--> Skip to main content

Apakah Beli HP di Shopee Aman? Simak pengalaman saya

beli hp di shopee

Apakah beli hp di Shopee aman? -  Beli HP secara online sekarang jadi pilihan karena harganya bisa lebih murah dibandingkan beli langsung ke conter HP. Repot kan kalo harus nawar-nawar dulu. Shopee salah satu pilihan situs marketplace tempat beli HP online.

Bagi yang belum pernah beli HP ke Shopee pasti ada rasa cemas takut ditipu atau hal tak terduga lainnya. Padahal dengan segala kelebihan beli HP di Shopee seperti gratis ongkir, garansi, pengembalian dana jika ada masalah, harusnya membuat nyaman dalam beli HP.

Apakah beli hp di Shopee aman?

Menurut saya Aman beli HP di Shopee. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri membeli sebuah HP Xiaomi dengan harga 1,7 jutaan. Waktu itu saya yakin sekali kalau belanja di Shopee itu aman tentunya dengan berbagai pertimbangan yang nanti akan saya ulas dibawah.

HP Xiaomi yang saya dapatkan orisinil garansi resmi dari Xiaomi. Terbukti hingga sekarang meski sudah mau 3 tahun tapi HP masih dalam keadaan bagus, semua fungsinya normal. Sebagai bukti pembelian, saya lampirkan histori transaksi saat membeli HP Xiaomi tersebut pada tanggal 31 mei 2020.

beli hp di shopee


Tips Aman belanja HP di Shopee

Beli HP di Shopee perlu trik khusus, tidak asal beli disembarang seller. Shopee hanya menyediakan platformnya saja sedangkan sellernya banyak mulai dari selller besar maupun seller kecil. Siapa pun bisa mendaftar jadi seller meskipun tak punya stok produk. Simak tips berikut ini.

1. Pilih Shopee Mall

Shoppe sendiri membagi toko dalam beberapa tipe seller atau badge mulai dari Shopee mall, Shopee star, Shopee star plus, Shopee premium atau yang biasa. Shopee Mall harus menjual barang yang original sedangkan tipe lain tidak.

Dengan beli Hp di Shopee ke toko jenis Shopee Mall akan menjamin kualitas HP nya bukan Kw. Meski demikian tipe lain seperti star seller juga bagus yang penting lihat performa dari toko tersebut. Kadang kala harga lebih murah di Shoppe star dibanding dengan Shopee Mall meski selisihnya tidak banyak.

Saya sudah membuktikannya sendiri meski beli HP nya di tipe toko star seller namun HP nya juga original. Namun untuk memilih tokonya butuh kejelian.

Baca juga: Tips Cerdas Membeli HP secara online

2. Ratingnya bagus

Kelebihan beli HP atau produk lainnya di Shopee, pembeli bisa memberi rating (bintang) mulai bintang 1 hingga 5. Kalau produknya ternyata tidak sesuai atau pun cacat maka pembeli degan mudah memberi rating bintang 1. Ini yang paling ditakutkan para seller karena sama saja memberi image buruk pada tokonya.

Pilih toko yang ratingnya rata-rata bintang 4 sampai 5. Lihat juga jumlah terjualnya kalau baru sedikit belum jadi jaminan kalau tokonya bagus. Semakin banyak yang beli maka anda bisa dengan mudah melihat feedback dari pembeli. Kalau memang bagus semua berarti cocok beli Hp disana. 

3. Respon cepat

Namanya juga pembeli maunya serba cepat termasuk dalam urusan chat. Wajar dong namanya pembeli menanyakan stok, kondisi produk atau pengiriman. Apa jadinya jika pembeli nge chat tapi lama balasnya. Ibarat sebuah warung tapi tidak di tungguin atau sudah bilang beli tapi nggak ada orangnya.


Termasuk dalam urusan pengiriman produk, kalau sudah lunas pembayaran kenapa harus nunggu lama dikirimnya? ini bisa membuat anda tidak nyaman. Meski pun sistem Shopee memberi waktu beberapa hari kepada penjual untuk mengirim produk meski sudah di bayar lunas.

Toko-toko yang ratingnya bagus biasanya cepat dalam membalas chat dan mengirim pesanan. Lihat performanya chat nya apakah 100%. Jika sampai 100% itu artinya dalam hitungan menit chat sudah dibalas. Contohnya toko tempat membeli HP, begitu lunas hari itu juga dikirim chat juga langsung dibalas.

4. Stok banyak

Coba bayangkan, Anda mau beli tapi stoknya tinggal 1? jadi ragu bukan mau beli meskipun produknya sebenarnya bagus. Amannya beli ke toko yang stoknya masih banyak sehingga lebih banyak pilihan. Banyaknya stok juga menunjukkan kelas tokonya, grosir atau bukan.

Dari jumlah HP yang terjual bisa disimpulkan stoknya berapa.

5. Wajib melalui sistem

Fitur chat sebenarnya cukup membantu saat membeli HP, namun dari sinilah bisa terjadi penipuan. Oknum seller nakal akan mengarahakan untuk bertranskasi diluar sistem misalnya trnasfer lagnsung ke rekening penjual.

Isi chat juga bisa di sisipi link yang berbahaya yang tanpa sadar memberikan akses ke online banking atau masuk ke akun.

Selalu ingat, chat hanya untuk komunikasi sedangkan pembayaran harus melalui sistem yang sudah ditentukan Shopee.

6. Segera Komplain jika ada masalah

HP itu produk elektronik, kemungkinan terjadi kerusakan tetap ada meskipun kalau produk original sangat kecil. Segera komplain dan jangan tekan tombol terima, jangan sampai lebih dari 2 hari karena otomatis dana diteruskan ke penjual

7. Cek fungsinya 2x2 4 jam

Sebelum dana benar-benar diteruskan ke penjual, pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Bila perlu perpanjang masa garansi Shopee jika memang ada yang janggal. Gunakan semua fitur yang ada di HP seperti untuk main game, kamera dan lainnya. 

8. Wajib unboxing

Sekarang ini beli apa pun di Shopee termasuk HP, seller mewajibkan unboxing HP. Tanpa unboxing maka segala komplain tidak akan diterima.


Tips Menghindari penipuan Di Shopee

1. Jangan mudah terkecoh harga murah

2. Jangan transaksi diluar sistem apapun alasannya

3. Lihat berapa lama sudah bergabung dengan Shopee, pilih yang sudah lama dan lihat ratingnya

4. Pilih HP bergaransi resmi

5. Pahami spesifikasi HP


Akhir kata

Apakah beli hp di Shopee aman? Aman dong tapi tetap memperhatikan hal-hal yang sudah saya sebut diatas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar