Skip to main content

Menjadi Pecundang Lomba Blog Selamanya

DWISU.WEB.ID,Menjadi Pecundang Lomba Blog Selamanya-Tak ada seorangpun yang sempurna didunia ini,Pernah dengar pepatah ini? Bagaimanapun hebatnya seseorang namun tetap saja dia memiliki kekurangan.Jadi bagisiapa saja yang saat ini merasa memiliki kekurangan dalam driinya tidak usah berkecil hati karena dibalik kekurangan tersebut pasti ada kelebihan yang anda miliki.

Menjadi Pecundang Lomba Blog

Saya tak ingin berpanjang lebar membahas kelebihan dan kekurangan pada manusia tapi saya hanya ingin memotivasi diri saya sendiri khususnya dalam hal mencari uang dari internet.Seringkali saya takjub melihat bloger yang bisa menghasilkan banyak uang dari adsense tak tangung tanggung sehari ada yang bisa mendapatkan $200,Hebat! Namun ketika saya melihat penghasilan adsense saya bagai langit dan bumi sehingga kadang saya berpikir apakah adsense dunia saya?

Matapun berpaling pada cara lain mencari penghasilan dari internet yaitu melalui sponsored post karena saya lihat ada bloger lain yang kerap kali mendapatkan sponsored post.Akhirnya sayapun mencoba terjun kebisnis sponsored post.Sekali dua kali saya mendapatkannya hatipun senang karena transferan mendarat mulus kerekening,namun setelah itu sponsored post tak kunjung datang lagi.Sayapun berpikir apakah sponsored post memang bukan jalan rezeki saya?

Mata kembali berpaling ke “ladang uang” lainnya yaitu melalui lomba blog atau blog contest.Hadiahnya tak main-main ada yang mencapai jutaan rupiah atau produk yang nilainya lumayan mahal.Saya punya teman bloger yang kerap menjadi juara dan hadiahnya bermacam-macam ada yang jalan-jalan gratis,menginap dihotel gratis,laptop,vocuher belanja dan lain-lain.

Saya pun akhirnya tertarik untuk ikut lomba blog walaupun saya kurang percaya diri.suatu saat saya berkunjung ke blog teman(Blog walking) dan diartikel terbarunya teman saya ini menulis artikel yang diikut sertakan dalam lomba blog yang temanya seputar AC (Mesin pendingin).Tiba-tiba saya ingin ikut lomba blog tersebut pertimbangannya topiknya saya suka kebetulan saya sering membaca buku tentang tehnik mesin pendingin.

Tanpa butuh waktu lama jadilah artikel yang akan saya ikut sertakan ke lomba blog kemudian saya publikasikan ke blog lalu saya daftarkan kepanitia lomba blog.Yah…namanya juga manusia sukanya berangan-angan,meskipun saya tahu pasti yang ikut banyak dan saingannya bloger kelas kakap karena hadiahnya menggiurkan juara  pertama saja dapat uang 7 juta tapi saya berharap bisa jadi juara,padahal siapa sih saya?

Hari pengumuman Juarapun tiba dan bisa ditebak saya tersisih.Penasaran sayapun mengunjungi blog para juara lomba blog dan sayapun Cuma bisa terpana,Pantas jadi juara artikel mereka top banget! Dari situ saya pun sadar saya hanya akan menjadi pecundang lomba blog selamanya jika competitor lomba blog seperti mereka.

Akhirnya saya memutuskan untuk “TIDAK”mengikuti lomba blog lagi,bukannya putus asa tapi ada beberapa alasan yang mendasarinya,diantaranya:

1.Lomba blog menurut saya penilaiannya lebih condong ke infografisnya dari pada ke artikelnya terbukti mereka yang juara di”monopoli’ oleh peserta yang jago info grafis.Jadi sehebat apapaun tulisan saya kalau miskin infografis jangan harap jadi juara.

Sedangkan untuk membuat infografis yang bagus bukanlah perkara yang mudah apalagi bagi bloger seperti saya yang  basicnya bukan dari desain grafis.Jika saya harus belajar dari nol untuk membuat infografis bisa-bisa waktu saya hanya tersita untuk belajar infografis.

Pendapat saya ini berdasarkan persyaratan dari lomba blog itu sendiri yang saya ikuti yakni hanya membolehkan menulis maksimal 500 kata.Artikel dengan jumlah kata sebanyak itu bukanlah artikel yang panjang sehingga peserta hanya bisa menulis poin-poin yang penting sesuai dengan tema yang ditetapkan berbeda jika panjang artikelnya tidak dibatasi tentu yang semakin  lengkap semakin bagus.

Jika penilaiannya hanya pada artikel saya pikir sulit dewan juri untuk menentukan siapa juaranya walaupun itu keputusan sepenuhnya menjadi hak dewan juri yang tidak bisai diganggu gugat.

2.Lomba blog cukup menyita waktu karena saya harus mencari referensi untuk membuat atikel sesuai dengan tema yang  telah ditetapkan.Tanpa referensi rasanya sulit untuk membuat artikel yang  berkualitas kecuali kalau saya menguasai tema tersebut.Alhasil blog-blog saya jadi terbengkalai hanya karena ikut lomba blog.

3.Saya harus fokus pada salah satu cara mencari uang dinternet jika memang mau fokus ke adsense resikonya harus rajin menulis artikel,jika saya ikut lomba blog jadwal update artikel sayapun jadi berantakan apalagi saya memiliki 5 blog yang harus diurus.

Saya lebih memilih fokus ke adsese saja dengan kembali aktif menulis artikel meskipun BPK Adsense sedang rendah.Dengan kembali rajin menulis artikel selain dari adsense peluang mendapatkan uang dari sponsored postpun terbuka lebar.

Jika saya ingin mencari sumber penghasilan lain saya bisa melirik youtube karena caranya lebih mudah dibandingkan ikut lomba blog terbukti saya masih bisa membuat beberapa video disela-sela menulis artikel bahkan terkadang keduanya saling mendukung.

4.Masing-masing bloger memiliki kelebihan salah satunya mereka yang sering juara lomba blog wajar jika mereka rajin ikut lomba blog sedangkan saya yang lebih menghasilkan untuk saat ini adalah adsense,lebih baik saya memfokuskan ke hal-hal yang benar-benar menghasilkan uang walaupun belum banyak dari pada ikut lomba blog yang belum tentu hasilnya.

Apapun penilaian anda terhadap tulisan ini yang paling penting saya tidak ingin menjadi pecundang lomba blog selamanya!  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar