Penyebab Komputer Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

DWISU.WEB.ID,Penyebab Komputer Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya-Apa jadinya jika komputer yang sedang anda pakai tiba-tiba mati sendiri? Kesal Bukan! Itulah yang baru saya alami beberapa hari yang lalu ketika sedang asyik mengelola blog.Tadinya saya berinisiatif menghidupkan lagi komputernya dan ternyata bisa hidup lagi namun beberapa saat kemudian mati sendiri lagi.
kipas prosesor

Saya langsung menebak ada yang tidak beres dengan komputer saya penasaran saya buka casing komputer kemudian saya coba hidupkan lagi hasilnya komputer bisa hidup normal.Namun belum lagi saya berpikir apa penyebab komputer mati sendiri pandangan mata saya tertuju pada kipas/fans prosesor yang warnanya cukup mencolok oranye yang ternyata mati atau tidak berputar padahal seharusnya berputar.

Dari hasil pengamatan langsung kesemua hardware saya bisa menyimpulkan:

1.PSU(Power supply Unit) normal hal ini ditandai dengan berputarnya kipas pendinginnya.
2.Pasokan tegangan ke Motherboard,Hardisk maupun kipas CPU normal terbukti komputer bisa tampil dengan baik.
3.Kipas Prosesor mati padahal kipas pendingin yang lain berputar

Berdasarkan fakta-fakta tersebut saya bisa menyimpulkan penyebab komputer mati sendiri adalah karena kipas prosesor mati.Dampak dari matinya kipas menyebabkan suhu prosesor melampaui batas maksimal yang diatur dalam pengaturan bios sehingga menyebabkan komputer mati sendiri.

Sebenarnya masih ada penyebab lain yang bisa menyebabkan komputer mati sendiri diantaranya kerusakan pada PSU misalnya saja  tegangannya menurun atau bisa tegangannya naik,Kerusakan pada RAM komputer,kerusakan pada software atau bahkan terkena virus.

Baca juga : Kenali Ciri-ciri hardisk Rusak sedini mungkin

Namun karena kemungkinan komputer mati sendiri yang disebabkan karena hal-hal tersebut sangat kecil saya memutuskan untuk mengganti kipas prosesor sendiri.Langkah selanjutnya tentu saja saya mencari kipas pengganti yang cocok kebetulan kipas yang saya pakai merknya M-Tech.Tadinya saya mencari kipas merk tersebut ditoko suku cadang komputer terdekat namun sayangnya tidak ada yang sama persis.

Untungnya ada Lazada.co.id disana ternyata saya bisa menemukan kipas yang sama persis yang dijual pelapak OK Computer dengan spesifikasi M-Tech Fan Cooler Prosessor 775 Scorpion King HF-560 harganya Cuma Rp.70.000 kebetuan lagi ada promo bebas biaya kirim jadi tidak ada biaya tambahan.

2 hari setelah saya pesan kipas prosesor yang saya pesan datang,langsung saja saya coba pasang kipas tersebut.Pertama-tama saya copot kipas yang lama dengan membuka ke 4 bautnya dan mencabut kabelnya jangan lupa cabut dulu power AC komputenya setelah terlepas barulah saya pasang kipas yang baru sebelumnya saya olesi pasta pendingin yang disertakan dalam pembelian kipas tapi kalau dirasa kurang bsia membeli pasta sendiri harganya murah kok Cuma Rp.25.000 sekalian buat cadangan jika suatu saat rusak lagi.

Untuk memudahkan pemasangan kipas yang baru rebahkan secara horisontal posisi motherboardnya.Masukan ke 4 kaki kipas kedalam lubang yang tersedia dengan menggunakan obeng + secara perlahan sampai seluruh ulir skrupnya masuk semua.Setelah terpasang colokkan juga kabel power kipasnya yang berisi 4 pin.

Setelah yakin semuanya terpasang dengan sempurna barulah saya coba hidupkan komputer dan ternyata kipas prosesor bisa berputar normal komputer juga bisa tampil.Untuk mengetes apakah komputer sudah normal atau tidak lagi mati sendiri saya coba menghidupkan komputer dalam jangka waktu yang lama dan Alhamdulillah penyakit komputer mati sendiri sudah hilang.

Demikian informasi Penyebab Komputer Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya berdasarkan pengalaman pribadi belum lama ini semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam

Advertiser