5 Kesalahan Ngeblog Tanpa Disadari Fatal Akibatnya

5 Kesalahan Ngeblog Tanpa Disadari Fatal Akibatnya

DWISU.WEB.ID , 5 Kesalahan Ngeblog Tanpa Disadari Fatal Akibatnya - Ngeblog atau mengelola blog bisa dibilang gampang-gampang susah. Saat ini untuk membuat blog cukup mudah dilakukan oleh siapa saja dengan hadirnya platform blogging yang mudah diterapkan seperti blogspot. Susahnya mendatangkan pengunjung agar blognya ramai.

Kesalahan Ngeblog

Terlebih lagi jika niat dari awal ngeblog adalah semata-mata untuk mencari uang, trafik blog nomor 1. Tanpa trafik yang memadai bisa dibilang gagal membangun blog berbeda jika niat ngeblog sekedar untuk happy fun, sepi ramai blog bukan jadi masalah toh dengan menulis artikel saja sudah merasakan kesenangan. Itulah mengapa jika anda berniat ngeblog untuk Money Blogging suka atau tidak anda harus mau bekerja keras, konsisten dan kreatif.

Kebanyakan bloger belajar ngeblog secara otodidak melalui media internet atau google sehingga kesalahan dalam ngeblog kerap dilakukan oleh blogger. Kesalahan-kesalahan ini bisa jadi ada yang tidak disadari. Hal ini baru disadari ketika blog tidak kunjung berkembang padahal sudah lama eksis. Tentu ini sebuah kerugian besar apalagi blog tersebut sudah dipersiapkan untuk menghasilkan uang, modal sudah keluar tapi tak kunjung menghasilkan.

Bagi Anda yang memang berniat Money Blogging sebaiknya menghindari kesalahan Ngeblog tanpa disadari sedini mungkin. Apa sajakah kesalahan-kesalahan tersebut? Berikut Ulasannya :

1.Ngeblog tanpa Konsep yang jelas
Salah satu daya tarik blog bagi pengunjung adalah konten yang disajikan terkonsep dengan jelas mulai dari topik-topik yang akan disampaikan, jenis artikelnya atau panjang artikelnya. Jika sedari awal memang anda ingin membagikan informasi seputar teknologi misalnya, sebaiknya anda konsisten menampilkan konten tersebut.

Jenis artikel juga menjadi pertimbangan bagi pengunjung misalnya saja artikel yang sering dicari adalah berjenis How to atau cara melakukan sesuatu. Jangan sampai anda menulis panjang lebar tapi tidak jelas apa yang akan disampaikan. Lebih baik tulisan pendek tapi jelas isinya dari pada panjang  tapi membingungkan.

2.Menulis Artikel tak terstuktur
Menulis artikel meski bisa bebas terserah kehendak yang menulis namun perlu dicatat, anda menulis untuk orang lain jadi bukan untuk konsumsi pribadi saja. Jika tulisan anda mudah dipahami tentu pembaca akan lebih menyukainya untuk itulah anda perlu menulis artikel dengan struktur yang jelas seperti pembukaan, Isi, penutup.

Jangan sampai ketika pengunjung blog baru membaca paragraf pertama saja sudah langsung close hanya karena tulisan diparagraf pertama tersebut kurang menarik misalnya saja basa basi yang berlebihan apalagi dengan bahasa yang tidak umum.

3.Pemilihan Template blog yang berat
Desain blog memang menjadi daya tarik bagi pengunjung tapi jangan sampai karena blog anda ingin tampil sempurna tapi pengunjung sulit mengaksesnya gara-gara loadingnya lambat.Penyebabnya bisa macam-macam misalnya saja terlalu banyak widget atau terlalu banyak fitur yang meyebabkan banyak kode-kode yang disematkan kedalam template blog.

Pilihlah template blog dengan loading yang ringan tapi tetap memperhatikan tampilan atau eye catching sehingga tetap menarik. Penampilan blog yang cantik perlu dilakukan terutama jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari Job review karena blog anda akan disurvey terlebih dahulu oleh klien.

Saran saya gunakan template premium karena fiturnya bisa diandalkan dan full suport dari desainernya.

4.Topik artikel Monoton
Topik artikel juga ikut menentukan jumlah pengunjung semakin kreatif artikel yang anda sajikan pengunjung akan lebih menyukainya. Pilihlah topik artikel yang menarik atau sedang trend kalau bisa1 kata kunci hanya untuk 1 artikel. Tambahkan multimedia kedalam artikel untuk memperjelas artikel sehingga semakin interaktif seperti penambahan gambar , infografis atau video.

Untuk mendapatkan topik-topik yang menarik anda bisa menggunakan tools dari google, carilah kata kunci sebanyak-banyaknya yang nantinya akan anda tuangkan kedalam artikel. Jangan lupakan User experience agar artikel yang anda buat semakin hidup jangan cuma menyadur dari artikel lain meski sudah dirubah gaya bahasanya.

5.Posting tidak Konsisten
Sebuah blog dikatakan hidup jika dalam mempublikasikan artikel teratur misalnya tiap hari atau tiap Minggu. Semakin sering posting secara teratur akan semakin bagus dari pada sekali posting banyak kemudian vakum lama. Hal ini penting jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari Job review karena semakin sering posting maka peringkat blog akan semakin bagus.

Usahakan untuk membuat posting secara terjadwal kalau tidak bisa tiap hari bisa 3 hari sekali. Agar ini bisa terwujud sebaiknya anda memiliki stok artikel jadi Pas waktunya posting sudah ada artikelnya. Hindari membuat postingan secara mendadak atau terburu-buru karena biasanya banyak kesalahannya.

Demikianlah 5 Kesalahan Ngeblog Tanpa Disadari Fatal Akibatnya Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Artikel yang sangat padat, jelas dan mudah dipahami. Terkadang hal2 seperti itu yg saya rasakan selama belajar ngeblog. Terimakasih atas infonya mas..

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam