Skip to main content

Cari Duit Lewat Blog Masihkah Menjanjikan?

DWISU.WEB.ID, Cari Duit Lewat Blog Masihkah Menjanjikan? – Sudah hampir 2 tahun ini penghasilan dari blog-blog yang saya miliki mengalami penurunan namun hingga detik ini saya belum bisa mengembalikan keadaan itu seperti semula apalagi meningkatkannya meskipun berbagai cara sudah saya coba seperti membuat blog baru atau mencari alternatif penghasilan lain.
Cari Duit Lewat Blog

Saya sadar hal ini disebabkan karena banyak faktor seperti penurunan trafik blog, rendahnya nilai klik iklan, berkurangnya niat warganet membaca blog hingga persaingan blog yang semakin ketat. Hingga muncul pertanyaan dibenak saya apakah cari duit lewat blog masih menjanjikan? Pertanyaan ini perlu saya jawab agar kedepannya saya bisa menentukan langkah yang tepat apakah akan terus mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan atau mencari cara lain?

Hal ini perlu saya lakukan karena bisa dibilang kadar ke-Fulltime blogger-an saya bisa dibilang mencapai 50 % sedang sisanya bersumber dari usaha offline saya. Jadi jika penghasilan dari blog saya menurun akan berpengaruh terhadapa kelangsungan dapur. Itulah mengapa jika ada penurunan penghasilan blog saya merasakan imbasnya berbeda dengan bloger lain yang mencari duit dari blog hanya sebagai sampingan.

Trafik Tinggi Saja Tidak Cukup

Saya masih ingat betul waktu pertama kali diterima Adsense pada tahun 2015 penghasilannya  masih menjanjikan tapi sekarang keadaannya sudah berubah trafik tinggi saja tidak cukup karena tergantung dari BPK iklan Adsense jika hanya 0.01 trafik diangka ribuan saja jadi tidak begitu berarti butuh trafik ratusan ribu per hari baru penghasilannya menjanjikan dan untuk ukuran blog personal seperti  milik saya rasanya berat mencapainya.

Hanya orang yang super saja bisa posting dalam jumlah banyak dan dilakukan seorang diri jika hanya posting sehari satu atau dua artikel rasanya itu belumlah cukup untuk bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan dari blog. Tak ada pilihan jika memang ingin serius cari duit lewat blog harus bekerja secara tim dan ini tentu membutuhkan modal  yang tidak sedikit misalnya untuk membayar penulis atau bahkan tim SEO.

Teknologi  Internet semakin berkembang

Perkembangan teknologi yang berhubungan dengan website  atau blog semakin berkembang jika pemilik blog (Webmaster ) tidak mengikuti perkembangan teknologi kemungkinan besar akan tertinggal. Misalnya saja sekarang ini blog disarankan menggunakan SSL atau themesnya menggunakan AMP. Apalagi pengunjung internet lebih bayak menggunakan ponsel mau tak mau bloger juga harus mengikuti kemauan pengunjung.

Menjadi bloger profesional sekarang itu harus multi talenta tidak hanya sekedar bisa menulis namun harus membekali dirinya dengan skill lainnya seperti  SEO,multimedia, bahasa pemograman internet, promosi hingga media sosial.

Hobi Saja Tidak Cukup

Sebagian besar bloger menekuni blogging karena memang sudah hobi jadi apa salahnya jika hobi tersebut bisa menghasilkan uang. Saya katakan memang bisa menghasilkan duit namun jumlah yang didapat tidak sebesar yang dihasilkan bloger profesional. Saya sudah membuktikan sendiri, selama ini memang saya ngeblog didasari kerena hobi hingga dalam menulispun saya cenderung mengikuti kata hati artinya lebih banyak berbagi  pengalaman dan faktanya meskipun bisa mendatangkan trafik namun dalam sejarah saya ngeblog saya hanya mampu mendatangkan trafik paling tinggi 2000 kunjungan per hari itupun sekarang sudah turun.

Sekarang ini posting sebanyak-banyak tidaklah cukup untuk mendongkrak trafik tanpa diimbangi dengan artikel yang benar-benar dicari pengunjung internet apalagi kecenderungan sekarang warganet lebih suka menonton video dari pada membaca artikel. Itulah mengapa bloger sekarang dituntut mengerti SEO.

Kesimpulannya sekarang ini cari duit lewat blog tantangannya cukup berat apalagi jika ngeblog akan dijadikan profesi perlu seribu kali pertimbangan. Jika memang semuanya belum memungkinkan untuk menjadi blogger profesional alangkah baiknya menjadikan ngeblog sebagai hobi. Semoga bermanfaat! 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar