Dinamo Pompa air tidak berputar/Lemah, Ganti Baru atau Diperbaiki?

Dinamo Pompa air tidak berputar/Lemah, Ganti Baru atau Diperbaiki?

DWISU.WEB.ID,Dinamo Pompa air tidak berputar/Lemah, Ganti Baru atau Diperbaiki?-Mesin Pompa air listrik merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang perannya cukup vital terutama didaerah perkotaan karena sebagian besar menggunakan sumur bor sehingga harus disedot dengan mesin pompa air listrik. Umumnya mesin pompa air listrik buatan pabrik seperti Sanyo, Panasonic, Shimizu relatif awet namun jika penggunaannya berlebihan atau tidak sesuai prosedur atau penempatannya kurang tepat akan menyebabkan mesin pompa air listrik cepat rusak.

Dinamo Pompa air tidak berputar/Lemah

Kerusakan terparah pada mesin pompa air listrik adalah jika sampai  dinamo/gulungan/motor listrik tidak berfungsi dengan normal seperti lemah ,panas berlebihan atau terbakar karena mau tidak mau cara memperbaikinya adalah mengganti dinamo atau gulung baru. Karena dinamo merupakan komponen utama pompa air listrik harga atau biaya reparasinya menjadi mahal. Inilah yang terkadang menjadi dilema bila dinamo pompa air tidak berputar atau rusak antara ganti baru atau diperbaiki.

Penyebab Utama Dinamo Pompa Air rusak

1.Panas yang berlebihan atau diatas ambang panas normal penyebabnya antara lain motor terlalu berkerja keras, terlalu sering menghidup matikan (Jika rumah tidak memiliki tandon air), Kipas pendingin rusak, badan mesin pompa air kotor atau berkarat.
2.Penempatannya ditempat yang lembab sehingga badan mesin pompa air cepat berkarat dan merembet kedinamo.
3.Sering terkena air /terendam sehingga badan pompa air menjadi lembab , akibatnya menjadi berkarat.
4.Kerusakan pada bagian bearing, stator/rotor yang berkarat.
5.Tegangan listrik yang tidak stabil.

Beberapa hari yang lalu mesin pompa air listrik saya bermasalah gejalanya bunyi putarannya menjadi lemah, daya sedotnya juga lemah dan terlalu panas. Buru-Buru saya mencari tukang reparasi mesin pompa air listrik. Alangkah kagetnya saya dari 2 orang teknisi yang saya hubungi semuanya minta ongkos yang menurut saya terlalu mahal, satu teknisi meminta ongkos perbaikan Rp.300.000 sedang satunya lagi Rp.300.000.

Saya juga heran kenapa ongkosnya bisa semahal itu padahal dulu saya pernah juga punya mesin pompa air listrik semi Jetpump dengan kerusakan pada dinamonya sekitar tahun 2016 tapi dibawa ketukang reparasi untuk ganti dinamo/gulungan ongkosnya Cuma Rp.100.000. Dirumah yang sekarang jarang sekali saya menjumpai tukang reparasi yang khusus mesin pompa air kebanyakan campur dengan mesin cuci dan mesin pendingin ruangan AC. Dari pengamatan saya jarang sekali jasa reparasi tersebut menyediakan suku cadang mesin cuci listrik. Mungkin ini yang menyebabkan ongkosnya jadi mahal.

Untungnya setelah saya mencari-cari akhirnya bertemu dengan tukang reparasi khusus mesin pompa air listrik seperti yang saya sebut diatas. Dikios tukang reparasi tersebut banyak saya jumpai mesin pompa bekas dan spart partnya. Langsung saya perbaiki ditempat itu dan ongkosnya Rp.150.000. Bedanya sungguh jauh dibandingkan dengan tarif tukang reparasi yang saya hubungi sebelumnya.

Berdasarkan pengalaman saya ini ada sebuah Pertanyaan yang cukup menggelitik dibenak saya jika dinamo pompa air tidak berputar/lemah lebih baik ganti baru atau diperbaiki saja? Jujur saja sebenarnya saya cenderung memilih beli mesin pompa yang baru karena meskipun harganya 2 kali lipat dari ongkos reparasinya tapi dengan membeli mesin pompa yang baru kualitasnya lebih terjamin karena ada garansinya.

Namun karena saya belum memiliki dana yang cukup untuk memboyong mesin pompa air yang harganya kurang lebih Rp.400.000 dengan tipe yang sama, saya lebih memilih memperbaiki karena mesin pompa air harus buru-buru diperbaiki karena jika tidak stok airbersih dirumah saya akan habis. Meski demikian saya memiliki beberapa pertimbangan kenapa lebih memilih mereparasi dinamo pompa air :

1.Ongkos perbaikan tidak mahal dalam pengertian masih jauh dari harga sebuah mesin pompa air listrik baru. Jika saya memilih mereparasi ketukang reparasi yang  pertama kali saya hubungi tentunya saya rugi karena minta ongkosnya Rp.350.000. Ongkos sebesar itu tinggal menambah Rp.50.000 bisa beli yang baru.
2.Pengganti dinamo pompa air yang tidak berputar merupakan dinamo yang berkualitas karena ganti satu blok beserta badan tempat menempel Dinamonya (Stator).
3.Ada garansi dari tukang reparasinya.

Kesimpulannya Jika Dinamo Pompa Air tidak berputar/lemah sehingga mengharuskan ganti dengan dinamo baru (Gulungan baru) lebih baik beli yang baru khususnya jika ongkos perbaikannya bisa separuh bahkan lebih dari harga mesin pompa baru itu saja kalau ketemu tukang reparasi yang murah. Namun jika anda belum memungkinkan untuk beli yang baru saya sarankan mencari tukang reparasi yang  memang khusus memperbaiki mesin pompa air listrik karena bisa saja mendapatkan spart part yang cocok  dan berkualitas. Jangan lupa cari yang bergaransi.      
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam