--> Skip to main content

5 Skill Seorang Digital Marketing Paling Vital

Digital Marketing

Tahukah Anda kalau sekarang ini digital Marketing sudah menjadi trend dimasyarakat Indonesia? Lalu lalang tukang antar barang sudah menjadi pemandangan biasa tanpa pernah tahu siapa penjualnya dan dimana tokonya.

Hal ini tak bisa lepas dari peran seorang digital marketing. Buat yang belum tahu nih apa itu digital marketing saya kasih bocoran. Digital marketing merupakan kegiatan mempromosikan sebuah merek menggunakan media digital dan internet contohnya media sosial, website, youtube, atau email untuk menjangkau konsumen.

Digital marketing ini sudah menjadi bagian gaya hidup diera milenium seperti sekarang ini. Konsumen sudah tidak canggung lagi membeli barang secara online. Tentu Anda akan bertanya-tanya bagaimana ceritanya konsumen tertarik membeli produk ditoko A atau B?

Itulah tugas utama dari seorang digital marketing, mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan oleh sebuah toko online.

Tertarik untuk menjadi seorang digital marketing?

Setidaknya ada 5 Skill Wajib yang harus Anda kuasai. Kabar baiknya skill tersebut bisa Anda peroleh dengan belajar secara otodidak melalui internet. Namun Alangkah baiknya jika mengikuti pelatihan yang bersertifikat sehingga akan berguna jika Anda ingin berkarir didunia digital marketing seperti content writer, SEO spesialist atau Copywriter.

Baca Juga : Pengalaman Kerja Sama Artikel Review Tokopedia 

5 Skill Seorang Digital Marketing

Baiklah Simak informasi selengkapnya berikut ini :

1.SEO

Tujuan utama dari digital marketing adalah meningkatkan omset penjualan. Bagaimana ini akan tercapai jika website yang menjadi media untuk mendistribusikan konten pemasaran berada diurutan bawah dipencarian Google.? Itulah kenapa SEO itu penting sehingga menjadi salah satu channel dari digital marketing.

Seorang digital marketing harus mampu meriset kata kunci, on-page optimization, off-page optimization serta menganalisa hasil.

2.Media Sosial

Tak bisa dipungkiri peran media sosial untuk digital marketing cukup besar bagaimana tidak penggunanya cukup banyak. Sebagai seorang digital marketing harus memahami algoritma media sosial seperti facebook atau instagram. Tujuannya adalah bagaimana caranya konten yang telah tayang mendapatkan interaksi yang bagus mulai dari like, comment dan share. Semakin banyak interaksi peluang terjadinya konsversi penjualan akan semakin tinggi.

3.Website

Peran website cukup penting untuk digital marketing karena bisa berfungsi sebagai brand image, media pemasaran atau profil. Seorang digital marketing harus menguasai seluk beluk website seperti platformnya, cara membuatnya, cara mengisi konten, mengelola website dan masih banyak lagi.

4.Berpikir kreatif

Seorang digital marketing harus berpikir kreatif atau creative thinking yang mampu melihat suatu masalah dari sudah pandang berbeda sehingga menghasilkan sesuatu yang belum ada sebelumnya. Berpikir kreatif bisa diraih dengan memperkaya diri dengan berbagai referensi, bisa dengan membaca buku, blog, membaca copywriting produk lain atau banyak bergaul dengan orang-orang yang seprofesi.

5.Menulis Konten

Hasil penelitian menunjukkan konsumen cenderung membeli produk setelah membaca konten yang mengedukasi diwebsite. Konten yang bagus dapat memberikan imajinasi, inspirasi serta daya kritis bagi pembacanya. Ketika pembaca berimajinasi emosinya tersentuh entah itu senang atau sedih sehingga membuat pembaca menjadi peduli dengan isi dari konten nah jika ini terjadi tentu penulis akan mudah menyisipkan pesan sesuai target.

Kemampuan menulis konten yang bagus harus dimiliki seorang digital marketing dan ini hasil dari latihan terus menurus secara konsisten dan memahami sistem penulisan. Saat akan menulis seorang digital marketing sudah tahu apa yang akan ditulis baik dari ide sendiri atau buah dari mengumpulkan bahan-bahan tulisan.

Apakah Anda sudah memiliki skill seorang digital marketing? 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar