Ini Dia Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Rumah Anda

Ini Dia Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Rumah Anda

Padatnya aktivitas bekerja terkadang membuat banyak orang harus kerap meninggalkan rumah. Adanya pertemuan di luar kota serta beragam agenda penting lainnya juga terkadang membuat seseorang lupa untuk mengurus kebutuhan rumah tangga. Salah satu yang kerap terlupakan adalah pembayaran tagihan listrik.

Tanpa disadari, waktu pembayaran sudah tiba. Padahal, di rumah sedang tidak ada orang. Sementara itu, durasi pembayaran hanya dibatasi beberapa hari. Jika terlambat, tentu akan dikenai denda. Jika ditunda lagi, risikonya adalah pencabutan sambungan sementara. Lalu, harus bagaimana?

Cek Tagihan Listrik secara Online


Cek Tagihan Listrik - 1mobile.com

Apabila menghadapi hal yang demikian, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, pengecekan tagihan listrik saat ini sudah bisa dilakukan secara online.

Salah satu situs online yang cukup populer dipakai untuk mengecek tagihan listrik adalah Traveloka. Di sana sudah ada fitur khusus untuk melihat besarnya tagihan listrik pelanggan PLN.

Caranya adalah dengan memasukkan ID pelanggan PLN, kemudian tinggal mengikuti langkah berikutnya. Dengan mengetahui tagihan listrik Anda setiap bulan, Anda pun tetap bisa tenang, meskipun sedang berada jauh dari rumah.

Pembayaran Tagihan Listrik Online

Listrik - pixabay.com

Setelah jumlah tagihan listrik diketahui, hal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembayaran. Biaya yang perlu Anda keluarkan adalah sebesar jumlah tagihan yang tertera pada informasi tagihan listrik.

Di situs atau aplikasi cek tagihan listrik online, seperti Traveloka, pelanggan PLN bisa melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah. Pasalnya, metode transaksi yang tersedia cukup beragam dengan pilihan bank yang cukup banyak. Jadi, Anda pun bisa menyesuaikan akun rekening Anda dengan yang tersedia di sana supaya tidak terkena potongan biaya transfer.

Segera setelah transaksi pembayaran tagihan listrik berhasil, Anda pun akan mendapatkan notifikasi melalui email, SMS, dan pesan di aplikasi. Notifikasi yang berupa bukti pembayaran tersebut pun akan tersimpan dan aman sehingga tidak mudah hilang.

Keuntungan Mengecek dan Membayar Tagihan Listrik secara Online
Apabila dibandingkan dengan cara manual atau konvensional, mengecek dan membayar tagihan listrik secara online tentu lebih bisa memberikan banyak keuntungan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1.Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Hemat - pixabay.com

Beberapa tahun yang lalu, saat ingin melihat besarnya tagihan listrik, pelanggan PLN harus datang dan rela mengantre di unit PLN terdekat. Tentu saja, hal itu akan menguras waktu dan tenaga.

Dengan melakukan pengecekan dan pembayaran secara online, pelanggan tidak perlu lagi mengantre dan menghabiskan waktu lama. Sebab, mereka bisa melakukan pembayaran hanya melalui ponsel pintar. Dalam waktu yang relatif singkat, tagihan listrik pun terbayar lunas.

2.Lebih Praktis


Praktis - pixabay.com

Saat membayar tagihan listrik dengan cara manual, pelanggan kerap harus menyiapkan uang pas. Jika tidak ada, terkadang mereka harus pergi sebentar untuk menukarkan uang, lalu kembali ke loket antrean. Hal itu tentu bisa melelahkan.

Sementara itu, melalui cara bayar online, pelanggan tidak perlu lagi kesulitan menyiapkan uang pas. Dengan metode transfer melalui rekening atau ATM, uang yang dikeluarkan akan otomatis disesuaikan dengan nominal tagihan hingga digit angka terkecil.

3.Lebih Aman

 Lebih Aman - pixabay.com

Membawa uang tunai ke lokasi antrean loket PLN terkadang bisa membahayakan. Apabila kurang hati-hati, uang bisa terjatuh. Dalam beberapa kasus, petugas juga bisa salah hitung sehingga menyebabkan kerugian.

Sementara jika menggunakan tagihan listrik online, semua sudah diatur oleh sistem yang canggih. Seluruh biaya yang dibayarkan pelanggan akan melalui sistem terintegrasi dengan tingkat perlindungan yang tinggi. Selain itu, semua data bukti pembayaran pun tersimpan rapi di email pelanggan, serta di pusat data PLN dan pihak penyedia jasa pembayaran online.

4.Lebih Hemat Biaya


Hemat Biaya - pixabay.com

Mengingat bahwa proses pembayaran tagihan listrik online bisa menghemat waktu dan tenaga, tentunya hal itu juga akan menghemat biaya. Pasalnya, pelanggan tidak perlu mengeluarkan bensin untuk pergi ke unit atau loket PLN.

Selain itu, biaya tagihan listrik konvensional terkadang juga harus dibulatkan ke nominal yang lebih besar. Sementara jika menggunakan cara pembayaran online, tarif yang perlu dibayarkan benar-benar disesuaikan dengan nominal tagihan aslinya. Bahkan jika beruntung, penyedia jasa terkadang memberikan bonus promo sehingga memungkinkan pelanggan untuk membayar dengan harga yang lebih rendah.

5.Bisa Dilakukan Kapan Saja


Bisa Dilakukan - pixabay.com

Saat membayar di loket PLN, para pelanggan umumnya akan terbatasi oleh waktu. Biasanya, loket hanya akan dibuka dari pagi hingga sore hari. Padahal, sebagian pelanggan baru bisa melakukan pembayaran di waktu menjelang petang, setelah mereka pulang bekerja.

Sementara itu, pembayaran tagihan listrik secara online bisa dilakukan dalam kurun waktu 24 jam. Jadi, seluruh pelanggan bisa melakukan pembayaran kapan saja selama belum melewati batas maksimal pembayaran. Jika terlewat, maka mereka pun harus bersiap-siap dikenai tambahan biaya denda.

Dengan adanya sistem online, aktivitas mengecek tagihan listrik pun bisa lebih mudah, praktis, dan aman. Jadi, para pekerja yang sibuk dan tidak sempat datang ke loket antrean pun tetap bisa melakukan pembayaran dengan nyaman.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam