5 Kesalahan Pebisnis Toko Kelontong Wajib Dihindari

5 Kesalahan Pebisnis Toko Kelontong Wajib Dihindari

DWISUWEBID – Fakta menunjukkan disetiap gang perumahan disitu pasti ada 1 atau 2 toko kelontong. Hal ini bisa menunjukkan kalau bisnis toko kelontong itu bisnis paling populer di Indonesia. Wajar jika kemudian bermunculan toko-toko baru meskipun jumlah pemainnya sudah banyak. Coba tengok saja sebuah gang yang tadinya hanya ada satu tambah lagi dan tambah lagi.

Suplier Toko Kelontong

Pertanyaannya apakah semua toko-toko kelontong itu bisa sukses? Oh Tidak ! ada sebagiannya yang gagal bahkan gulung tikar dan sebagiannya lagi hanya diam ditempat. Ini tentu bisa menjadi tanda Tanya besar kenapa bisa demikian? Bukankah bisnis toko kelontong itu sangat mudah dilakukan. Memang benar bisnis Toko Kelontong memang mudah dirintis oleh siapa saja asalkan memiliki modal dan lokasi.

Namun seringkali pebisnis toko kelontong tersebut melakukan kesalahan-kesalahan yang menyebakan bisnis tersebut tidak berkembang bahkan lebih parah lagi bangkrut. Nah…pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi seputar 5 kesalahan Pebisnis Toko Kelontong Wajib Dihindari berdasarkan pengalaman pribadi selama menekuni Bisnis Toko Kelontong. Harapannya tentu asaja anda terhindar dari kegagalan. Berikut informasi selengkapnya :

BACA JUGA : Toko kelontong Bisnis Populer Mudah Merintisnya 

1.Kesalahan memilih lokasi
Seperti Anda ketahui keuntungan bisnis toko kelontong relatif tipis sekitar 10-20% dan harganya juga dikisaran ribuan sampai puluah ribu sehingga butuh omset yang tinggi agar keuntungannya menjanjikan. Jika mengharapkan setiap pembeli belanjanya banyak tentu agak susah jalan keluarnya tentu mendatangkan pembeli sebanyak-banyaknya.

Hal ini sulit diraih jika lokasi toko kelontong kurang strategis. Bgaimana mungkin omsetnya akan bagus jika toko anda hanya dikelililing oleh beberapa rumah saja? Idealnya tentu lokasi toko kelontong berada ditempat yang banyak penduduknya atau dekat dengan pusat-pusat keramaian seperti sekolah, pasar atau perkantoran.

BACA JUGA : 5 Pekerjaan Sampingan yang bisa dikerjakan dirumah

2.Kesalahan menentukan harga jual
Tak bisa dipungkiri harga yang murah masih menjadi daya tarik untuk belanja disebuah toko kelontong beda 500 rupiah saja akan dianggap mahal. Jika Anda salah menentukan harga jual bisa berakibat toko anda sepi pembeli apalagi jika sudah banyak toko dilokasi tersebut. Kesalahan menentukan harga ini bisa disebabkan karena harga dari agennya sudah mahal jadi meskipun keuntungan yang anda ambil sudah tips tetap saja mahal atau bisa juga karena margin keuntungan yang anda patok tinggi misalnya harga modal Rp.700 dijual Rp.1500 padahal harga yang bersaing sekitar Rp.1000.

3.Kesalahan dalam pelayanan
Meski harga yang Anda patok murah tapi jika pelayanan yang anda berikan pada pelanggan kurang memuaskan bisa mengakibatkan pembeli kapok belanja ketoko kelontong anda misalnya sering salah dalam menghitung, kurang ramah, terlalu lelet dalam melayani dan lain-lain.

Jika Anda baru merintis utamakan pelayanan yang bagus selain harga yang murah karena itu cara yang terbaik untuk mendatangkan pelanggan.

4.Kesalahan dalam mendesain toko
Meski tidak berpengaruh terhadap harga jual namun kesalahan dalam mendesain toko seperti tata letak rak atau terlase bisa mengakibatkan pembeli kurang nyaman saat berbelanja misalnya ruangan terlalu sempit.

Desain toko kelontong sebaiknya disusun agar terlihat penuh barang dagangannya sehingga menarik minat pembeli. Jika toko terlihat kosong akan membuat pembeli ragu untuk berbelanja misalnya takut barangnya nggak lengkap.

5.Kesalahan dalam memilih supplier
Mencari supplier barang toko kelontong memang mudah namun jika salah pilih bisa saja ternyata harga yang dipatok supplier mahal. Itulah mengapa sebaiknya mencari pasokan keagen sembako besar atau bila memungkinkan langsung dari distributor seperti BALINA, INDOMARCO, WINGSFOOD.

Perlu  Anda kethaui agen sembako juga ada yang besar ada yang semi agen dan biasanya yang semi agen mengambil pasokan dari agen besar makanya wajar jika harganya bisa berbeda walaupun ada yang sama.

Demikianlah informasi seputar 5 kesalahan Pebisnis Toko Kelontong Wajib Dihindari , Jika Anda ingin mendalami lebih jauh bisnis toko kelontong Silahkan Anda berkunjung kesitus https://www.infopojok.com karena disana banyak tips-tips bagus seputar bisnis toko kelontong. 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam