Speaker Aktif Dijadikan Sound Sistem Lapangan, Bisakah?

Speaker Aktif Dijadikan Sound Sistem Lapangan, Bisakah?

DWISU.WEB.ID - Dalam kehidupan sehari-hari pastinya tak pernah luput dari kegiatan saling berkumpul dengan anggota masyarakat lain ditempat terbuka seperti Senam bersama, Lomba-lomba dan lain-lain. Kegiatan semacam ini tentu saja membutuhkan sebuah pengeras suara dan salah satu perangkat yang tepat adalah speaker aktif karena lebih praktis dibandingkan dengan speaker pasif.
Speaker Aktif Dijadikan Sound sistem

Itulah mengapa saat Anda akan membeli perangkat tersebut anda perlu memilih Speaker aktif sesuai dengan peruntukannya mau dipakai indoor atau outdoor. Namun terkadang speaker aktif yang akan dibeli tersebut dipakai untuk keperluan keduanya. Kalau demikian keadaannya saya menyarankan untuk membeli speaker aktif yang memang didisain untuk indoor contohnya saja Speaker Aktif Polytron PAS 28, alasannya :

1.Tata suaranya rata-rata stereo 2 kanal sehingga kekuatannya lebih kencang

2.Bahan kotaknya kayu press sehingga performa bass nya lebih baik dibandingkan yang berbahan plastik

3.Fiturnya lengkap mulai dari line input, USB/MMC player, Gadget input hingga Bluetooth.

4.Cocok untuk musik atau audio lapangan (pengeras suara).

Permasalahan Muncul jika speaker aktif Indoor dijadikan outdoor diantaranya :

1.Desainnya kebanyakan floorstanding sehingga kalau dipindah-pindah cukup merepotkan berbeda dengan speaker aktif outdoor desainnya cenderung kotak dan disediakan handle untuk mengangkatnya.

2.Bahannya terbuat dari kayu yang tidak terlalu tebal sehingga kalau sering kontak langsung dengan lantai lama lama bisa rusak, berbeda dengan speaker outdoor yang bahan kotaknya rata-rata plastik tebal.

3.Sumber tegangan utama menggunakan listrik PLN sehingga peletakannya harus dekat dengan stop kontak. Jika dilokasi outdoornya jauh dari kontak listrik mau tak mau harus menggunakan kabel roll yang panjang.

Lalu bagaimana caranya mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut sehingga speaker aktif indoor bisa digunakan tapi tetap aman untuk outdoor? Tenang saja ada kok solusinya kebetulan RT diperumahan saya memiliki inventaris warga berupa sebuah speaker aktif Polytron PAS 28 model Grill yang digunakan jika ada keperluan warga sepeti pengajian dirumah, peringatan HUT RI atau Kerja Bakti. Dengan sedikit modifikasi speaker aktif tersebut bisa digunakan outdoor maupun indoor.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika akan menggunakan speaker aktif diluar ruangan :

1.Pilihlah speaker aktif dengan grill pengaman karena jika tidak rawan rusak misalnya penyok atau bahkan berlubang apalagi jika saat digunakan banyak anak-anak.

2.Buatlah dudukan yang terbuat dari besi tebal dimana nantinya dudukan ini diberi roda kecil sehingga mudah untuk didorong jadi tidak perlu diangkat sehingga minim kontak langsung dengan lantai. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar. Peletakannya speaker kanan dan kiri berdampingan/berjejer.

Kesimpulannya apakah speaker aktif bisa dijadikan perangkat sound sistem lapangan, jawabnya Bisa tapi agar aman perlu ditambah peralatan tambahan dan speaker juga harus aman dari tangan tangan jahil. Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam