--> Skip to main content

Berapa Lama Domain baru Terindeks Google?

Indeks Google

DWISU.WEB.ID – Pada tanggal 22 Januari 2021 saya mendaftarkan sebuah domain myguide.my.id di Domosquare. Harganya yang  cuma Rp.11.000 setahun membuat saya tak bisa berpaling dari ekstensi domain ini. Nantinya domain ini akan saya gunakan untuk membangun blog pribadi berbahasa Inggris. Singkat cerita saya pun berhasil merilis blog MYGUIDE ke publik.

Sebagai pemilik situs/blog tentu saya sangat berharap bisa mendapatkan trafik dari mesin pencari Google sehingga bisa menghasilkan uang. Salah satu syarat agar bisa mendapatkan trafik dari Google adalah domain atau artikel sudah terindeks Google. Nah...karena domain saya baru tentu hal pertama yang harus saya capai adalah minimal domain sudah terindeks oleh Google. Logiknya kalau domainnya belum terindek apalagi halaman/artikelnya?

Cara untuk mengecek apakah domain sudah terindeks atau belum cukup mudah yaitu ketik : site:namadomain di kotak pencarian Google, jika muncul berarti domain sudah terindeks. Sayangnya setelah saya cek domain tak kunjung terindeks. Sayapun jadi cemas, karena saya punya pengalaman mendaftarkan domain baru tapi domain tersebut terkena deindeks.

Kecemasan itu terobati pada hari ke 15, saat saya mengecek ternyata sudah muncul. Hilang semua kekuatiran. Tugas selanjutnya tinggal mengisi blognya dengan artikel. Oh ya saat saya mengecek blog baru berisi 1 artikel.

Beberapa langkah yang saya lakukan setelah mendaftarkan domain.

1.Custom domain dari myguidetrick.blogspot.com ke myguide.my.id menggunakan free DNS.

2.Mengisi Judul, Deskripsi blog, mengaktifkan https dan deskripsi penelusuran

2.Mendaftarkan blog ke search console dan mengirimkan sitemap serta melakukan inspeksi URL.

3.Membuat sebuah Artikel tujuannya memberi sinyal kepada mesin pencari kalau blog sudah aktif.

4.Membagikan artikel ke media sosial

5.Menautkan domain ke Youtube

6.Mereview blog  dengan blog saya lainnya tapi tidak memberikan backlink.


Baca Juga : Cara Membuat Blog Pribadi dengan Domain MYID 


Buat teman-teman yang saat ini domainnya belum terindeks perlu mengecek hal ini :

1.Pastikan domain belum terindeks dengan cara mengetikkan site:namadomain

2.Cek apakah blog terkena tindakan manual melalui search console, kalau memang terkena tindakan manual sebaiknya mengajukan banding karena itu bukan kesalahan teman-teman tapi kesalahan pemilik domain sebelumnya misalnya domain nya digunakan untuk spam.

3.Jika memang tidak ada tindakan manual, sudah mendaftarkan blog ke search console dan sudah pula mengirim sitemap serta melakukan inspeksi URL. Tak ada yang bisa anda lakukan selain menunggu sambil terus update artikel. Google sendiri dalam situs resminya menjelaskan proses indek domain atau halaman berkisar antara 1 atau 2 hari bisa juga hingga beberapa Minggu.

Kesimpulannya jika sampai hari ini blog teman-teman belum terindeks namun semua langkah diatas sudah dilakukan, sebaiknya tinggal menunggu saja. Semoga Bemanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar