Blog Baru Tak Terindeks Google, Ini penyebabnya

Blog Baru Tak Terindeks Google, Ini penyebabnya

DWISU.WEB.ID – Memilih sebuah domain untuk blog atau toko online kelihatannya mudah tinggal kunjungi perusahaan web hosting atau penyedia domain (Registar) lalu cek ketersediaan domain jika tersedia pesan baru bayar. Memang ada benarnya juga karena saya juga melakukan hal tersebut ketika akan membeli domain. Pokoknya kalau tersedia domainnya ya saya beli.

Selama 7 tahun ngeblog saya sudah pernah 6 kali membeli domain untuk blog maupun toko online. Semuanya aman-aman saja dalam artian semuanya terindeks Google. Namun ketika saya membuat blog TLD yang ke-7 PALINGUNTUNG DOT COM Barulah saya bertemu masalah. Mungkin saya in terlalu Lugu atau percaya diri sehingga sayapun yakin kalau blognya akan terindeks Google seperti blog-blog saya lainnya.

Makanya ketika Seminggu sampai sebulan Blog baru saya (Url maupun halaman) tak kunjung terindeks saya kok tenang-tenang saja nggak menganggap sebagai masalah. Saya pikir lama-lama juga terindeks. Barulah setelah sebulan lebih saya mulai merasa ada yang tidak beres dengan blog PALINGUNTUNG, Masa sih sampai bulan-bulanan belum juga terindeks?

Apa Penyebab Blog Tak Terindeks Google?


Saya sempat bertanya ke sobat blogger yang kebetulan membeli domain baru juga tapi sudah terindeks. Sayapun sempat bertanya pada Kang Adhy Suryadi melalui email tapi menurutnya tidak ada yang salah dengan blognya. Faktanya karena domain tak kunjung terindeks saya pun mencari-cari ada apa dengan domain tersebut.

Saya memutuskan untuk fokus mencari kesalahan melalui search console karena blog bisa diakses dengan normal jadi bukan karena masalah DNS. Meskipun sebelumnya saya cari-cari tidak ketemu masalahnya, pesan dari search console tidak ada, email juga tidak pernah ada namun saya terus mencari. Sampai pada akhrinya saya beralih ke search console versi terbaru. Nah setelah saya cek satu-persatu dengan seksama akhirnya saya menemukan masalahnya pada bagian Tindakan Manual. (Lihat Gambar).

indeks Google

Dari sana jelas terlihat 1 masalah terdeteksi namun meski Cuma 1 masalah namun akibatnya cukup fatal yang akan berdampak pada semua halaman dan yang paling berat adalah dihapus dari hasil penelusuran Google. Dan yang lebih mengagetkan lagi adalah blog saya  terdeteksi SPAM MURNI dimana blog saya dianggap  melakukan Spam Agresif.

Secara garis besar pelanggaran yang dikategorikan sebagai Spam Agresif adalah :

  1. Membuat Konten Nonsens
  2. Konten Penyelubungan
  3. Menyalin Konten dari situs lain
  4. Pelanggaran Pedoman Webmaster Google


Pertanyaannya kemudian apakah blog saya melakukan hal-hal tersebut diatas? Sobat bisa menilainya sendiri di blog paling untung. Artikel yang saya tulis baru 9 buah dan semuanya berjenis tutorial jadi jika blog saya ditudah membuat artikel nonsense ( Artikel Sampah) kok sepertinya Google salah sasaran.
Artikel saya copy paste? Wah ini juga nggak masuk akal karena saya menulis sendiri artikelnya dan saya menulis tanpa melihat referensi apapun karena memang berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Itulah yang membuat saya bingung tindakan SPAM yanga mana sehingga blog saya kena pinalti tidak terindeks Google? Sayapun tak tinggal diam karena jika saya menerima begitu saja sama saja domain yang saya beli Sia-sia. Saya mencoba minta peninjauan karena memang Google mempersilahkan.

Beberapa tindakan yang saya lakukan sebelum mengajukan peninjauan :

  1. Mengganti template dari premium ke template bawan blogger . Langkah ini terinspirasi ketika saya mendaftar adsense dimana saya bisa diterima adsense karena menggunakan template bawaan blogger.
  2. Meniadakan link dalam artikel. 
  3. Menghapus Backlink Kontekstual


Sayangnya peninjauan ini butuh waktu yang lama bisa seminggu bisa lebih karena akan dicek manual oleh Tim Google. Harapan saya mudah-mudahan peninjauannya dikabulkan sehingga blog saya bisa terindeks Google.

Demikianlah pengalaman saya memiliki blog baru yang tidak terindeks Google dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Gua yakin bin banget kang, blog gua salah satunya yang nggak bakalan pernah terindeks ckck

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam