Iklan

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Sebelah

Posted by Dwi Sugiarto on Sabtu, 05 Agustus 2017

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Sebelah-Menikmati alunan musik dari speaker aktif stereo menjadi kenikmatan tersendiri terutama bagi pencinta musik namun apa jadinya jika tiba-tiba speaker aktifnya mati sebelah atau bunyi sebelah? Tentunya nggak enak didengar bukan.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif

Kerusakan speaker aktif mati sebelah bisa saja terjadi pada sistem audio stereo seperti speaker aktif dimana terdapat 2 penguat didalamnya yang masing-masing outputnya akan menggerakan speaker baik kanal kiri(L) maupun kanan(R).

Setiap speaker aktif tersusun atas penguat awal,tone control,penguat akhir dan speaker.Jika salah satu bagian ada yang rusak akan mengakibatkan suara tidak muncul pada speaker.Jika speaker aktif anda mati sebelah ada beberapa langkah untuk memperbaikinya mulai dari yang mudah hingga yang butuh keahlian khusus dalam elektronika.Berikut informasi selengkapnya:

1.Periksa kabel input RCA apakah ada yang terkelupas atau putus? Atau tekan siapa tahu longgar.Jika ternyata kabel masih bagus coba kelangkah berikutnya.

2.Coba cek sound menggunakan micropon apakah tetap mati sebelah? Jika ternyata hidup semua berarti masalah ada pada input kabel RCA nya bisa karena putus atau karena longgar.Atau bisa juga mengecek dengan USB player,Putar music Mp3 dari flashdisk jika ternyata bunyi semua berarti benar masalah ada pada kebel input RCA.Ganti dengan yang baru.

3.Jika sudah dicek dengan micropon dan USB player tapi speaker tetap mati sebelah coba hidupkan speaker aktif tanpa musik besarkan volumenya sedikit lalu dengarkan baik baik disetiap speaker apakah ada bunyi mendesis? jika kedua speaker mendesis menunjukkan penguatnya masih bagus

Baca Juga :



4.Jika pada langkah ketiga ada salah satu speaker yang tidak berdesis perhatikan speaker mana yang mati apakah speaker yang ada power AC nya( Speaker aktif) atau speaker yang pasif.Jika yang
mati speaker yang pasif coba cek kabel penghubung dari speaker yang aktif ke pasif(Kanal speaker).Jika ternyata kabel penghubung masih bagus ada beberapa kemungkinan loudspeaker rusak,power supply rusak,penguat akhir rusak.

Jika yang mati speaker yang ada kabel AC/listriknya kemungkinan kabel yang menghubungkan out put amplifier dengan speaker putus atau lepas,Power supply rusak,Penguat akhir rusak atau loudspeaker rusak.

Untuk mengeceknya tentu harus dibuka dulu penutup belakangnya dan anda harus memilik alat-lata elektronika seperti multimeter,solder serta pengetahuan tentang elekronika.

5.Jika pada langkah ketiga speaker terdengar bunyi desis semua tapi setelah diberi input musik hanya salah saru yang bunyi ada bebrapa kemunkinan selektor analog atau bagian yang memilih input masukan dari DVD atau Mp3 Player rusak atau bagian pengatur volume(Potensio rusak).

Jangan lupa coba semua pemutarnya seperti melalui line input(RCA),Gadget input(jika ada),Mp3 Player,Radio.Jika tetnayta tetap mati sebelah semua berarti memang ada kerusakan pada bagian selector atau volume control namun  jika ketika memutar radio bisa hidup semua tapi ketika memutar Mp3 Player mati sebelah coba cek file musiknya atau ganti dengan lagu lainnya.

Demikianlah informasi singkat seputar cara memperbaiki speaker aktif mati sebelah Semoga bisa membantu anda menemukan kerusakan pada perangkat anda.

Previous
« Prev Post

Related Posts

17.21

3 komentar:

  1. Wah mantap nih ilmu speakernya mas. Dulu waktu masih pake speaker aktif biasa, sering banget rusak. Gak mau ambil pusing, akhirnya beli home theater Polytron aja sekalian, biar awet....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat musik enakan pakai speaker aktif mas bass nya nendang abis

      Hapus

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam