Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula

DWISU.WEB.ID,Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula- Apakah Anda Sudah memiliki blog tapi tak kunjung menghasilkan uang? Adsense selalu ditolak. Jangan mudah menyerah karena menghasilkan uang dari blog itu bukan hanya dari adsense dan tetap menjanjikan. Syaratnya mudah kok yang penting anda konsiten dalam mengelola blog jangan angin-anginan atau seenaknya sendiri.

Cara Membuat Blog

Cara membuat blog yang menghasilkan bagi pemula tidak bisa dilakukan secara instan bukan dalam hitungan bulan bisa jadi setelah blog umur setahun baru bisa menghasilkan. Inilah yang terkadang membuat sebagian bloger tidak sabar sehingga ujung-ujungnya memutuskan berhenti ngeblog atau membiarkannya begitu saja(Terbengkalai). Jika menggunakan blog gratisan mungkin bukan masalah meskipun sebenarnya rugi juga karena sudah capek-capek menulis artikel. Bagaimana jika menggunakan domain atau hosting berbayar tak sedikit yang akhirnya ketika perpanjangan domain tersebut tidak diperpanjang.

Lalu Bagaimana Cara membuat Blog yang menghasilkan uang untuk pemula? Nah…inilah yang akan saya coba diskusikan disini. Izinkan saya yang masih pemula ini berbagi tips dari A-Z dalam membangun blog yang bisa menghasilkan uang meskipun anda masih pemula seperti saya. Hal ini berdasarkan pengalaman saya mengelola 3 Blog TLD yang Alhamdulillah sudah menghasilkan uang meskipun tidak besar namun lumayan lah bisa buat beli beras 1 karung.

Step by Step Cara Membuat Blog yang menghasilkan uang untuk pemula


1.Belilah Domain berbayar TLD
Jika Anda ingin memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang dalam jangka panjang saya sarankan menggunakan domain TLD seperti Com, Org, Net, Id dan lain-lain. Menurut saya lebih bagus jika menggunakan domain dot com karena lebih populer.

Kenapa harus domain TLD bukan gratisan? Karena nantinya blog tersebut akan anda gunakan untuk bisnis job review atau content placement. Berdasarkan pengalaman saya lebih mudah mendapatkan uang dari job review dari pada Adsense. Sebagai gambaran blog ini sudah berumur setahun tapi penghasilan dari adsense masih minim tapi dengan Job review penghasilannya sudah melebihi adsense.

Jika umur domain semakin tua maka peluang mendapatkan job review akan semakin besar namun tergantung seberapa keaktifan update artikel , keunikan artikel serta jenis blognya.

2.Pilhlah Jenis Blog yang Tepat
Salah satu kunci kesuksesan menglola blog adalah postimg secara teratur sehingga blog tampak hidup apalagi jika frekuensinya sering. Hal ini sulit terwujud jika pemilihan jenis blognya kurang tepat. Pada dasarnya ada 2 jenis blog yaitu blog multi topic (Gado-gado) dan blog satu topic (Niche Blog).

Jika anda ingin membuat blog yang menghasilkan uang saya sarankan membuat blog gado-gado karena anda akan mudah menulis artikelnya karena anda bisa menulis apa saja namun demikian saya sarankan untuk tidak menulis artikel lebay atau lebih banyak menulis artikel yang bersifat pribadi. Tujuannya agar target pengunjungnya beragam sehingga lebih disukai advertiser. Nantinya blog anda akan dilihat advertiser/broker pemberi job review jika artikelnya menarik dan unik peluang mendapatkan job review akan semakin besar.

Bagaimana kalau saya ingin membuat blog niche? Boleh saja tapi setelah anda sukses mengelola blog gado-gado baru anda membuat blog lagi. Ini berdasarkan pengalaman saya dimana job review yang datang lebih banyak keblog gado-gado sedangkan keblog niche( Bisnis) lebih sedikit. Hal yang paling menyenangkan bagi saya adalah jika mendapatkan 3 job sekaligus untuk blog yang berbeda

3.Isi dengan konten orisinil secara teratur
Satu tahun pertama merupakan masa-masa krusial bagi perkembangan sebuah blog untuk itu perlu konsisten menulis artikel semakin banyak semakin bagus apalagi jika bisa 1 artikel per hari. Rajinlah berpromosi agar brandingnya semakin populer di internet.

Isilah blog dengan artikel-atikel yang bermanfaat seperti artikel How To, Definisi perbandingan dan lain-lain sehingga lebih mudah mendapatkan trafik organic dari mesin pencari. Perbanyak kategori yang banyak disukai pengunjung seperti kesehatan, bisnis, traveling dan lain-lain namun saran saya ambil kategori yang anda mampu utnk menulisnya atau setidaknya sudah mengerti topiknya. Hindari memilih kategori-kategori yang sama sekali belum mengerti.

Saran saya pilihlah kategori-kategori yang sesuai dengan bakat dan minat anda seperti saya memilih kategori bisnis, elektronika, audio ,teknologi. Bagaimana dengan topik seputar blogging? Bagus sih menurut saya karena anda bisa produktif menulis artikel sehingga nantinya bisa mendongkrak peringkat blog.

4.Manfaatkan blog untuk Job review
Setelah blog kaya akan artikel, trafik organik sudah berdatangan serta peringkat blog (DA) sudah mencapai angka minimal 15 anda bisa mulai mencoba memanfaatkan blog untuk bisnis Job review. 

Kenapa harus Job review tidak bergabung ke adsense saja? Boleh-boleh saja anda mendaftarkan blog anda ke adsense siapa tahu mujur bisa langsung diterima tapi resiko penolakan tetap ada dan jangan sampai anda malah dibuat sibuk agar bisa diterima adsense sehingga lupa tugas anda sebagai bloger untuk menulis artikel.

Meskipun anda mujur langsung diterima adsense tidak serta merta anda akan mendapatkan penghasilan yang besar karena adsense sangat tergantung dari trafik apalagi blog jenis gado-gado penghasilannya relatif kecil sebagai contoh trafik 1000 / hari penghasilannya tak sampai $1.

Job review menurut saya cara cepat untuk menghasilkan uang dari blog dan kelebihannya bisa anda padukan dengan adsense jadi dapatnya dobel. Jika blog anda sudah dikenal broker job review cepat atau lambat anda akan mendapatkan job review pertama anda dan bayarannya lumayan loh minimal Rp.50.000 / artikel . Bayaran ini bisa 2 kali lipat jika artikelnya berupa review brand tertentu yang ditulis sendiri.

Baca juga :

5.Bergabung Bersama Iblogmarket
Jika anda pemain baru Job review tentunya blog anda belum dikenal broker atau advertiser jadi peluang mendapatkan job reviewnya masih kecil kecuali branding anda kuat atau blognya trafiknya tinggi mungkin saja anda akan dihubungi oleh broker namun jika blog anda biasa-biasa saja anda perlu pihak ketiga yang bisa mempertemukan broker (Advertiser) dan Bloger.

Salah satunya adalah Iblogmarket com sebuah platform marketing influencer digital. Anda bisa bergabung disana dan mendaftarkan blog anda sebagai aset nantinya jika anda job review, Iblogmarket akan menampilkannya dithread jika beminat atau memenuhi syarat silahkan Join jika blog anda terpilih maka anda akan mendapatkan job review tersebut yang bayarannya cukup lumayan rata-rata Rp.100.000/ artikel.

6.Bergabung di Grup Job Untuk Blogger
Anda bisa juga bergabung di grup facebook Job untuk Blogger karena tak jarang ada tawaran job review dengan syarat dan bayaran tertentu tapi berdasarkan pengalaman saya bayaran terendah Rp.50.000. Jika anda masih pemula dan peringkat blog masih dibawah 20 saya sarankan untuk tidak pilah-pilih job yang ada silahkan ikuti/daftar disemua job yang memenuhi syarat baik yang ditulis sendiri atau sudah disediakan. Hilangkan pikiran untuk jual mahal blog anda karena justru akan merugikan anda sendiri.

Hal ini bertujuan agar nama ada semakin dikenal dikalangan broker dan bisa secepatnya mendapatkan job pertama. Jika anda pernah mendapatakan job review apalagi dari brand-brand besar seperti traveloka, bukalapak atau tokopedia blog anda akan semakin dipercaya untuk menerima Job review.

Berdasarkan pengalaman, saya bisa mendapatkan job review dari broker yang sama jadi berkelanjutan tidak hanya menerima satu job selanjutnya selesai bahkan saya pernah menerima 4 job review berturut-turut dari seorang broker.

7.Menjalin komunikasi sesama blogger
Ada cara lain agar anda bisa mendaptakan job yaita dengan menghubungi langsung broker/advertiser namun rasanya sulit untuk melakukannya jika anda tidak mengetahui kontak advertiser untuk itulah anda harus mencari informasi melalui teman sesama blogger yang  sudah menerima job karena biasanya penawaran dilakukan melaui email.

Setelah anda mengetahui alamat email silahkan kirimkan lamaran/penawaran kerja sama. Tulislah dengan bahasa yang menarik dan disertai data-data blog anda seperti Nama, peringkat atau topik blog. Kirimkan sebanyak-banyaknya alamat email yang berbeda. Jika anda beruntung anda akan mendapatkan balasan dan mendapatkan job review.

Itulah mengapa anda harus menjalin persahabatan dengan sesama bloger baik melalui blogwalking atau bergabung digrup-grup bloger atau bila perlu kopi darat.

Jika sampai detik ini anda belum pernah mendapatkan job review jangan putus asa silahkan perbaiki performa blog anda dengan memperbanyak posting, memperindah tampilan blog. Yakinlah jika suatu saat mendapatkan job pertama anda maka akan disusul job-job review berikutnya. 

Demikianlah informasi seputar cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula Semoga bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam