Skip to main content

Suka Duka Memiliki Blog Wordpress Self Hosting

DWISU.WEB.ID,Suka Duka Memiliki Blog Wordpress Self Hosting-"Domain names expiring on Friday,December 29 2017" Itulah subyek email yang saya terima pada 29 Nov 2017 lalu dan ini artinya saya harus siap-siap merogoh kocek untuk perpanjangan salah satu domain saya Infopojok.com.Namun perpanjangan domain yang satu ini berbeda dengan 2 domain TLD saya lainnya Pasalnya didomain tersebut saya menggunakan hosting berbayar dengan kata lain blog tersebut bermesin wordpress self hosting.

 Blog Wordpress Self Hosting

Saya harus merogoh kocek setidaknya Rp.275.000 untuk perpanjangan paket domain hosting blog Infopojok.com.Bagi saya biaya sebesar itu terasa berat walaupun sebenarnya nggak mahal tapi karena bayarnya sekaligus setahun jadi lumayan jumlahnya.Bebeda dengan 2 blog saya lainnya yang hanya beli domainnya saja tanpa menggunakan hosting berbayar (Custom Domain) saya hanya perlu membayar Rp.120.000 sekali perpanjangan.

Untungnya masa perpanjangan dari ke-3 domain saya tersebut berbeda-beda jadi tidak bebarengan bayarnya dan kalau bayarnya bebarengan setidaknya saya harus bayar Rp.450.000 Berat Bukan?
Blog WP self hosting dengan Niche Bisnis saya ini bisa dibilang tidak terlalu sukses jika dilihat dari trafik atau biasa-biasa saja bagaimana tidak dengan jumlah artikel 96 biji hanya mampu mendatangkan tayangan (PV) dikisaran 800-1700 perhari dengan total  tayangan selama 2 tahun 421.873.

Disinilah terkadang menjadi dilema bagi pemilik Blog Wordpress Self Hosting seperti saya antara memperpanjang atau tidak.Jika diperpanjang apakah masih mengutungkan? tapi jika tidak,sayang karena sudah capek-capek membangunnya dari nol.Bagaimana dengan saya apakah infopojok.com akan diperpanajng? Saya sendiri mempertimbangkan dari berbagai sisi :

1.Penghasilan dari Adsense
Berdasarkan data dari Goolge Adsnese blog info pojok penghasilan Mingguannya baru mencapi $2,5 atau $10 perbulan jika dikalikan setahun maka total penghasilannya $120.Dilihat dari penghasilan adsense sebenarnya masih cukup menguntungkan jika saya memperpanjang paket domain hosting infopojok apalagi jika saya mampu meningkatkan trafik.

2.Penghasilan dari Artikel Review atau Sponsored Post
Meskipun Page view blog infopojok belum tinggi dan DA (Domain Authority) masih dibawah 20 namun ternyata bisa mendapatkan job artikel review/sponsored Post.Tak kurang dari 4 artikel review bisa saya dapatakan di blog tersebut dengan total fee sebesar Rp.300.000

3.Trafik stabil
Meskipun saya jarang posting namun trafiknya tetap stabil sehingga penghasilan dari adsense juga ikut stabil meskipun masih kecil dengan kata lain saya sudah bisa menerapkan konsep set and forget di blog ini.Namun karena Disk Space hosting masih lapang masih bisa menampung hingga 200 artikel jika nantinya diperpanjang saya akan mencoba menambah artikelnya.

Mempertimbangkan 3 hal tersebut rasanya sayang sekali jika saya sampai tidak memperpanjang paket domain hosting infopojok.com untuk itu dengan bulat saya memutuskan akan memperpanjang paket domain hosting tersebut.

Baca juga :
Domain Web id Bisa Menghasilkan Uang loh!
Tehnik Dasar membuat Blog dengan Konsep Set And Forget
Pilih Blog atau Youtube?


Pertanyaan lainnya adalah lebih nyaman mana NGEBLOG menggunakan Blogspot Custom Domain dengan Wordpress Self hosting?

Jujur saja jika mempertimbangkan faktor biaya saya lebih suka menggunakan blogspot custom domain seperti pada blog ini karena biayanya lebih murah karena tanpa harus menyewa hosting jadi berapapun artikel yang saya terbitkan saya tidak kuatir akan limit disk space.Berbeda jika menggunakan Wordpress terasa sekali bayaranya ketika perpanjangan itu saja baru Paket hosting 500 MB belum yang unlimited.

Namun jika melihat fiturnya saya lebih suka menggunakan Wordpress Self Hosting karena teknologi Wordpress selalu diupdate sehingga lebih aman serta dilengkapi dengan Plug in yang menjanjikan penggunanya seperti Yoast SEO yang memudahkan saya dalam membuat artikel yang SEO serta Plug in lainnya yang cukup memudahkan dalam mengelola Blog.

Kesimpulannya Apapun platform ngeblognya selagi memang masih menguntungkan sebaiknya tetap dilanjutkan meskipun harus membayar lebih.Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar