Speaker Aktif Vs Speaker Pasif Lebih Bagus Mana?

advertise here
Speaker Aktif Vs Speaker Pasif Lebih Bagus Mana?-Audio rumahan yang cukup populer dimasyarakat Indonesia adalah speaker aktif dan pasif.Rasanya kurang sempurna jika sebuah rumah tanpa kehadiran speaker sistem karena jika hanya menggunakan perangkat audio portable seperti compo suara yang dihasilkan kurang mantap.
Speaker Aktif Vs Speaker Pasif
Speaker Aktif 3 Jalur Floorstanding
Speaker aktif sekarang ini menurut saya lebih diminati masyarakat ketimbang speaker pasif hal ini bisa terlihat jika anda berkunjung ke toko elektronik kebanyakan yang dijual speaker aktif.Namun demikian fakta ini tidak berarti menunjukkan speaker pasif tidak bisa diandalkan karena sebenarnya kualitas suara speaker pasif juga tak kalah hebat.

Baca juga : 4 Prosessor Smartphone Terpopuler

Pertanyaannya kemudan jika diadu mana yang lebih bagus Speaker aktif atau speaker Pasif? Nah…pada kesempatan kali ini saya mencoba mengulas Speaker aktif dan Pasif.Berikut informasi selengkapanya:

Speaker Aktif

Pengertian speaker aktif adalah sebuah sistem speaker yang terdiri atas ampilifer dan loudspeaker  dalam satu kabinet tidak terpisah-pisah sehingga dalam penggunaannya tinggal menghubungkan dengan sumber masukan seperti DVD player,Televisi,komputer atau gadget

Speaker aktif umumnya menggunakan sistem speaker 2 jalur (Woofer-Tweeter) dan 3 jalur Woofer-Midreange-Tweeter).Untuk hasil suara terbaik tentu saja yang sisterm 3 jalur karena respon frekuensinya lebih detail ketimbang sistem speaker 2 jalur.

Desain speaker aktif  kebanyakan menggunakan jenis floorstanding dan Bookshelf.Untuk speaker aktif berdaya besar antara 70-100 watt biasanya menggunakan desain floorstanding sedangkan yang berdaya rendah sekitar 20-30 watt menggunakan desain bookshelf.

Speaker aktif karena antara amplifiernya dan speakernya menyatu oleh produsennya sudah disetting sedemikian rupa agar sesuai antara amplifier dan spekernya sehingga tidak bisa dimodifikasi lagi misalnya ganti amplifier biar tambah besar dayanya,ganti loudspekernya atau diparalel speakernya

Karena amplifier dan speakernya sudah menyatu material yang digunakan lebih praktis yaitu memanfaatkan kabinet speaker yang umumnya terbuat dari kayu harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan membeli speaker dan amplifier yang terpisah selain itu lebih awet karena antara daya amplifier serta impedansinya sudah disesuaikan dengan speakernya oleh pabrikan speaker beda jika membeli speaker pasif anda harus yakin spesifikasinya sesuai karena jika tidak umur speakernya tidak bertahan lama.

Speaker Pasif

Pengertian Speaker pasif adalah sistem speaker yang dalam kabinetnya terdiri atas speaker dan crossover tanpa amplifier.Dalam pemakaiannya speaker pasif masih membutuhkan perangkat lain yaitu Integrated Ampliier.Speaker pasif banyak dijumpai di Studio musik,Tempat karaoke,Masjid atau organ tunggal.

Desainnya lebih bervariasi dari pada speaker aktif karena memang ukuran drivernya juga tidak didominasi ukuran 5-8 inch seperti pada speaker aktif ada juga yang ukurannya besar sampai 15”.Kapasitas dayanya juga bisa lebih dari 100 watt tergantung daya keluaran Integrated Ampilifernya.

Integrated Amplifier dan Speaker Pasif Dijual terpisah sehingga harus cermat dalam memilihnya harus sesuai antara spesifikasi amplifiernya dan speaker pasifnya.Jika daya integrated ampilfiernya 150 watt maka speaker pasifnya juga minimal dayanya harus 150 watt begitu juga dengan impedansinya.

Speaker pasif dalam penggunaannya bisa diparalel dengan speaker lain dengan catatan impedansinya tidak jauh berbeda dan kapasitas dayanya juga sama misalnya anda memiliki Integrated amplifier dengan daya keluaran 200 watt per kanalnya anda bisa menggunakan 2 buah speaker dengan daya masing-masing 100 watt.

Speaker pasif juga bisa dimodifikasi misalnya dengan mengganti kabinetnya atau mengganti driver speakernya yang penting spesifikasinya cocok untuk Integrated Ampilifernya.

Kesimpulan :

Jika anda menginginkan audio rumahan yang harganya murah dan praktis anda lebih cocok jika menggunakan speaker aktif namun jika anda menginginkan kualitas suara yang lebih bagus anda bisa memilih speaker pasif konsekuensinya anda harus merogoh kocek lebih dalam karena dijual terpisah dengan amplifiernya.

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam

Click to comment