Iklan

6 Optimasi Blog Baru Melejitkan Trafik

Posted by Dwi Sugiarto on Senin, 23 Januari 2017

DWISU.WEB.ID-Apakah yang sebaiknya dilakukan setelah blog online? Pertanyaan ini mungkin terbesit dibenak anda.Apakah saya harus melakukan Optimasi blog baru yang saya buat?.Seperti anda ketahui jika anda baru saja membuat blog sudah barang tentu artikelnya belum banyak atau bahkan belum ada sama sekali jadi wajar jika anda belum memikirkan optimasi blog baru anda.

 Optimasi Blog Baru
Add caption

Nyatanya optimasi blog baru perlu dilakukan tujuannya jelas agar blog anda dikenali oleh mesin pencari secepat mungkin ibaratnya kalau dalam bisnis ada istilah Pre Order barangnnya belum beredar tapi sudah mulai diperkenalkan kekonsumen.Berdasarkan pengalaman saya membangun beberapa blog baik yang blogspot atau wordpress.org optimasi blog baru ini cukup efektif untk mendatangkan trafik organik walaupun memang butuh proses.

Nah…pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips Beberapa optimasi Blog baru yang biasa saya
lakukan dan hasilnya cukup bagus dalam pengertian mampu mendatangkan trafik organik secara rutin dari google.Penasaran bagaimana optimasi blog baru yang saya lakukan? Silahkan simak informasi berikut ini:

Optimasi Blog Baru Melejitkan Trafik


1.Daftarkan Blog ke Webmaster Tools Google
Harus diakui google merupakan mesin pencari terbesar untuk itu penting sekali  mendapatkan sumber trafik dari google.Untuk mengetahui perkembangan artikel blog dipencarian google dibutuhkan sebuah Search Console Webmaster Tools.Dengan tools google tersebut anda bisa mendaftarkan blog atau artikel anda ke google,mengetahui tampilan penelusuran,Lalu lintas penelusuran,mengirimkan sitemap,Google Indeks,perayapan atau queri pencarian.

Jika anda pengguna blogspot anda bisa langsung mendaftarkan langsung blog anda ke Search Console Webmaster Tools namun jika anda pengguna wordpress.Org anda perlu membuat akun google terlebih dahulu.Jangan lupa meverifikasi kepemilkan blog anda kewebmaster tools dengan menyematakan Meta tag kedalam template blog anda melaui edit html.

2.Daftarkan Blog Ke Mesin Pencari
Sebuah blog baru tentu saja belum dikenali oleh mesin pencari oleh karena itu anda perlu men-Submit URL blog anda tujuannya agar cepart terindeks.Untuk menguji apakah blog anda sudah terindeks atau belum silahkan ketik site: URL blog anda di Pencarian google jika tampil berarti blog anda sudah terindeks.Silahkan submit blog anda ke alamat  https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

Berdasarakan  pengalaman saya hanya butuh waktu sehari setelah submit URL blog baru saya sudah terindeks.Selain ke google anda juga bisa mendaftarkan blog anda ke Bing atau mesin pencari  lainnya.

3.Ciptakan Backink Ke Home Page
Untuk mengirim sinyal postif kemesin pencari sebaiknya ciptakan backlink yang  menuju home page blog anda sesegera mungkin setelah blog anda online caranya dengan membuat halaman di Facebook,Google plus atau Twitter dan jangan lupa Cantumkan Url blog anda disana.Hal penting lainnya yang sebaikanya anda lakukan adalah mencipatakan brand blog anda yang akan anda peopulerkan ke intentet misalnya saya lebih memilih brand Mas Dwi Blog.

4.Share Artikel ke Media Sosial
Blog yang masih baru sudah barang tentu pengunjunngya masih sepi bahkan belum ada sama sekali oleh sebab itu agar blog tampak hidup sehingga memberikan sinyal positif kepada mesin pencari anda bisa
mencari sumber trafik dari media sosial.Silahkan share artikel yang barus aja anda buat ke media sosial seperti facebook,twitter atau google plus.Gunakan kata pengantar yang menarik sehingga teman anda tertarik untk membaca artikel anda bukan sekedar URL artikel dan judulnya.

Khsusus untk facebook anda juga bisa membagikan artikel ke grup-grup yang sesuai dengan topik blog anda dan mengizinkan share artikel contohnya Blogger Indonesia atau Warung Blogger

5.Rutin Update Artikel Rutin
Pada masa awal membangun blog  terutama pada bulan pertama sebisa mungkin rutin mempublikasikan artikel tiap hari hal ini bertujuan untk memberikan sinyal positif kepada mesin pencari.Buatlah artikel yang berkulaitas baik dari segi tulisan maupun SEO dan agar artikel anda bisa bersaing dengan blog-blog yang sudah lama eksis buatlah artikel panjang misalanya 1000 kata selain isinya lebih lengkap artiekel panang juga kaya akan kata kunci baik kata kunci utama ataupun turunannya.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Blog SEO Friendly di Blogger.com

6.Buat List Blog
Jika artikel anda sudah mulai banyak atau sudah mulai terindeks google tibalah saatnya anda mencari backlink dan salah satu cara yang ampuh adalah dengan melakukan blogwalking karena ada semacam aturan tak tertulis jika ada seoarng blogger berkunjung ke blogger lain dengan meningalkan komentar maka blogger yang dikunjungi wajib berkunjung balik.

Kegiatan blogwalking akan efektif jika anda berkunjung keblog yang aktif update artikel dan tidak sombong karena tidak semua blogger mau berkunjung balik apalagi jika blogger tersebut sudah populer.Blowalking yang teratur selain meningkatkan trafik blog anda juga akan semakin populer sehingga peringkatnya cepat naik.Agar blogwalking anda terarah sebaiknya anda membuat blog list yang berisi blog-blog yang kooperatif atau mau berkunjung balik sehinga ketika anda membuat artikel baru anda bisa langsung mengunjung blog-blog teman anda.

Bagaimana menurut Anda Optimasi blog baru seperti apa yang perlu anda lakukan untuk melejitkan trafik? Silahkan share opini anda disini.

Previous
« Prev Post

Related Posts

21.40

2 komentar:

  1. Wah...pak dwi hebat lho bikin blog baru lagi. rajin update juga. top deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar makin banyak kerjaan mba makin banyak menulis makin mahir dan belajar manage banyak blog

      Hapus

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam