Pembeli Toko Online Lebih Suka Chat WA Ketimbang Buka Web

Pembeli Toko Online Lebih Suka Chat WA Ketimbang Buka Web

DWISU.WEB.ID-Pembeli Toko Online Lebih Suka Chat WA Ketimbang Buka Web-Berapa Harga cetakan Martabak Mini? Itulah pertanyaan yang sering masuk ke nomor Whatsapp saya. Biasanya saya langsung menyebut harganya dan Saya katakan, info detail Klik www cetakan7 web id .Pertimbangan saya biar calon pembeli tak perlu Tanya-tanya lagi karena semuanya sudah jelas dicantumkan di website mulai dari deskripsi produk, video produk sampai cara pemesanan bahkan lokasi tokopun saya cantumkan.

Pembeli Toko Online Lebih Suka Chat WA

Faktanya kebanyakan masih bertanya-tanya yang sebenarnya sudah ada penjelasannya di website online shop. Dalam benak saya kenapa tak mengunjungi wesitenya dulu baru bertanya?. Mau tak mau saya harus tetap meladeni pertanyaan-pertanyaan yang masuk dan fakta lain yang lebih mengejutkan adalah dari sekian banyak calon pembeli yang Tanya-tanya tak sedikit yang tak jadi beli bahkan terkadang saya sudah mengirimkan detail harga dan ongkos kirim yang harus ditransfer serta nomor rekening bank nya tapi tak ada kabarnya lagi.

Baca juga :
Alamat pengiriman paket tanpa nomor rumah bisakah sampai?
Contoh Pemasaran Online yang Salah
Toko Online Pecah Telur Apa Langkah Selanjutnya?

Bagi pebisnis toko online serasa di PHP tapi begitulah resiko berbisnis toko online yang mencantumkan nomor Whatsapp disisi lain memudahkan komunikasi pembeli dan toko online disisi lain ada yang Cuma sekedar Tanya-tanya doang. Lalu kenapa pembeli toko online lebih suka chat WA ketimbang Buka website toko online? Berikut Analisanya :

1.Calon Pembeli Belum sepenuhnya percaya pada toko online
Belanja online tentunya butuh kepercayaan pembeli apalagi jika mempromosikannya melalui sosial media atau website toko online. Untuk menghilangkan keraguan biasanya tanya-tanya dulu misalnya gambar produknya , menanyakan stok, Menanyakan alamat toko dan lain-lain. Jika toko online merespon dengan cepat pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat calon pembeli menjadi yakin namun jika tidak ada respon tentu toko onlinenya meragukan.

Ini tentu menjadi serba salah bagi toko online karena terkadang ada yang hanya Tanya-tanya doang tanpa niatan untuk membeli (Cuma cek harga) karena jika tidak diladeni takutnya membeli walaupun berdasarkan pengalaman saya kalau memang berniat pembeli biasanya prosesnya tidak lama Tanya Tanya sedikit langsung pesan.

2.Calon pembeli tidak suka browsing
Tidak semua orang suka dengan browsing termasuk ketika akan membeli barang secara online ada yang lebih suka melalui media sosial karena caranya cukup mudah tinggal pesan melaui nomor yang tercantum. Terbukti dimedia sosial seperti facebook masih banyak toko online yang mempromosikan produknya meski harus berbayar (Iklan) dimana nantinya jika ada pembeli dengan sekali klik sudah terhubung kenomor whatsapp toko online. Cara ini tentu lebih praktis dibandingkan dengan jika berbelanja melalui website toko online yang tekadang harus mengisi form terlebih dahulu.

3.Kuota /Sinyal Terbatas
Bagi sebagian orang memiliki kuota internet yang berlimpah hanya buang-buang duit saja karena memang jarang online paling-paling ponsel digunakan untuk main facebookan atau Whatsapp sehingga paket internet langganannya juga terbatas. Jadi kalau mau beli barang secara online lebih suka melalui aplikasi atau menghubungi langsung toko onlinenya melaui whatsapp.

Belum lagi jika daerahnya sinyal internetnya masih kurang bagus jadi kalau untuk browsing kurang memadai/lelet sehingga kalau akan mengakses website toko online cukup lama terutama yang banyak gambarnya. Berbeda kalau melalui whatsapp  atau facebook meski sinyal nggak cukup bagus masih tetap bisa digunakan.

5.Lebih Praktis dan hemat Pakai WA
Salah satu Kelebihan WA adalah masih bisa chat/kirim pesan meski pulsanya sudah habis yang penting sudah berlangganan paket internet berbeda dengan SMS atau Call yang harus ada pulsa. Itulah mengapa sekarang ini sebagian besar toko online mencatumkan nomor WA kecuali situs marketplace karena diangap lebih praktis jika pembeli akan memesan barang.

Dengan mengunakan WA pembeli akan lebih mudah dan praktis memesan barang apalagi jika sudah tahu harganya cukup kirim pesan, “Saya pesan dong” saya yakin toko online langsung merespon.

Menyikapi Fakta pembeli toko online lebih suka Chat WA ketimbang buka web alangkah baiknya jika anda memiliki toko online untuk mencantumkan nomor WA meskipun resikonya anda harus siap-siap jika ada pertanyaan yang menurut anda tidak perlu ditanyakan. Semoga bermanfaat! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

Sangat penting sekali mas. Calon oembeli akan lebih senang jika kita layani langsung (baik bertatap muka ataupun chat wa). Apalagi kalau pelayanan kita dalam melayani calon pembeli dirasa sangat bagus oleh pembeli ... Kemungkinan deal jauh lebih besar.

Balas

Kalau call via WA ditanggapi nggak mas?

Balas

Kalau saya tetap layani mas. Kalau gak deal bukan berarti PHP, tapi bukan rejeki kita.

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam