3 Langkah Mudah Membuat Blog Wordpress Self Hosted

3 Langkah Mudah Membuat Blog Wordpress Self Hosted

DWISU.WEB.ID,3 Langkah Mudah Membuat Blog Wordpress Self Hosted-Banyak manfaat dari sebuah blog mulai dari digunakan untuk keperluan pribadi sampai untuk bisnis sehingga banyak kalangan yang tertarik untuk memiliki blog.Bagi yang ingin serius membuat blog untuk dijadikan bisnis atau mencari penghasilan internet tentunya blog gratisan bukan pilihan yang tepat untuk jangka panjang.

Membuat Blog Wordpress

Saat ini tidak sulit untuk membuat blog tanpa perlu menguasai pemograman internet karena sudah ada apalikasi blog dimana pengguna cukup mendaftar menggunakan email misalnya ke blogger(.)com atau Wordpress(.)com kemudian dengan satu langkah bisa membuat sebuah blog dan mengisinya dengan artikel .

Baca juga : 5 Keuntungan Membuat Blog Wordpress dari sisi Bisnis

Sayangnya Meski Mudah namun fiturnya sangat terbatas karena memang tidak berbayar alias gratis mulai dari domainnya hingga penyimpanan filenya atau hosting terutama dari sisi kontrolnya yang terbatas karena sewaktu-waktu bisa disuspend.Bayangkan jika anda sudah capek-capek membuat artikel kemudian mempromosikannya sehingga menjadi ramai pengunjungnya tiba-tiba blog anda hilang dari peredaran gara gara disuspend(Dihapus).

Lalu bagaimana solusinya dong biar blog bisa terus eksis tanpa kendala? Solusi terbaik salah satunya dengan membuat blog Wordpress Self Hosted.Kenapa demikian karena blog wordpress self hosted menggunakan domain dan hosting berbayar sehingga bisa dikatakan milik sendiri asalkan anda selalu membayar perpanjangan domain dan hostingnya maka blog tersebut milik anda.

Pertanyaannya Apakah Mudah membuat blog Wordpress Self Hosted? Banyak yang mengira kalau membuat blog wordpress itu sulit padahal menurut pengalaman saya membuat blog Infopojok(.)com ternyata relatif mudah meski saya baru pertama kali membuat wordpress self hosted.Sulit karena belum praktek atau mencobanya sendiri atau hanya membaca tutorialnya yang tentu kelihatannya “njlimet”(Rumit).

Nah…Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi 3 langkah mudah membuat blog wordpress self hosted.Berikut ini tutorial selengkapnya.

3 Langkah Mudah Membuat Blog Wordpress Self Hosted


1.Belilah Domain
Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum membuat blog wordpress self hosted adalah membeli domain karena itulah identitas blog anda.Carilah domain yang ”Menjual” sehinga lebih mudah dikenali diinternet.Sesuaikan dengan topik blog yang akan anda buat sehingga bisa mencerminkan isi dari blog anda sebagai contoh jika Anda ingin membuat blog bisnis setidaknya ada kata bisnisnya atau berhubungan dengan usaha seperti yukbisnis(.) com,dokterbisnis(.)net,bisnisukm(.)com,eksisbisnis(.)com,siapbisnis(.)com,peluangbisnis(.)id,pengusahamuslim(.)com,usahasampinan(.)co.id dll

Jika anda ingin memperkuat personal branding bisa menggunakan nama anda sebagai  domain anda seperti blog ini,DWISU (Singkatan dari Dwi Sugiarto) namun jika rencananya akan membuat blog multi topik (gado-gado) buatlah nama domain yang unik seperti situs-situs besar Hipwee,jalantikus,Malesbanget dan lain-lain.

Kemana harus membeli domain? Mudah kok karena banyak registar terpercaya di Indonesia seperti IDWebhost,Domosquare,Rumahweb,Jagoanhosting,Niagahoster,Domainesia,Masterweb.Jangan tergiur harga murah jika registarnya tidak jelas karena bisa saja proses perpanjangannya susah.

Baca Juga : 5 Kelebihan Domain web id untuk blog 

2.Berlangganan Hosting



Seperti yang sudah saya sebut diawal hosting merupakan tempat penyimpanan file-file blog yang nantinya tampil di internet seperti artikel, gambar, themes, Plug in jadi jika akan membuat blog wordpress self hosted harus memiliki hosting yang memadai.Kapasitas hosting di ukur dengan MegaByte semakin besar kapasitasnya maka hosting tersebut akan mampu menampung banyak file dan harganya juga semakin mahal.

Jika anda masih pemula saya sarankan untuk berlangganan paket hosting dengan kapasitas terkecil dulu,kenapa demikian karena untuk mengemat budget dan tentunya anda tidak akan langsung menerbitkan banyak artikel bukan? Berdasarkan pengalaman saya kapasitas hosting 200 MB sudah mencukupi untuk membuat blog baru, bagaimana jika dalam perjalanannya kurang? Gampang,tinggal upgrade paket hostingnya saja tentu dengan menambah bayarannya.

Sebagai contoh saya sendiri ketika pertama kali membangun blog infopojok berlangganan hosting yang 200 MB kemudian setelah jumlah artikel mencapai 100 biji saya upgrade menjadi 500 MB dan masih berlangsung hingga sekarang.

Kemana berlangganan hostingnya? Sama seperti anda mendapatkan domain jadi biasanya registar selain menjual domain juga menyewakan hosting yang dibayar pertahun bisa juga per bulan.Jika anda ingin berlangganan hosting seperti yang saya pakai anda bisa ke Domosquare(.)com.Mungkin Anda akan bertanya bolehkah membeli domain dan hostingnya ditempat yang berbeda? misalnya saya beli domain di IDWebhost lalu beli hostingnya di Domosquare.Tentu bisa hanya saja anda harus menghubungkan domainnya kehosting.Saran saya lebih baik berlangganan dalam satu tempat sehingga lebih mudah memanagenya.

Mahalkan harga domain dan hosting? Relatif menurut saya misalnya jika anda menggunakan domain web id dan hosting dengan kapasitas 200 MB maka anda cukup membayar Rp.55.000+ Rp.84.000= Rp.139.000 per tahun.Murah Bukan?

Baca juga : Membuat Blog Wordpress Self Hosting Ternyata Murah

3.Install Wordpress
Setelah anda memilki domain  dan hosting langkah selanjutanya yang paling utama adalah menginstall CMS wordpress.org ( Ingat bukan wordpress(.)com ) dimana nantinya blog akan dibangun dengan CMS tersebut.Caranya sebagai berikut:

1.Kunjungi C panel Hosting
Untuk mengetahui URL c panel hosting anda bisa melihat email yang dikirimkan oleh penyedia hosting sesaat setelah pelunasan pembayaran tagihan dan biasanya anda akan mendapatkan URL untuk log in,username dan passwordnya

2.Cari Menu SOFTWARE klik Softacolous Apps Installer
3.Pilih Wordpress-Klik Install



4.Setting Wordpress



Software Setup
Chose protocol silahkan pilih http(:)// , http(:)//www. , https(:)//  , https(:)//www. Kalau saya memilih http://

Chose Domain : Pilih domain anda
In Directory : Kosongkan Saja

Site Setting
Site Nama : Judul Blog Anda misalnya Cetakan7
Site Description :  Isi deskripsi blog anda misalnya Jual Cetakan Martabak Mini Happy Call

Admin Account
Admin User Name : Buat user name untuk log in ke Wp Admin default Admin sebaiknya diganti dengan yang unik sehingga tidak mudah ditebak.

Password  : Buat Passwordnya juga sebaiknya yang kuat atau kombinasi huruf angka dan karakter

Admin email : Isi dengan email anda
Chose Language : Pilih Indonesia
Select themes : Pilih salah satu Themes (Bisa diganti lagi kemudian)

5.Klik Install dan setelah sukses diinstall di domain, anda akan mendaptakan URL Administrative contohnya http(:)//cetakan7.web.id/wp-admin/  Silahkan Masuk untuk masuk ke dashboard wordpress Admin.

Dengan Melakukan 3 langkah diatas anda sudah memiliki blog wordpressSelf Hosted langkah selanjutnya tinggal melakukan beberapa settingan,Install Plug in yang diperlukan kemudian posting,Gimana Mudah bukan?

Demikianlah Tutorilal Wordpress 1 seputar 3 Langkah Mudah Membuat Blog Wordpress Self Hosted Semoga Bermanfaat ! Nantikan Tutorial Wordpress berikutnya hanya di DWISU WEBID.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam