--> Skip to main content

5 Speaker Aktif Terbaik untuk Karaoke

5 Speaker Aktif Terbaik untuk Karaoke-Bagi yang hobi menyanyi pasti kenal dong isitilah karaoke,Betul bukan? Yups memang benar dengan adanya karaoke siapapun bisa unjuk kebolehan menyanyi meski bukan diatas panggung  karena diruang keluargapun bisa.Peralatan yang digunakan untuk karaoke relatif mudah bahkan lewat apilkasi ponselpun bisa.

 Speaker Aktif Terbaik untuk Karaoke

Namun untuk menghasilkan suara yang enak didengar,berkaraoke memerlukan perangkat yang memenuhi standar walaupun asalkan ada micropon dan pemutar musik sudah bisa berkaraoke tapi ya itu tadi apakah enak didengar? Contohnya anda berkaraoke hanya menggunakan Dvd player,Micropon dan televisi tentunya nggak enak bukan?

Tak perlu peralatan karaoke profesional yang tentunya harganya mahal karena speaker aktif juga layak digunakan untuk berkaraoke asalkan anda pandai memilih spesifikasi speaker aktif yang tepat.Untuk mendapatkan speaker aktif karaoke yang pas,beberapa tips perlu anda perhatikan.

Tips Memilih Speaker Aktif Terbaik untuk Karaoke


1.Pastikan sistem penguat speakernya stereo (2 kanal )
Rekaman musik karaoke memiliki 2 jalur terpisah antara musik dan vocal penyanyi dimana nantinya rekaman tersebut diumpankan kespeaker aktif.Jika speker aktifnya mono (1 Kanal) maka biasanya ya gn terdegnar hanya usara musiknya saja atau vokalnya saja.Bisa juga muncul semuanya tapi tidak bisa dihilangkan suara vokal aslinya.

Itulah mengapa speaker aktif terbaik untuk karaoke adalah yang sistem penguatnya stero yaitu kanal L dan Kanal R) dan tentu saja penguatnya juga ada 2 makanya dalam spesifikasi biasanya prosudes speaker mencantumkankan daya outputnya misalnya 2x 100 Watt.

2.Pilih speaker aktif yang menggunakan sistem speaker 3 Way.
Kenapa harus 3 Way? Karena sistem speaker ini dipercaya mampu menghasilkan suara yang detail khususnya pada vocal karena speaker aktif 3 Way menggunakan speaker berjenis Midrange yang mampu  merespon frekunsi dari 50 hz-4 khz dimana suara manusia masuk dalam frekuensi tersebut.

Untuk mengetahui sebuah speaker 3 way atau  bukan bisa dengan cara melihat data spesifikasinya atau melihat kekotak speakernya lagnsung,jika ada minimal 3 jenis speaker berarti 3 Way.

3.Pilh speaker aktif dengan ukuran woofer yang besar
Ukuran woofer cukup mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan speaker aktif terutama untuk nada-nada rendah seperti suara drum atau kendang sehingga rekaman musik yang diputar enak didengar apalagi untuk berkaraoke.Semakin lebar tentu semakin baik misalnya ukuran 15 inch tapi tentu saja harganya juga akan semakin mahal namun ukuran woofer 8 inch sudah memadai.

4.Pastikan memiliki 2 input micropon
Pastikan speaker yang akan anda gunakan untuk berkaraoke memiliki 2 input untuk micropon sehingga anda bisa berduet dengan teman atau sahabat jadi karaokenya lebih meriah namun jika anda suka berkaraoke sendiri input 1 micropon saja sudah memadai.

Pilih juga speaker aktif yang memiliki pengaturan volume micropon tersendiri jadi tidak mengganggu volume master penguat.

5.Pilh Speaker yang memiliki fitur AVC(Automatic Vocal Changer).
Dengan adanya fitur ini maka suara vokal penyanyi dari rekaman karaoke akan hilang secara otomatis begitu suara vocal anda masuk sehingga tidak perlu pengaturan secara manual.Hal ini tentu akan mempermudah anda didalam berkaraoke.Untuk mengetahuinya tentu saja anda harus melihat spesifikasinya secara teliti atau jika memungkinkan dicoba ditempat.

BACA JUGA:



Setelah anda mengetahui tips memilih speaker aktif terbaik untuk karaoke barulah anda berburu speaker aktifnya ke toko elektronik baik offline maupun onine.Namun jika anda mengecek satu persatu ketoko elektronik tentunya akan membutuhkan waktu yang lama karena produk speaker aktif lumayan banyak.

Nah…untuk bahan referensi anda pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi 5 produk speaker aktif terbaik untuk karaoke berdasarkan survey ke situs marketplace dan melihat data spesifikasinya serta harganya.Penasaran? Berikut informasi selengkapnya:

5 Speaker Aktif Terbaik untuk Karaoke                       


1.Roadmaster KD PRO 15 MIX USB
Speaker aktif pertama yang rekomended banget untuk berkaraoke adalah Roadmaster KD PRO 15 MIX USB.Bayangkan ukuran driver speaker Woofernya mencapai 15 inch berjenis fullrange,Dengan woofer sebesar itu suaranya akan terasa mantap terutama gebukan bassnya dan karena jenisnya fullrange woofer ini mampu merespon semua frekuensi yang ada.Powernya juga bisa diandalkan bayangkan 20.000 watt PMPO !

Tak hanya itu saja sistem speakernya juga menganut 3 Way sehigga nada rendah,midle dan tinggi lebih detail terutama nada tingginya karena speaker ini menggunakan Horn tweeter sehingga penyebaran suaranya lebih merata demikian juga dengan midrangenya,

Speaker ini bisa dikatakan speaker karaoke terbaik karena built in Mixer didalamnya sehingga sumber masukan baik musik maupun vokal bisa diatur nadanya bahkan speaker ini bisa juga digunakan untuk penguat gitar dan keyboard dengan disediakan inputnya.Untuk urusan vocal speaker ini sudah dilengkapi dengan 2 input micropon.

Untuk sumber input keyboard dan musik dilengkapi dengan pengaturan X Bass,Keyboard volume,Bass,treble,Volume,Volume Master sedangkan pada input gitar terdapat pengaturan Volume,bass,mid treble beda lagi untuk input micropon dilengkapi dengan pengatruan Volume echo,bass Trebel repeat dan delay.

Speaker ini dilengkapi dengan dual line input untuk koneksi manual(Kabel) selain itu untuk sumber masukan dilengkapi juga dengan port USB jadi tinggal colok file music karaoke MP3 lalu Sing ! Untuk urusan respon frekuensi jangan kuaitr karena speaker ini mampu merespon frekuensi antara 20 hz-20 khz.

Impedansi sumber masukan cukup memadai karena mampu merespon meski impedansinya 50 k Ohm alhasil meskipun sumber masukan tegangannya sangat kecil tetap mampu merespon karena Input sensitivitynya mencapai 600 mv.Beralih kesektor tampilan speaker ini termasuk Big Speaker tengok saja ukurannya  428x851x390 mm

Untuk mempermudah pengoperasiannya speaker ini dilengkapi dengan remote control.Harga : Rp.2.200.000

2.Roadmaster  KD PRO 15 USB
Speaker aktif terbaik untuk karaoke berikutnya masih dari produk Roadmaster dengan seri KD PRO 15 USB.Fiturnya hampir mirip dengan speaker yang pertama hanya saja speaker aktif ini tidak dilengkapi dengan MIXER meskipun demikian speaker ini sangat layak untuk berkaraoke.Lihat saja Woofernya yang berukuran 15 inch dengan embel-embel full range,

Dengan dukungan sistem speaker 3 Way(3 jalur) ,Wide Dispersion with Mid & Horn Tweeter,Built in USB MP3 Player,2 mic input terminal with echo,X Bass Sound Function membuat speker ini cukup layak diperhitungkan.Harga : Rp.2.000.000

3.Roadmaster Symphony 28 
Speaker aktif terbaik untuk karaoke selanjutnya masih dari produk Roadmaster tapi dengan ukuran yang lebih minimalis yaitu,28x26x99 cm(LXWXH) dengan seri Roadmaster Symphony 28,Dengan dukungan sistem speaker 3 Way stereo yang  terdiri atas,8’ CONE woofer,8’Concave Woofer,3 ‘ Midrange serta 1” tweeter.

Untuk sumber masukan speaker aktif ini dilengkapi dengan USB Port,Jack Audio 3,5 mm(Gadget Input),Line Input RCA,Karena speaker aktif ini cocok untuk berkaraoke wajar jika disematkan 2 micropon Input bahkan dilengkapi juga dengam mic volume serta echo level,

Untuk urusan gebukan bass speaker aktif ini dilengkapi dengan teknologi Powerful Bass Enchancement with XBASS Sound.Tak hanya itu untuk kemudahan pengoperasian speaker ini dilengkapi Remote control dan koneksinya mendukung Bluetooth.Harga : Rp.1.890.000

4.Polytron PAS 78
Speaker aktif berikut ini terbilang istimewa karena selain oke untuk memutar musik oke juga untuk karaoke lihat saja fitur karaoke AVG(Automatic Vocal Changer) dan Pitch control yang jarang dimiliki speaker aktif lain membuat speaker aktif Polytron PAS 78 layak untuk dinobatkan sebagai speaker aktif terbaik untuk karaoke.Belum lagi fitur standar karaoke lainnya yang dsematkan seperti input micropon 2 buah.

Untuk urusan sistem speaker PAS 78 cukup memadai yaitu 3 way sistem bahkan untuk nada rendahnya cukup mumpuni karena menggunakan double woofer berteknologi XBR Ala Polytron(Extended Bass Radiator).Dengan dukungan power output 2x100 watt RMS membuat speaker ini kuat bertenaga.

Koneksinya juga terbilang istimewa karena built in USB multimedia input yang mampu memutar file Movie,music ataupun picture.Belum lagi koneksi standar seperti line input,gadget input.Tampilannya cukup menawan karena dilengkapi dengan LED sebagai displaynya ditambah fitur direct buttonnya.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah remote control dan Radio FM.Harga 1.499.000

5.Polytron PAS 77
Speaker Aktif terbaik untuk karaoke yang terakhir ini masih dari produk Polytron dan fiturnya hampir mirip dengan PAS 78.Yang membedakan ada pada woofernya yang single tapi teknologinya XBR serta sistem speakernya sama 3 Way.Wajar jika dimensi kotaknya lebih kecil karena single woofer.Power outputnya juga lebih kecil yaitu 2x80 watt RMS.

Fitur andalah untuk karaokenya ada pada AVC,2 Micropon Input,Pitch Control untuk mengatur tinggi rendahnya nada sesuai  yang diinginkan penyanyi.Fitur lainnya yang cukup membantu dalam berkaraoke adalah adanya remote control,Direct button,LED Display,dan USB Multimedia inpout(Play movie,music,picture) serta ada pula terminal untuk input yang berasal dari gadget(jack 3,5 mm).
Speaker Aktif ini juga dilengkapi dengan Radio FM Digital.Harga : Rp.1.204.000

Demikianlah informasi seputar 5 Spekaer Aktif Terbaik untuk Karaoke Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam menemukan speaker aktif yang  tepat.Harga sewaktu-waktu bisa berubah.Terima Kasih Atas Kunjungannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar