Kisahku 6 tahun Mencari Penghasilan Internet

Kisahku 6 tahun Mencari Penghasilan Internet

DWISU.WEB.ID,Kisahku 6 tahun Mencari Penghasilan Internet-Gaptek itulah julukan yang pas ditujukan kepada saya 6 tahun yang lalu bagaimana tidak? Wong saya tak pernah sekalipun browsing,cara browsing saja saya nggak tahu apalagi mencari penghasilan lewat Internet.Padahal dimasa itu sudah banyak warnet jadi kalau ada niat bisa saja saya pergi kesana untuk ngenet (browsing).

Penghasilan Internet

Untung nya saya sedikit mengerti tentang komputer minimal bisa menggunakannya meski hanya sebatas aplikasi Ms Word Excel,Main game atau media player,itu saja pinjam punya kakak kebetulan kuliahnya ambil jurusan program komputer jadi harus punya komputer.6 tahun yang lalu profesi saya seorang penjual sembako atau toko kelontong dan pada suatu saat saya ingin berjualan pulsa elektrik dan saya kesulitan mencari agen pulsa kalau ada juga tidak gratis tidak seperti sekarang mudah sekali.

Nah… kebetulan saya punya Ponsel canggih pada masa itu yaitu Nokia Communicator 9500 yang memiliki browser bawaan.Kenapa tidak saya gunakan untuk browsing dan mencari informasi agen pulsa elektrik? Benar saja setelah browsing akhirnya ketemu agen pulsa elektrik online hingga saya bisa berjualan pulsa elektrik.

Namun dari browsing tersebut saya justru menemukan informasi  tentang ngeblog dapat duit dan itu membuat penasaran karena saya hobi menulis.Gimana caranya kok menulis bisa mendapatkan duit dari Internet? Setelah mencari cari informasi akhirnya saya tahu dari tulisan yang dipublikasikan ke blog bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari Internet.Blog merupakan aplikasi website yang berisi postingan yang berdasarkan tanggal dan dimuat dihalaman website.

Membuat Blog Pertama

Untuk mewujudkan keinginan saya agar bisa mendapatkan uang dari blog mulailah saya membuat blog pertama saya.Tak sulit ternyata membuat blog karena saya menggunakan platform blogspot dan enaknya gratis dan tutorial nya banyak saya temukan diinternet.

Jujur saja waktu itu saya bingung mau menulis tentang apa karena saya belum terbiasa menulis dimedia blog namun saya sering membaca saran penulis terkenal salah satunya Jonru,Bahkan saya pernah menjadi peserta sekolah menulis online (SMO) yang diadakan beliau. "Rajin-rajinlah menulis,Tulislah Apa saja yang bisa ditulis dan jadikanlah menulis sebagai pilihan hidup”.Akhirnya saya putuskan untuk membuat blog yang topiknya seputar elektronika.Pertama kali menulis hasilnya masih terlihat belum rapi baik dari tata bahasanya maupun plot (alurnya) namun seiring berjalannya waktu diiringi dengan belajar dan berlatih tulisan saya semakin rapi bahkan saya bisa membuat blog dengan topik yang berbeda.

Singkat cerita pengunjung blog saya mulai banyak sehingga bisa digunakan untuk mencari penghasilan melalui program periklanan dimana saya memasang iklan diblog saya jika ada yang mengklik saya dapat bayaran sekitar Rp.300-Rp.400.Hasil yang saya dapatkan waktu itu relatif kecil karena pengunjung hariannya cuma diangka ratusan.

Butuh waktu sekitar 1,5 tahun dihitung dari saya mulai membuat blog pertama untuk bisa merasakan gajian dari Internet untuk pertama kalinya itupun cuma Rp.113.675 tepatnya pada bulan April 2013.Meskipun kecil saya berbangga hati karena ternyata menghasilkan uang dari blog bukan omong kosong belaka sehingga saya lebih semangat menulis diblog.3 bulan kemudian saya juga bisa merasakan gajian lagi untuk ke 2 kalinya disusul gajian berikutnya.
Baca juga : Pembayaran pertama PPC Adsense Camp

Babak Baru Kerja Online Jadi penayang Adsense

Memasuki tahun 2015 saya mencoba menekuni bisnis periklanan adsense.Hal tersebut diawali dengan diterimanya pengajuan saya menjadi publisher adsense padahal waktu itu cukup sulit untuk mendapatkan persetujuan dari Google.

Kenapa saya tertarik menjadi publiher adsense? Alasannya berdasarkan informasi dari Internet bayarannya besar karena pakai dolar.Bayangan saya waktu itu 1 dolar 13 ribuan enak dong cepat dapat duitnya.Setelah menjalaninya ternyata sulit untuk mendapatkan 1 dolar,bulan bulan pertama penghasilan paling paling sepersepuluh dolar perhari.

Mendapatkan Bayaran Pertama dari Adsense

7,5 bulan menjadi publisher Adsense saya bisa merasakan gaji pertama yang jumlahnya mencapai 1 jutaan sebuah jumlah yang besar dibandingkan gaji yang saya dapatkan sebelumnya.Hal ini membuat saya semakin bersemangat untuk membuat artikel sebanyak-banyaknya dengan harapan trafiknya naik sehingga penghasilannyapun naik.
Baca Juga : Perjalanan Panjang Menjadi penayang Adsense

Usaha saya sepertinya tak sia-sia terbukti 2 bulan kemudian saya bisa gajian lagi untuk yang kedua kalinya.Sejak itu saya bisa rutin gajian 2 bulan sekali perubahan yang menurut saya cukup signifikan.Semangat saya makin bertambah dan agar saya bisa rutin gajian tiap bulan layaknya karyawan saya mencoba membuat blog baru jadi yang tadinya menggunakan 3 blog bertambah menjadi 4 blog.

Sayangnya usaha saya tersebut tidak berjalan mulus  meski blog tersebut bisa menghasilkan namun tiba-tiba saja bisnis adsense terkena badai biaya klik iklan cenderung turun sehingga penghasilan harian yang biasanya minimal $2 turun menjadi kurang dari itu.Hal mengakibatkan saya semakin sulit untuk mewujudkan cita-cita saya bisa gajian tiap bulan dari adsense bahkan jadwal gajian saya menjadi molor tadinya 2 bulan sekali menjadi 3 bulan sekali bahkan hal itu sudah berlangsung setahun belakangan.

Penghasilan Internet
Tempat Ambil Gaji Adsense


Mencoba Program  Survey Dibayar (Paid Survey)

Untuk menambah penghasilan dari Internet saya mencoba program survey dibayar cara kerjanya saya mengisi survey yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus saya jawab hingga selesai.Saya tertarik mengkuti program ini karena kebetulan paket internet saya unlimited menggnunakan koneksi Wifi jadi sayang kalau kuota tidak dimanfaatkan.

Hasilnya memang kecil tapi lumayan saya beberepa kali mersakan pembayaran.Sayangnya setelah saya pindah rumah saya tidak bisa berlangganan Hotspot Wi-fi lagi tapi kembali menggunakan modem dan berlanganan paket internet disebuah operator seluler yang terbilang tidak murah Rp.50.000 Cuma dapat 2GB sebulan padahal dulu waktu berlangganan Hot spot Wifi Iuran Rp.100.000 kuotanya unlimited.

Dengan paket yang harganya sebesar itu rasanya kurang menguntungkan untuk mengikuti Paid Survey lagi karena terkadang untuk 1 survey saja membutuhkan paling tidak 45 menit.Akhirnya selama pindah rumah saya jarang aktif lagi.

Gagal Merintis Bisnis Dropship

Menyadari penghasilan adsense yang cenderung turun saya mencoba bisnis dropship produk obat herbal.Awalnya saya membeli sebuah domain yang nantinya akan saya gunakan untuk mempormosikan produk-porduk obat herbal dan menawarakan disana.

Sayangnya setelah saya membeli domain tersebut saya kesulitan untuk membuat artikelnya yang topiknya seputar kesehatan.Sehingga blognya tidak bisa berjalan dengan baik bahkan hingga masa perpanjangan tiba,akhirnya saya memutuskan tidak memperpanjang lagi dan tidak melanjutkan bisnis dropship tersebut.

Namun demikian saya masih memilki keinginan untuk berbisnis dropship hanya saja produknya tidak banyak atau cukuo 1 saja tapi berkulitas.Saya sudah mulai membangun blognya meski dengan domain gratsian.Saat ini saya hanya memcari pengunjung dan follower sebanyak-banyaknya jika sudah banyak barulah saya tawarkan produknya.

Angin Segar dari Bisnis Sponsored Post

Setahun yang lalu saya mencoba peruntungan di bisnis sponsored post atau article placement dimana saya cukup menerbitkan artikel dari advertiser keblog saya kemudian saya akan mendapatkan bayaran mulai dari Rp.50.000-Rp.100.000 per artikel.

Usaha tersebut saya awali dengan bergabung dengan sebuah grup facebook yang mempertemukan bloger dan advertiser.Beberapa kali saya mendapatkan job ada yang bayarannya Rp.50.000 ada pula ayng Rp.100.000.Sayangnya saya tidak bisa memastikan kapan saya akan dapat job dan saya harus aktif mencari tawaran job.

3 bulan yang lalu saya bergabiug dengan Iblogmarket situs yang mempertemukan advertiser dan Bloger dan Alhamdulillah beberapa kali saya dapat job yang nilainya rata-rata Rp.100.000.Hasilnya menjanjikan dibandingkan dengan Job yang saya dapatkan dari Grup Facebook.

Mencoba Menjadi Vloger

Peluang apapun yang bisa menghasilkan uang dari internet akan saya coba selagi saya bisa.Sebelumnya saya sudah menekuni adsnese blog,paid review,sponsored post,Iklan Mandiri tapi saya belum pernah mencoba adsense youtube padahal caranya lebih mudah dari pada adssne blog.

Apalagi saya sebelumnya juga sudah memiliki channel youtube tapi belum saya manfaatkan.Sebenarnya saya bisa langsung menghubungkan channel yang saya miliki dengan adsnese karena masih satu email namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena saya belum tahu cara main yang aman youtube saya memilih untuk tidak menghubungkan chanel tersebut dengan adsnese tapi memilih
membuat akun lain dengan email baru.

Setelah membuat channel dan mengupload video saya mengajukannya ke adsnese dan disetujui.Sayangnya aturan youtube baru mengharuskan sebuah channel mencapai tayangan sebesar 10.000 baru dapat dimonetisasi setelah direview dulu.
Baca juga : Aturan Baru Youtube 10 k View ,Vloger Pemula Gigit jari

Hingga saat ini channel tersebut baru mendapatkan 5700 view masih jauh dari ketentuan. Saya sudah mencoba mengunggah video baru sayangnya menjadi vlogger itu boros kuota setiap menggunggah sebuah video yang berdurasi 5-10  menit setidaknya menghabiskan kuota 500 MB sedangkan paket internet saya pas-pasan.

Akhirnya untuk sementara saya lebih mengutamakan blog dulu dari pada youtube sampai saya bisa berlangganan koneksi internet Wifi seperti dulu.Uploda video tetap tapi tidak sering-sering.
Demikianlah Kisahku 6 tahun mencari penghasilan internet,Jadi Jika ada yang mengatakan mencari penghasilan internet itu mudah jangan mudah percaya! Semoga Bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam