Pahami Beberapa Aturan Penting Ini Sebelum Melakukan Wisata Religi

Pahami Beberapa Aturan Penting Ini Sebelum Melakukan Wisata Religi

Perjalanan wisata memang senantiasa memberikan pengalaman istimewa bagi kita. Inilah yang membuat banyak orang memiliki hobi wisata dan melakukannya secara teratur di sela-sela kesibukan. Jika kita ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda, kita juga dapat mencoba melakukan wisata religi.
Hal-hal yang harus dilakukan ketika wisata religi tentu berbeda dengan wisata biasa. Banyak aturan yang mesti kita pahami sebagai bentuk penghormatan terhadap objek wisata religi. Sebaiknya kita memahami beberapa aturan penting yang bersifat umum ini untuk menunjang kelancaran wisata religi:


Mencari Informasi Lengkap Sebelum Melakukan Wisata
Alangkah lebih baik jika kita selalu mencari informasi lengkap sebelum melakukan wisata religi. Carilah informasi mengenai lokasi wisata secara detail, kebiasaan yang sering dilakukan di tempat wisata, pantangan, dan hal-hal penting lainnya. Hal ini akan membantu kita untuk mengenal destinasi wisata religi lebih dalam sebelum mengunjunginya. Risiko melakukan kesalahan atau hal-hal berbahaya lainnya pun dapat diminimalkan.

Berkunjung pada Momen Tertentu
Jika kita beruntung mengunjungi tempat wisata religi pada momen tertentu, kita bisa menyaksikan perayaan hari besar agama di tempat tersebut. Inilah yang membuat kita harus lebh cermat mencari informasi seputar wisata religi. Karena momen-momen istimewa di tempat wisata religi hanya terjadi pada periode tertentu saja.

Selalu Menggunakan Pakaian yang Sopan
Semua objek wisata religi pasti mewajibkan pengunjungnya untuk menggunakan pakaian sopan. Kaum wanita dianjurkan menggunakan pakaian yang tertutup hingga ke bagian lengan dan maya kaki. Sedangkan kaum pria juga tidak diperbolehkan menggunakan celana pendek.
Kalau ingin leluasa mengunjungi objek wisata religi, kaum pria bisa menggunakan baju koko putih sebagai busana andalan. Karena baju koko putih identik dengan kesan bersih dan sopan. Ketik kita menggunakan baju koko putih lengan pendek, kita tentu tidak akan merasa kegerahan dan tetap leluasa bergerak. Siapkanlah persediaan berupa baju koko putih setiap kali berencana melakukan wisata religi.

Jangan Sembarangan Merekam Video atau Memotret
Tidak semua tempat wisata religi memperbolehkan pengunjungnya untuk merekam atau memotret. Kita mesti peka mengenali larangan di sekitar kawasan wisata religi. Selain itu, kita juga dapat memastikan hal tersebut dengan cara bertanya kepada penjaga tempat wisata religi. Jangan sampai kita dihalau oleh penjaga tempat wisata tersebut karena sembarangan memotret atau merekam aktivitas di kawasan wisata religi.

Tak Boleh Mengobrol Terlalu Kencang atau Bercanda
Banyak sekali tempat wisata religi yang berfungsi sebagai tempat ibadah untuk umat beragama tertentu. Jadi, kita harus menjaga ketenangan selama berada di kawasan tersebut. Usahakan untuk tidak mengobrol dengan suara lantang atau bercanda. Sebab sikap itu bisa dianggap kurang menghargai kekhidmatan di tempat wisata religi.

Selalu Menjaga Kebersihan di Tempat Wisata Religi
Tak hanya soal suasana khidmat, kita juga wajib menjaga kebersihan di tempat wisata religi. Jangan menggunakan alas kaki hingga batas suci yang sudah ditentukan. Kita juga tidak diperkenankan membuang sampah sembarangan atau meludah. Carilah toilet atau tempat sampah terdekat supaya tidak mengotori kawasan wisata religi yang dianggap suci.


Kalau sudah memiliki persiapan budget dan waktu yang memadai, jangan tunda lagi rencana perjalanan wisata religi yang sudah kita siapkan. Nikmati waktu senggang sembari mencari ketenangan dengan menikmati suasana di tempat-tempat wisata religi. Indonesia punya banyak destinasi wisata religi istimewa yang selalu menarik untuk dikunjungi.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam