Resiko Ngeblog Dengan Komputer Jadul Siap Siap Keluar Duit

Resiko Ngeblog Dengan Komputer Jadul Siap Siap Keluar Duit

Resiko Ngeblog Dengan Komputer Jadul Siap Siap Keluar Duit

DWISU.WEB.ID-Bayangkan apa jadinya ketika anda sudah capek-capek menulis artikel giliran mau dipublikasikan eh tahu tahu komputer anda rusak? galau bukan.Itulah salah satu resiko jika ngeblog dengan komputer jadul alias tua bangka.Komputer atau Laptop memang senjata utama untuk menekuni blogging tanpa komputer semuanya jadi terbatas misalnya anda menggunakan smartphone.
komputer jadul
Perangkat tempur
Sayangnya harga sebuah komputer/Laptop baru cukup mahal setidaknya harus memiliki budget 4 jutaan baru kebeli komputer/Laptop baru.Alasan inilah yang membuat seseorang tidak tertarik untuk ngeblog atau menekuni bisnis internet.Lalu bagaimana jika anda tertarik ngeblog dan ingin menekuninya tanpa harus membeli komputer yang baru? Komputer bekas bisa menjadi solusinya.

Saya jadi teringat kejadian 5 tahun yang lalu dimana saya tiba-tiba tertarik untuk ngeblog gara-gara membaca informasi diinternet yang mengatakan ngeblog bisa dapat duit.Sayangnya waktu itu saya belum memiliki komputer hanya punya HP Nokia Coomunicator 9500.Saya coba membuat blog dengan HP tersebut ternyata ribet.

Suatu saat Kakak ipar saya yang bekerja disebuah yayasan pendidikan menawarakan komputer bekas sekolah yang dilelang.Harganya lumayan murah Rp.500.000 lengkap spesifikasinya Prosesor AMD(Setara P3) monitor CRT HD 20 GB RAM 500 MB.Tanpa pikir panjang saya beli komputer itu karena saya butuh buat ngeblog.Dari sinilah awal perjalanan ngeblog saya dimulai saya masih ingat betul posting pertama artikel saya pada November 2011.

Seiring dengan berjalannya waktu mulailah penyakit komputer jadul satu demi satu datang dan untungnya diperumahan saya Griya Asri 2 Tambun Bekasi ada tukang service komputer pak Nuril Namanya.Jarak Workshopnya cukup dekat dengan rumah saya sehingga beliau menjadi andalan saya ketika komputer jadul saya bermasalah bahkan karena sering memperbaiki komputer kami berdua jadi saling mengenal sehingga terkadang kalau kerusakannya ringan atau sekedar menghilangkan virus ongkosnya malah digratiskan.

Beberapa kerusakan yang pernah saya alami selama menggunakan komputer jadul alias tua bangka:

1.Ganti Prosesor
Pertama kali komputer saya bermasalah pada motherboardnya gejalanya komputer tidak tampil sama sekali padahal powernya jalan.Tapi ketika mau diperbaiki ternyata komputer jadul tersebut prosesornya On board jadi mau nggak mau kalau mau diperbaiki harus ganti prosesor juga.

Pak Nuril mengganti Prosesornya dengan Pentium 4 1,5 Ghz dan sekaligus mothebordnya tapi bukan On board lagi jadinya suatu saat bisa diganti prosesornya.Ongkosnya lumayan mahal Rp.500.000 karena Power Suplynya juga ganti.

2.Ganti Hardisk
Namanya juga Hardisk sudah tua dan kapasitasnya juga kecil sedangakan filenya banyak ditambah lagi dipakai terus menerus akhirnya rusak juga.Kembali saya bawa ke Pak Nuril dan diganti dengan Hardisk bekas dengan kapasitas lebih besar 40 GB sayangnya setahun  kemudian Hardisknya rusak lagi sehingga harus ganti hardisk 2 kali.

Baca juga : Kenali Ciri Ciri Hardisk Rusak Sedini Mungkin

3.Ganti RAM
RAM kompter saya sebenarnya terlalu kecil itu kata Pak Nuril idealnya mengunakan RAM 1 GB makanya saya tidak menggunakan komputer saya untuk bermain game atau menginstall aplikasi yang berat-berat yang penting bisa buat ngenet itu sudah cukup.Tadinya RAM saya memakai 2 kartu memori tapi setelah rusak diganti single kartu dan itu masih bertahan hingga sekarang.

4.Ganti Monitor
Selama menggunakan komputer jadul ini saya sudah pernah ganti monitor CRT 2 kali.Kenapa saya pilih monitor CRT?harganya murah monitor CRT bekas yang ukuran 14 inch paling-paling harganya sekitar Rp. 150.000.

Bulan November 2016 kemarin monitor CRT saya rusak setelah satu tahun ganti.Saya sempat bingung mau ganti CRT lagi saya kesulitan mencarinya karena rumah saya pindah ke Cikarang Bekasi dan sebenarnya saya juga tidak ingin lagi pakai monitor CRT karena takut efek sampingnya jika berlama-laam didepan komputer.

Untuk menghemat uang akhrinya saya membeli monitor LCD bekas ke Bukalapak harga dari pelapaknya Rp.350.000 ongkos kirimnya Rp.45.000 Totalnya jadi Rp.395.000.

5.Ganti Keyboard
Kerusakan keyboard ini sebenarnya kesalahan saya sendiri karena tanpa sengaja saya menumpahkan air minum kekeyboard sehingga langsung rusak dan sebagai ganti saya membeli keyboard anti air murah di Matahari Mall seharga Rp.40.000

Itulah resiko ngeblog dengan komputer Jadul harus siap-siap keluar duit karena kapan saja bisa ngadat.Saya sadar sebenarnya saya harus mulai memikirkan untuk mengganti komputer/lap top baru meski harganya mahal tapi setidaknya ada garansi dan lebih awet.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Setia banget mas ma komputer jadulnya?

Udah berapa kali di servis?

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam

Advertiser