--> Skip to main content

Proses SEO ini Penting untuk Blogger [Riset Kata Kunci]

SEO Blogger

DWISU.WEB.ID – Proses SEO bagi Blogger sangat menentukan kesuksesan apalagi sekarang ini situs besar ikut-ikutan membidik kata kunci yang biasanya digarap blogger dan umumnya menggunakan mesin wordpress. Tak heran jika halaman awal Google dikuasai mereka sebut saja ada Tribuns, Liputan 6, Merdeka, Detik, Kumparan dan masih banyak lagi. Di Atas kertas saya rasa cukup sulit untuk bersaing dengan mereka yang notabene mereka adalah website korporasi bukan blog personal.

Namun tetap ada celah untuk blog personal bersaing dengan mereka terbukti ada saja blog personal yang bisa tampil dihalaman awal. Kuncinya tentu saja ada pada teknik SEO. Saya yakin semua blogger sudah paham apa itu teknik SEO  bisa jadi sebagian besar sudah menerapkannya. Namun karena SEO adalah sebuah proses panjang tak sedikit yang akhirnya malas untuk fokus ke SEO.

Saya sendiri merasakan betapa sulitnya mendapatkan trafik dari Google, dari semua blog yang saya miliki, paling tinggi trafik hariannya maksimal sampai 1000 per hari. Dengan trafik sebesar itu belum cukup untuk menghasilkan klik Adsense yang banyak sehingga penghasilan dari Adsense masih kecil meski bisa gajian.

Saya sampai penasaran sebenarnya teknik SEO itu yang benar seperti apa? Dan untuk mengobati rasa penasaran, saya mengikut pelatihan SEO di Skill Academy dengan mentor M Ilman akbar seorang Product Manager At Traveloka. Setelah mengikuti kelas tersebut saya berkesimpulan pada dasarnya semua tutorial SEO itu sama. Hanya saja kalau mengikuti kelas berbayar penjelasannya lebih lengkap dan bersertifikat.

Nah...untuk mengasah kemampuan SEO saya mau tak mau saya harus mulai menerapkan SEO yang benar. Itulah mengapa saya menulis artikel ini dengan tujuan agar saya selalu ingat proses teknik SEO blogger secara sistematis.


Baca juga : Berapa lama domain baru terindeks Google 


Proses SEO 1: Blogger Wajib Riset Kata Kunci ( Research Keyword)

Riset kata kunci

1.1.Jenis-jenis kata kunci

1.2.Teknik Keyword Golden Ratio

1.3.Riset Kompetitor

1.4.Tools Riset Kata Kunci

 

Riset Kata Kunci

Proses ini wajib dilakukan oleh blogger tidak peduli mau pakai wordpress atau blogspot karena cukup menentukan apalagi ditengah persaingan seketat seperti sekarang ini. Hasil akhir dari proses ini adalah daftar kata kunci yang sesuai dengan tema blog yang akan dikembangkan menjadi sebuah artikel. Kata kunci ideal yang harus dicari adalah yang pencarian bulanannya tinggi. Berapa? 1000 pencarian bulanan sudah cukup tapi jika lebih tinggi akan lebih bagus lagi.


Jenis-jenis kata kunci

Secara garis besar kata kunci (keyword) jika dilihat dari jumlah katanya terbagi menjadi 3, yaitu Head keyword, short tail (Body keyword) dan long tail. Head keyword terdiri satu kata contohnya “Bisnis”, sedangkan short tail terdiri dari 2 - 3 kata contohnya “Bisnis online”  sedangkan long tail terdiri dari 4 kata atau lebih contohnya “Bisnis online untuk pelajar”.

Berdasarkan pengalaman saya, jarang sekali saya membidik kata kunci head keyword karena persaingannya sangat berat jadi kata kunci jenis ini hanya dijadikan sebagai Seed Keyword (Bibit kata kunci) yang nantinya akan dijadikan patokan untuk mencari kata kunci short tail atau long tail.

 

Jika dilihat dari search intent atau tujuan pencarian kata kunci terbagi atas 4 jenis yaitu:

 

Informational – pengguna internet tujuan searching untuk mencari informasi tentang yang diinginkan.

Navigational – pengguna ingin mencari sebuah situs misal Pra Kerja

Transactional – Pengguna internet berniat membeli sesuatu contoh “harga Samsung Galaxy A51”

Kata kunci yang ideal adalah kata kunci yang pencarian bulanan (Search volume) tinggi tapi persaingan rendah.


Teknik Golden Keyword Ratio (GKR)

Selain memperhatikan search volume dan persaingan perlu juga memperhatikan perbandingan antara jumlah hasil pencarian dan search volume bulanan. Inilah yang dinamakan teknik Golden Keyword ratio. Kenapa demikian? Semakin banyak website yang menggunakan sebuah kata kunci pada judul persaingannya akan semakin ketat.

Skor GKR sebuah kata kunci jangan lebih dari 1 dengan rumus :

KGR = # of allintitle results / search volume

<0,25 = Bagus

0.25-1 sedang

1 < Jelek

 

Riset Kompetitor

Amati, Tiru dan modifikasi mungkin ini kalimat yang tepat untuk menggambarkan riset kompetitor. Sebuah halaman yang bisa tampil dihalaman awal Google sudah tentu melakukan teknik SEO baik itu yang menggunakan mesin wordpress maupun blogger. Suka atau tidak teknik tersebut bisa dianalisa oleh pihak lain karena cukup mudah untuk melakukannya.

Pertama-tama cek kata kunci di pencarian Google kemudian akan muncul sederet situs dihalaman pertama. Situs-situs inilah yang di intip tekniknya kemudian memodifikasinya menjadi lebih baik. Ada 3 poin yang perlu dianalisa:

  • Daftar situs kompetitor peringkat 1-10
  • Kata kunci yang dibidik
  • Skor DA
  • Strategi konten
  • Backlink Kompetitor

Setelah mengetahui kekuatan kompetitor langkah yang cukup penting adalah menentukan apakah persaingan tersebut masih bisa ditaklukkan jika peluangnya masih ada, silahkan lanjut ke langkah berikutnya tapi kalau kemungkinannya kecil lebih baik mencari kata kunci yang lebih realistis untuk ditaklukkan.

Jika ingin memenangkan atau menggeser peringkat situs yang sudah ada mau tak mau harus membuat artikel dan backlink yang lebih baik. Jika artikel yang ditulis 1000 kata paling tidak jangan sampai kurang dari 1000 kata, lebih banyak lebih bagus. Begitu pula dengan media pendukungnya seperti gambar, tabel atau video.


Tools Kata Kunci

Dalam proses riset kata kunci yang wajib diketahui adalah volume pencariannya. Bagaimana caranya? Gunakan SEO Tools. Berikut rekomendasinya:

Ahrefs

Tools ini cukup populer dan banyak digunakan blogger top dunia bahkan ada yang mengatakan tools ini terbaik setelah Google. Salah satu blogger sukses Indonesia yang menggunakan Ahrefs adalah Ibrahim vatih owner vatih.com. Ahrefs merupakan  All in one seo tools, kegunaannya untuk optimasi website, analisa kompetitor, keyword explorer, content explorer dan rank tracker sehingga cukup membantu blogger agar blofnya tamblil dihalam depan Google.

Sayangnya harga berlangganannya cukup mahal untuk blogger pemula, bayangkan biya termurah adalah $ 99 per bulan. Bisa jadi tools ini lebih cocok untuk blogger profesional yang memang modalnya sudah kuat.


Longtail Pro

Long Tail Pro cukup efektif dipakai untuk mencari kata kunci bermacam topik dalam sekali pencarian. Fitur utama pada tools ini adalah Keyword research, Competitor analysis serta rank checker. Biaya berlangganan mulai $25 per bulan. Tools in bisa diandalkan karena cukup cepat dalam menampilkan hasil pencarian.

 

Ubersuggest

Tools Riset kata kunci yang satu ini juga cukup populer bisa jadi karena awalnya gratisan tapi sekarang sudah berbayar. Selain berfungsi untuk mencari kata kunci bisa juga bermanfaat untuk menganalisa Halaman yang berada di top 10 Google, mencari ide kata kunci atau menganalisa data backlink.

Biaya berlangganannya lebih murah dari pada Ahrefs yaitu mulai $ 12 per bulan.

 

Keywords everywhere

Jika SEO tools diatas belum terjangkau di kantong, blogger bisa mencoba Keyword everywhere karena harga berlangganan nya cukup murah cukup merogoh kocek mulai $10 per tahun sudah bisa riset kata kunci.

Dengan tools ini pengguna bisa mengetahui search volume bulanan, nilai CPC, persaingan serta trendnya. Asyiknya lagi jika meriset sebuah kata kunci nanti akan muncul kata kunci turunannya atau long tail keyword.

Kebetulan saya saat ini menggunakan tools ini dan menurut saya cukup membantu bagi blogger yang modalnya pas-pasan.

Sampai disini dulu informasi seputar Seo yang wajib diketahui blogger khususnya pada riset kata kunci. Semoga bermanfaat! 

 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar