Ngeblog Itu Tidak Sekedar Bisa Menulis Artikel

Ngeblog Itu Tidak Sekedar Bisa Menulis Artikel

DWISU.WEB.ID – Bertahun-tahun ngeblog membuat saya banyak menemukan hal-hal baru yang tidak saya bayangkan sebelumnya. Saya pikir ngeblog itu yang penting bisa menulis artikel tapi nyatanya banyak hal-hal baru yang mau tidak mau saya harus menguasainya karena berhubungan erat dengan ngeblog itu sendiri.

nGEBLOG

Bisa saya simpulkan Tujuan akhir dari ngeblog itu adalah mencari trafik (pengunjung) karena memang blog itu bukan buku diari yang Cuma dibaca penulisnya. Blog itu ibarat buku-buku yang dipajang ditoko buku tentunya ingin dibeli dan baca orang lain. Kalau bukunya tidak laku dijual penulisnya patut dipertanyakan.Begitu juga dengan blog, sebagus apapun desainnya,  artikelnya banyak tapi kok tak ada pengunjungnya tentunya tujuan di onlienkannya blog tidak tercapai.

Mencari trafik ini ternyata banyak faktor pendukungnya, meski artikel menduduki peran yang sangat penting. Faktor pendukung berikutnya adalah optimasi mesin pencari Google atau SEO. Meski ada 2 faktor yang paling penting namun didalamnya terdapat cabang-cabang lain yang perlu dikuasai oleh seorang blogger. Mari kita kupas satu persatu :

1.Menulis artikel yang berkualitas
Tehnik menulis yang baik tentu semuany sudah tahu karena sejak sekolah sudah diajarkan menulis (Mengarang). Aturan bakunya adalah PEMBUKAAN-ISI-PENUTUP. Tata bahasanya harus baku serta mudah dipahami. Jenisnya bisa naratif, deskriftif atau persuatif.

Kemampuan menulis ini harus diimbangi dengan kemampuan lainnya yaitu optimasi mesin pencari (SEO) karena jika menulis artikel tanpa memperhatikan SEO peluang tampil dihalaman awal akan semakin kecil. Jika artikel tidak tampil dihalaman awal google tentunya tidak ada yang menemukan atau membacanya.

Meski artikel sudah bagus masih ada faktor lainnya yang membuat pengunjung betah berlama-lama yaitu artikel tersebut didukung infografis yang baik. Mau tak mau blogger juga harus menguasai desain grafis atau editing gambar. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam editing gambar ini misalnya saja memperkecil ukuran gambar, mengatur kontras, menambahkan teks, atau mungkin saja menggabungkan beberapa gambar.

2.Memahami kerja mesin pencari
Blogger juga perlu memahami cara kerja (Crawl) robot mesin pencari karena hal ini penting. Blogger perlu tahu apa itu sitemap, inspeksi URL, Kesalahan perayapan, Tindakan manual dan lain-lain. Semuanya itu ada di search console.  Sebagai blogger harus rutin memeriksa kesehatan blognya melalui search console karena jika ada kesalaam akan bisa cepat diperbaiki.

Seringkali permasalahan perayapan ini menjadi horor tersendiri terutama jika artikel atau bahkan home page blog tak kunjung terindeks. Mau tak mau blogger pun harus mencari apa penyebababnya karena jika dibiarkan tentunya sebuah kerugian besar.

3.Memahami Link Building
Back link menjadi salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan peringkat blog di mesin pencari. Namun membangun link building harus dilakukan dengan benar jangan sampai menyalahi pedoman webmaster misalnya dengan cara spam atau mencari backlink kualitas rendah.

Backlink ini memang sebaiknya diperoleh secara natural namun hal ini tidak mudah kecuali artikel sobat sangat bagus sehingga direferensikan blog lain. Inilah yang terkadang memicu blogger untuk mendapatkan backlink secara instan misalnya dengan membeli backlink atau menggunakan tool backlink.Alih alih mendapatkan backlink secara cepat yang didapatkan justru hukuman dari Google karena dianggap SPAM akibatnya blog terkena deindeks.

Baca juga : Peninjauan Ulang Blog Spam Murni Dikabulkan Google

4.Memahami WEB Hosting
Sebagai pemilik blog atau Webmaster perlu memahami seluk beluk domain dan hosting agar ketika mengelola blog tidak menemui kendala dikemudian hari. Khususnya bagi bloger yang menggunakan domain TLD dan hosting berbayar. Membeli domain meskipun kelihatannya mudah namun dibalik itu ada masalah yang siap menanti misalnya saja setting DNS atau domain expired

Apalagi jika menggunakan hosting berbayar banyak hal yang pelru dipelajari seperti pemilihan jenis hosting, apa yang harus dilakukan jika hosting down dan lain-lain.

Bagaimana menurut sobat? Terbukti bukan kalau ngeblog itu tidak sekedar bisa menulis artiel. Tapi jangan kuatir semuanya bisa dipelajari kok dan asyiknya lagi banyak tutorialnya diinternet jadi tinggal mempelajarinya saja. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

setuju bgt mas. kalo ngeblog kadang berharap daatang para pengunjung yg datang dan mampir ke blog kita. tulisan bisa dibaca org lain tentu bisa bikin kita seneng.

Balas

Betul banget mas, ternyata ngeblog cukup rumit juga ya, apalagi kalo tujuannya memonetisasi, pasti semua hal diatas sangat perlu diperhatikan.

Lain cerita kalo blog cuma tempat curhat, mungkin gak terlalu masalah. Makasih for the sharing

Balas

Untungnya semua itu bisa dipelajari jadi kalau memang serius ngeblog makin lama makin mahir

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam