--> Skip to main content

Cara Memilih Speaker Portabel Terbaik

Cara Memilih Speaker Portabel Terbaik-Saat ini mendengarkan musik sudah menjadi gaya hidup kemanapun dimanapun orang tak bisa lepas dari musik baik melalui smartphone,Komputer/Laptop,maupun perangkat elektronik lain.Namun tidak semua perangkat tersebut mampu menghasilkan suara yang bagus oleh karenanya dibutuhkan peralatan tambahan yang berfungsi memperkuat atau memperbaiki kualitas suara.

Cara Memilih Speaker Portabel Terbaik

Salah satu perangkat yang sering dijumpai di toko-toko elektronik adalah speaker Portabel.Speaker jenis ini banyak dipilih penggemar musik karena bentuk fisiknya yang kompak dan mudah dibawa kemana-mana.Faktanya setiap produk speaker portabel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga butuh kejelian dalam memilih speaker portabel terbaik sehingga kualitas speakernya sesuai dengan yang diharapkan.

BACA JUGA:



Jika anda berencana membeli speaker portabel cara memilih speaker portabel berikut ini bisa menjadi referensi sehingga anda tidak salah pilih.Berikut informasi selengkapnya:

Cara Memilih Speaker Portabel Terbaik


1.Pilhlah Sistem Speaker 2 Way
Untuk menghasilkan nada rendah dan tinggi yang bagus dibutuhkan jenis speaker yang tepat yaitu woofer dan twitter atau biasa disebut sistem speaker 2 Way(Jalur) cirinya disetiap unit terdaapt 2 jenis speaker,Woofer terlihat lebh besar dari pada twitter.Dengan adamya 2 jenis speaker dalam satu unit speaker maka frekuensi yang dihasilkan akan sesuai dengan jangkauan wilayahnya misalnya saja spekaer woofer akan mampu merespon frekuenis rendah dari  40 Hz sampai 1 Khz sedangkan twitter mampu merespon frekunesi tinggi yaitu dari 2 khz sampi 20 Khz.

2.Pilih Speaker Portabel Aktif
Jika dilihat dari desain penguatnya atau amplifiernya speaker portabel terbagi menjadi 2 yaitu speaker portabel aktif dan speaker portabel Pasif dan fakotr yang membedakan keduanya adalah ada atau tidaknya catu daya pada speaker tersebut baik yang menggunakan tegangan PLN maupun Baterai isi ulang.Jika memiliki catu daya tersendiri berarti speaker portabel aktif.

Dengan memiliki catu daya tersendiri maka penguatan yang dihasilkan lebih kuat yang akan mampu menggerakan membran speaker sehingga jika pada woofer gebukan bassanya lebih mantap.Namun  karena memiliki catau daya tersendiri speaker ini harus selalu terhubung dengan sumber tegangan atau jika mengunakan baterai harus terisi penuh.

3.Mendukung Konektivitas Bluetooth
Salah satu kelebihan Koneksi Bluetooth adalah mampu menghubungkan 2 perangkat audio tanpa kabel sehingga lebih praktis.Koneksi ini sangat bermanfaat jika akan menghubungkan smartphone dengan unit speaker portable,cukup aktifkan bluetoothnya bisa langsung terbubung.Jika anda lebih banyak menggunakan speaker portabel dengan smartphone,speaker portabel dengan fitur Bluetooth layak anda pertimbangkan.

4.Pilih Desain Speaker Bermaterial Kayu
Kotak speaker yang terbuat dari kayu(Triplek,partikel board) dipercaya mampu menghasilkan suara yang bagus dibandingkan dengan yang terbuat dari plastik karena mampu meredam suara sehingga bassnya lebih bulat.Sayangnya jika produk speaker portabelnya berukuran mini umumnya menggunakan material plastik sehingga jika anda menginginkan speaker berbahan kayu paling tidak anda haru memilih ukuran speaker yang agak besar.

5.Pilihlah Speaker Portabel Yang Memiliki Tone Control
Speaker portabel sejatinya dibuat untuk memperkuat sinyal audio yang ada menjadi beberapa kali lipat dan semakin besar penguatan yang dilakukan akan memerlukan bagian yang berperan melakukan kontrol frekuensi rendah dan tinggi sehingga karakteristiknya mampu ditangkap manusia dengan baik misalnya suara bedug akan diatur kontrol bass atau suara seruling oleh kontrol treble.

Tanpa tone control biasanya fekuensi yang dihasilkan akan cenderung flat artinya tidak dominan nada rendah atau tinggi sehingga bagi yang lebih suka gebukan bass yang menonjol akan sedikit kesulitan.

6.Pertimbangkan Memilih Speaker Portabel yang memiliki Line Out
Poin ini sebenarnya opsional saja karena jarang sekali speaker portabel yang memiliki line out.Dengan adanya line out maka sumber suara bisa dikombinaksikan dengan perangkat penguat lain misalnya ingin menggabungkan dengan Sub Woofer Aktif.,Sehingga bagi anda yang merasa kulaitas suara speaker portabelnya pas-pasan masih bisa dimodifikasi.

7.Mendukung USB/Micro SD player
Diera digital sekarang ini dimana file-file music/video bisa di Unduh dengan mudah melalui internet menjadikan media penyimpanan seperti flashdisk atau Micro SD/kartu memori jadi favorit.Speaker portabel pun seperti tak mau kalah sehingga membenamkan fitur USB Player didalamnya jadi pastikan sebelum membeli speaker portabel fitur tersebut benar-benar ada.

Demikianlah informasi seputar Cara Memilih Speaker Portabel Terbaik yang bisa anda jadikan referensi dalam memilih speaker portabel sesuai keinginan anda.Semoga Bermanfaat!  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar