Mengelola Blog Bisnis Lebih Menguntungkan,Ini Alasannya

Mengelola Blog Bisnis Lebih Menguntungkan,Ini Alasannya

DWISU.WEB.ID , Mengelola Blog Bisnis Lebih Menguntungkan,Ini Alasannya - Dulu waktu awal-awal belajar ngeblog saya masih ingat betul para Mastah Bloger selalu menyarankan untuk membuat blog satu topik atau blog Niche ketimbang  blog campur aduk atau gado-gado. Itulah mengapa blog pertama kali yang saya buat 6 tahun yang lalu merupakan blog niche, waktu itu saya memilih Topik elektronika.
Blog Bisnis

Sayangnya dalam perjalanannya blog tersebut tidak berkembang penyebabnya karena saya kesulitan menulis artikelnya maklum saja topik ini berisikan skema-skema elekronika yang sulit jika ditampilkan kedalam postingan sampai akhirnya saya membuat blog niche yang ke-2 yaitu yang bertemakan bisnis atau blog bisnis. Saya memiliki topik bisnis yang lebih spesifik yaitu bisnis toko kelontong alasannya karena saya menekuni bisnis tersebut.

Ternyata blog bisnis ini perkembangannya cukup bagus untuk pemula seperti saya, trafik hariannya bisa tembus 500 pengunjung per hari. Sayapun terbilang produktif menulis artikelnya karena berdasarkan pengalaman saya sehari-hari hanya saja karena topiknya sempit (Mengerucut) topik artikel yang saya tulis juga jadi terbatas. Waktu itu saya memonetisasi blog tersebut dengan PPC lokal, sayangnya hasilnya kurang menggembirakan walaupun beberapa kali PO (Pay Out) Meski hanya Rp.100.000

Timbulah rencana untuk memonetisasi blog tersebut dengan Google Adsense yang katanya pada waktu itu lebih menjanjikan penghasilannya. Sayangnya Blog bisnis tersebut selalu ditolak sewaktu didaftarkan ke Google Adsense sampai akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog baru lagi berjenis gado-gado yang akan saya gunakan untuk mendaftar ke Adsense dan Ternyata diterima.

Blog Gado-Gado Trafik Cepat Melejit


Membangun blog gado-gado ternyata lebih mudah untuk menulis artikelnya sehingga saya lebih produktif bahkan saya bisa menulis artikel tiap hari. Hasilnya untuk pertama kalinya dalam sejarah ngeblog saya bisa mendapatkan kunjungan unik 1000 per hari sebuah pencapaian yang menurut saya luar biasa. Waktu itu BPK adsense masih cukup lumayan sehingga ketika saya monetisasi dengan adsense hasilnya cukup menggembirakan minimal bisa mendapatkan $1 per hari.

Sayangnya hal itu tak berlangsung lama ditahun ke-2 saya menekuni Adsense BPK cenderung turun mencapai titik terendah sehingga penghasilan Adsense saya juga ikut turun. Untuk mengatasinya saya mencoba membuat blog satu topik lagi tapi saya memilih membuat blog bisnis lagi namun kali ini saya memilih topik bisnis yang lebih luas jadi bukan hanya berkutat pada bisnis toko kelontong saja tapi bisnis secara umum.

Meski perkembangannya terbilang lambat karena saya harus berbagai waktu dengan blog-blog saya lainnya tapi memasuki tahun ke-2 blog bisnis tersebut page viewnya bisa mencapai 1000 per hari dan hasil dari Adsense cukup lumayan berkisar antara $ 0.5 sampai $1.

Blog Bisnis Lebih Menguntungkan dari pada Blog Gado-Gado


Dalam perjalanannya dengan trafik yang hanya separuhnya dari blog gado-gado ternyata penghasilan dari blog bisnis ini bisa mengalahkan blog gado-gado. Fenomena ini tentu membuat saya terheran-heran karena logikanya jika trafiknya lebih besar seharusnya penghsilannya juga lebih besar juga. Hal ini saya amati dari bulan kebulan toh hasilnya tetap sama, Blog bisnis penghasilannya lebih unggul. Akhirnya saya berkesimpulan bahwa blog bisnis lebih menguntungkan untuk bermain Adsense walaupun persaingannya ketat.

Menurut Analisa saya ada beberapa alasan yang menyebabkan blog bisnis penghasilan adsensenya lebih tinggi dari pada blog gado-gado, diantaranya :

  1. Blog bisnis topiknya lebih fokus sehingga iklan yang tampil lebih relevan bandingkan dengan blog gado-gado yang terkadang iklannya tidak nyambung.
  2. Topik peluang usaha atau bisnis banyak dicari pengunjung internet sehingga leboh berpeluang mendapatkan trafik organik google.
  3. Pemasang iklan umumnya pelaku usaha sehingga berani mengeluarkan biaya untuk iklan.


Meski mengelola blog bisnis lebih menguntungkan namun ternyata cukup sulit untuk meningkatkan trafik padahal saya sudah menambah artikel dan membuat artikel yang menerapkan SEO bahkan setiap artikel yang saya tulis skor SEO bagus semua (Dengan Plug in Khusus) sehingga Mau tak mau saya harus membuat artikel yang panjang harapannya bisa tembus halaman satu.

Bagaimana dengan Anda ApakahTertarik untuk mengelola Blog Bisnis? Selamat Mencoba ! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam