Domain gratisan tidak SEO Friendly,Benarkah?

Domain gratisan tidak SEO Friendly,Benarkah?

Mas Harto-Akhir-akhir ini entah mengapa selalu terlintas pertanyaan dibenak saya apakah benar domain gratisan tidak SEO friendly?.Pertanyaan ini sebenarnya tidak pernah terlintas dipikiran saya karena selama ini saya menganggap domain itu cuma ada dua kalau nggak gratis ya pasti berbayar dan kalau gratisan identik dengan sub domain misalnya blogspot,wordpress,blogdetik dan lain-lain sedangkan yang berbayar adalah domain TLD.
 
Anggapan itu ternyata salah ternyata domain gratis tidak selalu berjenis sub domain ada juga yang berjenis domain TLD misalnya domain yang berekstensi dot CF,GA,GQ,ML atau TK.Hal ini saya ketahui setelah saya membuktikan sendiri apakah benar-benar gratis dan ternyata memang gratis.Sebenarnya saya sudah pernah mendengar informasi tentang domain gratis ini namun hanya yang berekstensi dot tk dan waktu itu saya kurang begitu tertarik karena saya menganggap domain tersebut kurang populer dibandingkan dengan ekstensi dot com,net atau info.

Domain Gratisan SEO Friendly


Namun pandangan itu mulai berubah saya malah tertarik menggunakan domain gratisan loh kok bisa?Ya semuanya berawal dari pengalaman beberapa blogger yang mendaftar google adsense dengan domain gratisan dan bisa diterima padahal blognya umurnya masih muda.Kebetulan saya memang sangat tertarik untuk menjadi publisher adsense pernah mencoba dengan blogspot namun ditolak.Berdasarkan penuturan dari para blogger lewat komentar diblog ataupun melaui forum-forum  banyak yang mengatakan untuk menjadi publisher adsense sekarang-sekarang ini cukup sulit apalagi jika menggunakan blogspot.

Mencermati keadaannya seperti itu untuk mendaftar ke adsense menggunakan blogspot saya pikir kemungkinan untuk diterima sangat kecil.Lalu cara terbaiknya bagaimana pikir saya waktu itu.Setelah mencari informasi kesana-kesini akhirnya saya menyimpulkan agar peluangnya lebih besar saya harus menggunakan domain TLD bukan dengan blogspot.Mulai saat itu saya mulai merencanakan domain apa yang akan saya beli nanti awalnya saya akan menggunakan ekstensi dot com.

Namun sebelum keinginan saya terwujud muncul kebimbangan bagaimana kalau nanti ditolak?Apa nggak sayang.Untungnya kebimbangan itu tidak berlangsung lama karena secara tidak sengaja saya menemukan artikel yang topiknya mendaftar adsense dengan domain gratisan.Pikir saya sepertinya layak untuk dicoba pertimbangan saya waktu itu dengan menggunakan domain gratisan dimata google akan dianggap domain sendiri  jadi tidak butuh waktu lama untuk bisa didaftarkan berbeda jika menggunakan blogspot kabarnya harus menunggu sampai umur blognya mencapai 6 bulan baru bisa didaftarkan ke google adsense.

Singkat cerita akhirnya saya bisa membuat blog dengan menggunakan domain gratisan dengan ekstensi dot GA Silahkan Baca : Daftar adsense tanpa membeli domain.Kemudian didaftarkan ke google adsense dan Alhamdulillah diterima.Setelah saya diterima kebimbangan lain muncul kembali loh kok bisa?Bukannya gembaira sudah punya akun adsense?Pertanyaan yang muncul dibenak saya apakah saya akan terus menggunakan domain tersebut atau menggantinya.Berdasarkan saran dari blogger yang menggunakan cara tersebut sebaiknya mengembalikan domain tersebut ke subdomain blogspot kembali agar lebih seo karena ada anggapan domain gratis kurang SEO friendly.

Keinginan untuk mengganti domain semakin kuat setelah saya mendapat penjelasan dari Mba Indri lidiawati melau forum di blog juragancipir.com bahwa tidak mengapa menganti domain  yang digunakan untuk mendaftar adsense bahkan menghapusnya asalkan unit iklan tersebut masih aktif /dipasang diblog dan beliau mengatakan mengganti domain berbayar sejak awal merupakan langkah yang tepat untuk membuat blog adsense yang sukses dalam jangka panjang.Untuk lebih meyakinkan saya mencari informasi diinternet apakah domain gratisan seo friendly namun sayangnya tidak banyak informasi yang saya dapat mungkin karena jarang sekali blogger yang menggunakan domain gratisan.Saya hanya menemukan sebuah artikel yang cocok yaitu dari Mochamad Syarief Maulana blogger yang menyukai bahasa pemrograman web seperti CSS, Markup, Javascript juga PHP
dari msm.web.id.Beliau  pernah punya pengalaman mengganti domain blog dengan domain gratisan berekstensi dot CF menurutnya sangat sulit untuk bisa tampil dihalaman pertama SERP paling bagus hanya mucul dihalan 4 atau 5.Setelah dikembalikan lagi ke subdoamin blogspot ternyata bisa mucul dihalaman 2 bahkan halaman pertama.

Dari kedua penjelasan tersebut saya menjadi semakin mantap untuk mengganti domain blog saya yang menggunakan domain berekstensi dot GA dengan domain berbayar atau di kembalikan lagi ke blogspot karena saya lebih setuju pada pendapat yang mengatakan domain gratisan tidak seo friendly.Apakah anda juga pernah menggunakan domain gratisan dan bagaimana menurut anda SEO friendly kah?
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 komentar

sebenarnya domain gratisan itu tidak juga tidak seo friendly...seo itu tergantung dari susunan script dalam template sebagai pengatur tampilan dan penggunaan tagging berupa link nantinya, selanjutnya tergantugn teknik optimasi yang dilakukan. banyak juga kan domain gratisan yang menempati posisi yang bagus dalam hasil pencarian. seperti yang anda sebutkan, bahwa domain gratisan juga bisa aja diterima adsense dan mendapat trafik tinggi dari hal tersebut. namun pada sisi lainnya, domain gratis hanya tidak sepopuler menggunakan domain dot com dan lainnya. oleh karena itu perlu ekstra optimasi ketimbang kita menggunakan domain berbayar seperti dot com tersebut. itu aja kayaknya mas perbedaannya....

Balas

kalau menurut ane sih tergantung settingan blog nya gan, soalnya blog berbayar belum tentu juga bagus di seo google gan, blog ane seo nya kagak bagus

Balas

Setujuh dengan kedua komentator diatas. Namun saya ingin menambahkan sedikit bahwa domain gratis atau berbayar pada intinya semua tergantung kita mas bagaimana mengembangkannya.

Balas

mantabp infonya gan :D

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam