--> Skip to main content

5 Kelebihan Domain Web Id Untuk Blog

DWISU.WEB.ID,5 Kelebihan Domain Web Id Untuk Blog-Manakah yang akan anda pilih antara domain dot com atau Web Id untuk blog anda? Saya yakin anda akan lebih memilih domain dot com.Pilihan anda tidak salah memang karena domain tersebut lebih populer dibandingkan domain web id.Namun apakah dengan demikian domain web id kurang layak untuk digunakan dalam membangun sebuah blog?

Domain Web id
Kelebihan domain web id
Jujur saja selama ini saya selalu menggunakan domain dot com bahkan kalau dihitung-hitung saya sudah 4 kali membeli domain tersebut.Bagi seorang blogger yang menggunakan blog untuk mendapatkan penghasilan(Money Blogging) blog merupakan aset yang berharga atau bisa dibilang investasi makanya supaya investasinya aman blogger profesional lebih memilih menggunakan domain dot com atau gTLD lainnya seperti Net atau Org.

Investasi blog berdomain TLD memang menguntungkan namun harus dibayar dengan harga yang mahal sebuah domain dot com saja harganya mencapai Rp.120.000/Tahun.Bagi blogger pemula seperti saya yang belum mampu menghasilkan banyak uang dari blog harga sebesar itu cukup memberatkan apalagi jika jumlahnya lebih dari satu tapi bagi blogger profesional yang penghasilannya ribuan dolar perbulan harga sebesar itu bukanlah masalah.

Saat ini saya memiliki 3 domain berekstensi dot com sedangkan penghasilan saya dari blog belum seberapa
makanya ketika domain mau jatuh tempo saya kelabakan apalagi ada salah satu blog saya yang menggunakan hosting berbayar.Tadinya sih mau memperbanyak blog dengan domain dot com tapi takut nggak kebayar perpanjangannya.
Baca juga : Mas Dwi Blog Ganti Domain Baru Dwisu Web ID

Selama 5 tahun Ngeblog saya punya keinginan untuk memiliki domain Indonesia namun karena saya hanya mewakili pribadi/perorangan domain yang paling cocok adalah dot ID dan Web ID.Barulah awal tahun ini keinginan itu terwujud dengan onlinenya www.dwisu.web.id ke dunia maya.Kenapa lebih memilih Domain Web ID? Asal tahu saja meskipun domin Web ID masih kalah populer dibandingkan domain dot com atau gTLD lainnya ternyata domain ini memiliki beberapa kelebihan.

5 Kelebihan Domain Web ID untuk Blog

1.Harganya Lebih Murah
Cukup merogoh kocek Rp.55.000 anda sudah bisa mendapatkan domain Web ID untuk 1 tahun,Murah Bukan? Memang sih ada persyaratannya yaitu scan KTP tapi menurut saya syaratnya tidak memberatkan.Masalahnya cuma kadang mungkin anda masih ragu-ragu untuk memberikan data KTP takut disalah gunakan.Kenapa harus ragu? Beli kartu perdana handphone saja mengaktifkannya menggunakan data KTP.

2.Akses Blog Lebih Cepat
Secara teori karena domain web ID menggunakan server dari dalam negeri akses untuk membuka blog jadi lebih cepat dibandingkan dengan jika servernya dari laur negeri.Itulah mengapa domain Indonesia seperti Web Id sangat cocok jika target pengunjungnya Indonesia apalagi jika blog tersebut akan digunakan untuk jual produk.Selain itu domain Web Id termasuk ccTLD dimana domain TLD hasil pencariannya lebih diutamakan mesin pencari sehingga peringkatnya lebih cepat naik.

3.Fitur Manajemen Domain sama
Meskipun harganya murah bukan berarti fiturnya kurang lengkap karena ternyata sama jika dibandingkan dengan manajemen domain pada umumnya ada pengaturan DNS atau nameserver sehingga bisa digunakan untuk custom domain dari blogspot atau menggunakan hosting berbayar(Blog Wordpress).Saya sudah membuktikan sendiri kebetulan saya memiliki domain dot com dan Web ID yang saya dapatkan dari penyedia domain yang sama yaitu IDWEBHOST.

4.Kepercayaan Publik Semakin Besar.
Seperti anda ketahui untuk mendapatkan domain Web ID bukanlah orang sembarangan karena harus menunjukkan identitas yang jelas yaitu KTP sehingga pemiliknya bisa dipertanggung jawabkan dengan demikian kecil kemungkinan untuk melakukan kejahatan atau menyebarkan informasi yang tidak benar(Hoax).Dengan memiliki domain Web ID secara tidak langsung akan menambah kepercayaan publik (Personal Branding).Hal ini tentunya akan bermanfaat jika blog anda akan digunakan untuk menawarkan jasa atau menjual produk.

5.Mendapatkan Dukungan dari Pemerintah
Pemerintah Indoensia melalui Kemenkominfo berencana untuk mendorong pengguna internet di Indonesia menggunakan domain ID bahkan pada tahun 2015 pemerintah mewacanakan pengadaan satu juta domain Web ID bahkan Menkominfo mengatakan siap menggelontorkan dana 50 milyar untuk program tersebut.Terbukti ditahun 2016 yang lalu beberapa penyedia domain menggratiskan domain ID atau diskon besar bahkan diawal tahun 2017 saya masih menjumpai pendaftaran domain my.id gratis dan Diskon besar untuk pembelian domain dot ID serta perpanjangannya.

Demikianlah informasi seputar 5 Kelebihan Domain Web ID untuk Blog Mudah-mudahan bermanfaat
Terima kasih Atas Kunjungannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar