--> Skip to main content

Syarat Monetisasi YouTube Nyaris Tembus, Kejutan Awal Tahun 2021

Syarat Monetisasi YouTube


DWISU.WEB.ID - Sejak tahun 2017 saya mulai  bergabung dengan YPP (Program Partner YouTube) dan Alhamdulillah sudah bisa menghasilkan uang dari channel DWISUWEBID meski prosesnya terjal dan mendaki. Channel tersebut saya bangun dari Nol sampai bisa seperti sekarang ini meski belum dikatakan sukses tapi terbilang lumayan hingga  hari ini sudah memiliki 6000 subscriber.


Sebelum saya membuat channel tersebut sebenarnya saya sudah memiliki channel Dwi Sugiarto, namun awalnya channel tersebut tidak diniatkan untuk menghasilkan uang (Monetisasi) jadi isinya video asal jadi.


Namun siapa sangka channel tersebut jumlah subscribernya kian lama semakin bertambah. Awal tahun Tahun lalu channel Dwi Sugiarto jumlah subscribernya sekitar 400. Melihat statistik subscriber semakin bertambah, muncullah keinginan untuk mengajukan monetisasi channel tersebut.


Agar channel tersebut bisa bergabung dengan YPP maka harus memenuhi syarat monetisasi YouTube, diantaranya sebagai berikut :


1.Memenuhi Kebijakan monetisasi YouTube

2.Tinggal di sebuah negara yang didukung YPP (Program Partner YouTube)

3.Memiliki lebih dari 4000 jam tayang valid selama 12 bulan

4.Memiliki lebih dari 1000 subscriber

5.Memiliki akun Adsense


Dari ke-5 syarat diatas tinggal nomor 3 yang belum memenuhi syarat, tapi saya optimis segera terpenuhi karena saat artikel ini ditulis jam tayangnya kurang 150 jam lagi. Dengan rata rata jam tayang harian 30  jam atau 915 jam selama 28 hari saya optimis kurang dari seminggu sudah tembus syarat jam tayang sebanyak 4000 jam. Ini menjadi sebuah kejutan di awal tahun 2021.


Monetisasi Youtube


Meski video yang saya buat asal jadi namun semuanya video orisinil dan tema videonya tidak melanggar kebijakan monetisasi YouTube. Untungnya lagi rata-rata videonya tidak ada backsoundnya jadi video apa adanya. Padahal waktu itu saya belum paham backsound yang diperbolehkan seperti apa.


Asyiknya lagi saya sudah memiliki akun Adsense untuk blog dan umurnya sudah lama jadi tak perlu membuat akun adsense untuk mengaitkan channel Youtube.


Syarat Monetisasi YouTube hingga akhir tahun 2020 belum berubah sejak 2018 jadi prediksi saya masih akan tetap seperti itu. Syarat monetisasi ini masih terbilang sulit terutama untuk youtuber pemula apalagi yang bukan orang terkenal. Tak jarang yang melakukan Trik Trik terlarang seperti Subs back Subs, Beli subscriber atau beli jam tayang.


Baca Juga : Cara Saya Bisa Gajian dari YouTube Tanpa Ribet


Berkaca dari channel pertama, saya selalu berusaha mendatangkan subscriber murni dan jam tayang yang dari pencarian YouTube. Kuncinya menurut saya pada orisinilitas dan nilai manfaat video. Saya sudah membuktikannya sendiri, dengan beberapa video tutorial bisa mendatangkan subscriber dan jam tayang.


Saya menyarankan lebih mengutamakan keorisinilan video, kenapa demikian karena cukup menentukan saat proses review channel nantinya. Sangat disayangkan jika sudah kerja keras mencari subscriber dan jam tayang tapi saat prose review ditolak.


Sekedar untuk penyemangat Tonton Video dibawah Ya !



youtube image



Syarat Monetisasi YouTube memang berat namun sangat mungkin ditembus jadi tetap semangat membuat konten YouTube yang bermanfaat buat penonton.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar