4 Arti Penting Stok Produk Pada Toko Online

4 Arti Penting Stok Produk Pada Toko Online

DWISU.WEB.ID,4 Arti Penting Stok Produk Pada Toko Online-Pernah dengar penyataan kalau jualan online tidak harus punya stok produk? Faktanya memang benar adanya karena pada jualan online memungkinkan hal tersebut yaitu dengan adanya sistem Dropship. Pemilik toko online bisa menjual barang meskipun tidak memilki stok produk dan jika ada pembeli yang melakukan pembayaran barulah pesanan diteruskan kesuplier.

Cetakan Martabak Mini

Ada Pertanyaan menarik Bagaimana jika pembeli ingin mendatangi lokasi toko online tersebut sedangkan dropshipper tidak memiliki stok produk? Atau pembeli menanyakan stok yang ada?. Jika pemilik toko online tidak menghiraukan calon pembeli ini tentu sebuah kerugian dimana sudah capek-capek mendatangkan pembeli tapi tidak dimaksimalkan.

Kejadian semacam ini betul-betul saya alami sendiri kebetulan saya sedang merintis toko onine dengan sistem dropship sejak sebulan yang lalu.Saya beberapa kali dihubungi calon pembeli yang menayakan lokasi tokonya dimana.Hal ini wajar saja terjadi mungkin pembeli ingin melihat-lihat dulu produknya atau belanja langsung.Dengan berat hati akhirnya saya menginformasikan kepada calon pembeli kalau saat ini hanya melayani pemesanan secara online.

Baca juga :
10 Alasan Kenapa Memilih Bisnis Online
Bisnis Online yang Saya Tekuni
Adsense Lesu Saatnya Melirik Bisnis Toko Online

Dari kejadian ini saya bisa menyimpulkan bahkwa memilki stok produk meskipun hanya 1 buah dalam bisnis toko online( E-commerce ) sangat penting karena memilki beberapa manfaat :

1.Menambah kepercayaan pembeli
Dengan memiliki stok produk pembeli akan semakin percaya kalau toko online anda benar-benar terpercaya bukan bermodal Katalog saja. Apalagi saat ini masih marak terjadi penipuan jual beli secara online. Untuk membuktikan kalau anda benar-benar memiliki stok produk anda bisa menampilkan gambar produk anda hasil jepretan kamera sendiri sehingga lebih meyakinkan. Hindari mengambil gambar dari internet meskipun dari supplier langsung karena nantinya gambarnya tidak unik.

2.Anda lebih mudah mengetahui kualitas produk
Dengan memiliki stok produk tentunya anda akan lebih mudah mengetahui kualitas produk yang anda jual secara detail khususnya kelebihan-kelebihannya. Hal ini akan berguna saat anda membuat copywriting untuk web landing page atau reviewnya.

3.Anda lebih mudah mendeskripsikan produknya
Tidak selamanya pembeli akan memahami deskripsi produk sepenuhnya karena tidak melihat/kontak secara langsung sehingga masih menimbulkan pertanyaan. Dengan Memiliki stok produk tentunya anda akan lebih mudah menjawab pertanyaan dari calon pembeli.Contohlah situs marketplace besar seperti Tokopedia atau Bukalapak yang menyediakan ruang untuk mengajukan pertanyaan sehingga calon pembeli bisa bertanya langsung ke pelapak.

Selain itu anda juga bisa mengambil gambarnya secara langsung sehingga gambarnya unik yang nantinya bisa anda cantumkan ke web toko online anda atau kesosial media dan anda juga bisa membuat Videonya untuk promosi produk anda.

4.Mengakomodasi Pembeli lokal
Meskipun jualan secara online tidak menutup kemungkinan pembelinya berada satu wilayah atau kelurahan sehingga bisa saja pembeli melakukan transaksi langsung atau mendatangi lokasi toko. Dengan memilki stok produk anda bisa mengakomodasi pembeli lokal dan Hal ini tentu lebih menguntungkan karena anda tidak perlu repot-repot menggunakan jasa kurir.

Demikianlah informasi bisnis seputar 4 Arti Penting Stok Produk Pada Toko Online Semoga Membantu Bisnis Anda dan Sukses untuk Anda!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam