voucher

Pengalaman Belanja Online Ke BliBli com Menggunakan Voucher-Kemudahan yang ditawarkan jika berbebelanja ke E commerce atau toko online membuat siapa saja tertarik untuk bertransaksi secara online salah satunya bisa berbelanja melalui aplikasi(Apk) yang bisa diinstall di ponsel.Pembeli tinggal buka aplikasi marketplace ternama seperti Tokopedia,Bukalapak,Lazada atau Blibli,Pilih produknya lalu Order.Apalagi metode pembayarannya banyak tak perlu repot-repot transfer uang dari ATM cukup datang ke Indomaret atau Outlet Pos Indonesia.

Pengalaman Belanja Online Ke BliBli.cOM

Saya termasuk orang yang merasakan kemudahan berbelanja online khususnya melalui marketplace yang sudah saya sebut diatas.Saya sudah pernah mencoba berbelanja ke Lazada,Tokopedia,Bukalapak,Mataharimall.Sebagai orang yang tinggal diperumahan yang jauh dari Mall atau Pusat-pusat belanja saya merasa terbantu dengan kehadiran situs-situs marketplace sehingga lambat laun belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup,kalau butuh apa-apa langsung mencari ke situs-situs tersebut.

Baca juga : Harbolnas Datang Ini Dia 4 Barang Impian Saya

Baru-baru ini saya berkesempatan belanja di marketplace BliBli com yang punya slogan “BiG Choices Big Deals” dengan menggunakan voucher belanja yang saya dapatkan Sebagai imbalan dari Content Placement Project.Lumayan saya mendapatkan 3 voucher masing-masing senilai Rp.100.000.Sebenarnya bukan kali ini saya mendapatkan voucher belanja karena sebelumnya saya juga pernah mendapatkan voucher belanja dari tokopedia hanya saja ada bedanya kalau voucher dari tokopedia tidak ada masa kaduarsanya dan dimasukan kesaldo t-cash sedangkan voucher dari Blibli com ada kadaluarsanya yaitu sampai 13 Jan 2108 sedang saya menerima voucher tersebut tanggal 27/12 2017 jadi tidak sampai sebulan masa berlakunya.

Baca juga : Hanya Belanja Online Di Marketplace,Beli 6 ribu Bisa Diantar

Tadinya saya merencanakan mengunakan voucher itu untuk membayar tagihan listrik dan PDAM tapi setelah saya cek ternyata PDAM Kab Bekasi belum tercover dan Bayar tagihan Listrik Pasca bayar juga tidak tersedia.Muncul ide untuk membeli token PLN saja tapi bukan untuk saya tapi untuk adik saya kebetulan listriknya pakai Token.Pada tanggal 30/12 17 saya mencoba membeli taken PLN di Blibli com caranya cukup mudah;


  1. Buka situs Blibli com,Log In terlebih dahulu
  2. Klik Menu Token PLN
  3. Masukkan ID Pelanggan nanti akan muncul nama pemilik rekening listrik
  4. Pilih Nominal token 20.000,50.000,100.000,200.000,500,1.000.000,5.000.000 Saya pilih token yang 200.000 karena syarat penggunaan tiap voucher adalah belanja minimal Rp.110.000.
  5. KliK Beli Sekarang
  6. Pilih Metode Pembayaran,Saya pilih Indomaret karena rumah saya dekat dengan Indomaret.Selain Indomaret ada juga Pilihan Kartu Kredit/Debit,Internet Banking,Transfer,Uang Elektronik,Pos Indonesia. 
  7. Masukan kode Voucher pada kolom  Voucher Klik Gunakan
  8. Jika kode voucher benar maka jumlah tagihan akan berkuang setelah dipotong voucher sebagai contoh harga token 203.000 dipotong voucher 100000 maka jumlah tagihan menjadi Rp.103.000
  9. Klik Bayar Sekarang
  10. Klik selesaikan pembayaran nanti akan muncul kode pembayaran untuk membayar di Indomaret.Pada transaksi pembelian token setelah saya membayar tagihan ke Indomaret saya mendapatkan email dari Blibli yang memberitahakan pembelian token sukses disertai nomor tokennya yang nantinya diisikan kemeteran listrik dirumah adik saya.


Pada tanggaal 9 jan 18 saya kembali menggunakan 2 vocuher yang tersisa karena waktunya sudah mepet mau kadaluarsa mau tak  mau saya harus segera menggunakannya.Sebenarnya lebih praktis dan cepat kalau saya membeli barang tapi karena saya tidak telalu butuh lebih baik saya gunakan untuk kebutuhan yang memang perlu.Saya memilih menggunakan voucher itu untuk membeli pulsa nominal 150 ribu kan lumayan buat beli paket internet.

Sedangkan voucher satunya lagi akan saya gunakan untuk membeli token lagi untuk adik saya meskipun token yang dulu masih habis tapi tidak masalah bayarnya bisa belakangan yang penting sudah terpakai vouchernya.Seperti Biasa saya buka situs Blibli com kemudian saya pilih pulsa dilanjutkan memasukan nomor ponsel,pilih nominal pulsa yaitu 150.000 dilanjutkan ke pembayaran seperti  biasa saya pilih Indomaret.Anehnya setelah saya masukkan kode voucher dan klik gunakan jumlah tagihan tidak berkurang tetap Rp.150.000 seharusnya berkurang jadi 46.250 tapi anehnya lagi saya tidak bisa membatalkan voucher karena tidak muncul pilihannya padahal sebelumnya bisa.Akhirnya saya tutup transaksinya dalam pikiran saya apa kode vouchernya salah dari sananya ?


Saya coba bertransaksi dengan voucher satunya lagi kalau ini saya membeli token PLN nominal 200 ribu dan caranya sama dengan sebelumnya.Kali ini kode voucher yang saya masukkan berhasil dan bisa digunakan.Kekurangan tagihan saya bayar melalui Indomaret.Setelah pembayaran sukses saya pergi kerumah Adik maksudnya sih mau memberi tahu kalau saya isi tokennya.Begitu sampai dirumah adik saya dan mau melihat nomor tokennya melalui email di ponsel,saya justru dikejutkan dengan email yang memberitahukan transaksi gagal.Wah..gawat nih padahal saya sudah bayar 103.000 ribu melalui Indomaret,Gimana nantinya uang saya yang sudah terlanjur masuk?

Baca juga : Cara Belanja Di Lazada Bayar Di Indomaret

Saya bergegas pulang kerumah dan menghidupkan komputer untuk membuka situs Blibli com.Penasaran saya buka akun saya dan melihat menu pengembalian dan status pesanan saya tapi kok kosong.Saya langsung menghubungi costumer care dan menyampaikan keluhan saya.Alhamdulillah semua bisa diselesaikan dengan baik dan uang saya bisa direfund kerekening saya serta voucher bisa digunakan lagi.

Hari ini tanggal 13/1 2018 iseng-iseng saya menanyakan status voucher saya yang tidak bisa dipergunakan siapa tahu bisa digunakan karena hari ini hari terakhir masa berlaku voucher tersebut.Saya menghubungi costumer care dan menyampaikan keluhan serta kronologisnya kalau tidak salah cs nya bernama Tika.Alhamdulillah ternyata voucher tersebut bisa digunakan kembali dan saya gunakan untuk membeli pulsa tapi kali ini saya memilih metode pembayaran Pos Indonesia takutnya kejadian sebelumnya terulang kembali.




Saya juga menggunakan voucher refund untuk membeli kompor gas Rinai seharga 139.000.Jadi ada 2 tagihan satu untuk pembelian pulsa satunya lagi untuk pembelian kompor gas.Sengaja saya pakai 2 voucher tersebut pada hari yang sama dan metode pembayaran yang sama biar bayarnya sekalian,
Saya kemudian pergi ke outlet/agen Pos Indonesia (bukan kantor pos loh ya) diperumahan saya untuk melakukan pembayaran dan tak butuh waktu lama saya mendapatkan email dari Blibli (Kebetulan saya bawa HP jadi bisa cek melalui HP) yang menyatakan pembayaran sukses dan pesanan saya akan segera dikirim sedangkan pulsa belum masuk dan harus menunggu maksimal 1x24 jam.Alhamdulillah sesampainya dirumah pusa sebesar 150.000 sudah masuk ke nomor saya.

Demikianlah pengalaman belanja ke Blibli com yang tidak selancar yang saya kira Bak Drama tapi ada untungnya juga saya jadi bisa membuat artikel ini.Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar