--> Skip to main content

Pilih Blog Atau Youtube?

DWISU.WEB.ID,Pilih Blog Atau Youtube?-Pertanyaan ini kerap muncul dipikiran saya hampir sebulan ini sejak DWISU WEBID channel disetujui google monetisasinya dengan kata lain iklan mulai tampil disetiap video saya dan akan menghasilkan dolar dari tayangan dan klik iklan.Setelah sekian lama"Kepincut" dengan blog bahkan sudah memasuki 6 tahun Kini kesetiaan pada blog mulai goyah alias mulai berpindah kelain hati yaitu ke Youtube.

Pilih Blog Atau Youtube?

Meski Youtube bukan sesuatu yang baru bagi saya karena sejak Februari 2015 saya sudah memiliki channel Dwi Sugiarto namun saat itu tidak ada niatan untuk dimonetisasi dan ketika membuat video juga seadanya tanpa editing bahkan resolusinya juga rendah bukan HD.Nah sekarang-sekarang ini saya mulai mencoba peruntungan di dunia Youtube atau NGE-Vlog,Kenapa saya terjun ke Youtube?

Alasan utamanya karena penghasilan dari adsense blog cukup memprihatinkan bahkan terakhir ini penghasilan saya penurunannya bisa mencapai 75%.Saya sebenarnya tak tinggal diam beberapa eksperimen sudah saya lakukan toh hasilnya belum juga memuaskan sehingga boleh dibilang saya sudah pasrah.

Dan untuk mengobati kekecewaan mulailah saya melirik Youtube.Saya mencoba membuat channel fresh sejak bulan Maret 2017 lalu dan saya ajukan ke Google Adsense agar bisa dimonetisasi.Sayangnya Youtube mengeluarkan kebijakan baru yaitu channel yang bisa dimonetisasi harus memiliki 10.000 penayangan Alhasil saya tidak bisa segera menikmati penghasilan dari Youtube.Barulah bulan kemarin channel baru saya jumlah penayangannya mencapai 10.000 dan memasuki tahap review barulah 3 hari kemudian disetujui sepenuhnya.

Baca juga :
Cara Mudah Murah Bermain Youtube
Iklan Adsense Youtube Tampil,Langkah Selanjutnya?
Main Youtube Membuat Tekor Kuota

8 Bulan serius menekuni Youtube membuat saya jadi tahu perbandingan antara NGE-Blog dan NGE-Vlog (Youtube) dan jujur saja saya mulai keasyikan main Youtube akibatnya Update blog jadi terganggu meski sesekali bisa menulis artikel untuk 3 blog tapi frekuensinya bisa dihitung dengan jari bahkan blog utama saya MediaKompilasi.com bulan Oktober lalu hanya mampu update 6 artikel.Lantas apa pilihan terbaik Blog atau Youtube? Nah...Inilah yang akan saya coba kupas tentu dari kacamata saya.Penasaran? Lanjut Ya....

BLOG


Kelebihan
1.Lebih praktis karena saya cuma menulis artikel kemudian di Publish ke Blog bahkan sehari kalau sedang semangat bisa menulis artikel lebih dari satu.
2.Tidak perlu keluar rumah cukup didepan komputer ide bisa didapatkan dari mana saja.
3.Proses Editingnya Mudah
4.Hemat Kuota
5.Perangkat untuk menulis sederhana asalkan ada komputer,Sofware Word prosesseor dan koneksi internet sudah mencukupi
6.Penghasilan dari blog banyak pilihan seperti PPC,CPM,Sponsored post,Iklan Mandiri,Jual artikel,Affiliasi,Lomba blog atau jual produk/jasa.
7.Berpeluang dijadikan Buku
8.Tahan lama meskipun dengan blog gratisan asalkan kontennya tidak melanggar TOS apalagi jika menggunakan domain dan hosting berbayar.
9.Berpotensi menjadi blog besar
10.Biayanya murah

Kekurangan
1.Butuh artikel yang banyak agar penghasilannya memuaskan
2.Proses membangun blog agar trafiknya bagus butuh waktu yang lama
3.Penghasilan sangat tergantung dari trafik dan peringkat blog.Butuh trafik puluhan ribu per hari agar penghasilannya memuaskan terutama jika mengandalkan adsense.
4.Butuh domain dan atau hosting berbayar agar tampil profesional yang nantinya bisa mendatangkan advertiser.
5.Harus kreatif mencari ide tulisan dan mengembangkannya.

Youtube


Kelebihan
1.Proses pembuatan video relatif cepat,asalkan memiliki ponsel berkamera sudah bisa membuat video bahkan tanpa kamera pun tetap bisa membuat vidio misalnya dengan aplikasi rekaman layar atau bisa juga bermodalkan slide.
2.Ide Video sangat banyak
3.Tidak perlu memikirkan biaya domain atau hosting
4.Optimasinya tidak serumit blog cukup memperhstiksn,judul,Deskripsi dan Tag
5.Durasi video tidak harus panjang 5 Menitpun sudah layak yang penting videonya banyak

Kekurangan
1.Harus memilki kamera beresolusi tinggi dan Komputer utnk prosoes editing dan uploadnya
2.Sumber penghasilannya hanya terbatas pada adsense
3.Butuh jumlah penayangan yang banyak apalagi untuk video indonesia sebagai gambaran 8000++ penayangan potensi penghasilannya baru sekitar $1
4.Boros kuota terlebih lagi videonya HD
5.Butuh software editing vidio agar hasilnya bagus dan menarik
6.Proses editingnya (Render) butuh keahlian dan memakan waktu apalagi jika menggunakan narasi butuh perangkat yang mumpuni.
7.Kontrolnya tidak penuh karena menggunakan hosting gratis dari google sehingga rawan kena suspend terutama untuk vidio yang melanggar TOS dari Youtube.

Itulah perbandingan Blog dan Youtube,Jadi Anda Pilih Mana? atau Anda punya pendapat lain Silahkan Share Disini!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar