Perburuan Cetakan Martabak Mini Membuahkan Hasil

Perburuan Cetakan Martabak Mini Membuahkan Hasil

DWISU.WEB.ID,Perburuan Cetakan Martabak Mini Membuahkan Hasil - Sudah hampir 2 bulanan ini saya mengincar cetakan martabak mini yang berbahan cor-coran besi baja. Rencananya cetakan martabak mini tersebut akan saya gunakan untuk menambah varian baru bisnis martabak manis saya. Rencana ini Terinspirasi dari kesuksesan Martabak Alim dimana salah satu variannya martabak manis mini.

Cetakan Martabak Mini


Berbeda dengan cetakan yang saya gunakan selama ini yang hanya berdiameter 8 cm dan bahannya Alumunium berlapis Teflon, cetakan martabak manis mini yang saya incar diameternya sekitar 15 cm berbahan besi tebal dan berlubang tunggal seperti yang digunakan penjual martabak manis Bangka.

Jujur saja awalnya saya belum mengerti berapa ukuran Loyang atau cetakan martabak mini tersebut namun dari hasil penelusuran disitus marketplace, browsing serta Tanya-tanya kegrup Pengusaha Martabak ketemulah ukurannya 11 13 dalam artian 11 cm diameter sisi dalam dan 13 cm sisi atas.

Tadinya saya berencana akan membeli ditokopedia karena saya menemukan pelapak yang cocok. Harga total cetakan, tutup dan Ongkos kirimnya 100 ribuan. Namun ada ganjalan dihati saya yaitu saya tidak bisa melihat langsung sedangkan disclaimer dari pelapaknya jika ada lecet atau cacat sedikit pembeli tidak bisa komplain.

Belanja Cetakan Martabak Mini Di Tegal

Kabupaten Tegal sudah lama terkenal sebagai sentral perajin logam seperti cetakan kue, kompor, Panci, penggorengan dan lain-lain yang berpusat didaerah Adiwerna Tegal dan sekitarnya. Berbekal Informasi yang saya peroleh dari grup pengusaha martabak saya menemukan penjual cetakan martabak yang lokasi tokonya di Tegal bahkan ada yang dekat dengan Rumah saya yaitu diPasar Lebaksiu Tegal.

Idepun muncul kenapa tidak belanja langsung saja di Tegal saja ? Kebetulan saya mudik lebaran. Sesampainya di Kampung halaman sayapun menghubungi toko cetakan yang sering mempromosikan kegrup pengusaha martabak melalui WA. Namun dari 2 toko yang saya hubungi ternyata ukuran yang tersedia hanya 10 12 sedangkan ukuran diatas itu tidak ada.

Kebetulannya lagi adik saya mengajak jalan-jalan ke Adiwerna jadi sekalian deh saya bisa belanja cetakan martabak mini. Pada waktu itu masih dibulan Ramadhan H-3, rencananya saya akan mendatangi toko cetakan yang  terdekat dulu yaitu di Lebaksiu namun saya tidak menemukan lokasi tokonya mungkin lokasinya tidak di jalan propinsi.

Perburuan cetakan martabak mini beralih ke toko yang satunya lagi yang menurut keterangan penjualnya berada tak jauh dari gerbang tol Tegal (Kalimati). Sayangnya mobil adik saya bermasalah dijalan sehingga terpaksa harus balik lagi ke rumah padahal posisinya sudah dekat dengan tokonya.

Nah…ketika menuju perjalanan pulang itulah saya menjumpai toko cetakan dan sayapun akhirnya mampir. Setelah menanyakan barang yang saya cari, penjualnya menunjukkan cetakan martabak manis. Karena saya buru-buru tanpa pikir panjang sayapun langsung membayarnya. Uniknya harganya jauh lebih murah dari harga yang harus saya tebus jika saya belanja kemarketplace yaitu cuma Rp.50.000 plus tutupnya.

Sebenarnya saya tidak enak juga sama 2 toko yang sudah saya hubungi melalui WA, sudah Tanya-tanya panjang lebar tapi ujung-ujugnnya saya beli ke toko cetakan lain atau di PHP-in. Tapi mau bagaimana lagi kondisinya tidak memungkinkan, bisa jadi memang sudah rezekinya toko cetakan martabak mini tadi.

Cetakan Martabak Mini
Diameter atas 12 cm

Setelah sampai Rumah saya coba ukur diameter cetakan martabak mini berbahan besi cor ini ternyata ukurannya 10 12 cocok dengan yang dikatakan 2 toko cetakan yang saya hubungi. Namun yang lebih mengejutkan lagi ternyata bobotnya lebih berat dari pada yang dtawarkan disitus marketplace. Jika dimarketplace beratnya hanya 1,5 kg tapi yang saya beli beratnya bisa mencapai 2,1 Kg.

Cetakan Martabak Mini
Perbandingan ukuran cetakan teflon

Ini tentu sangat menguntungkan buat saya karena semakin tebal cetakan martabak mini akan semakin bagus hasilnya makanya dipasaran harganya akan semakin mahal tapi saya mendapatkan dengan harga yang murah. Langkah selanjutnya tentu saja mencobanya namun karena situasinya tidak memungkinkan sedang bulan Ramadhan dan menyambut lebaran saya akan mencobanya jika sudah balik lagi ke Cikarang Bekasi.

Saya bersyukur akhirnya Perburuan Cetakan Martabak Mini yang saya idamkan membuahkan hasil. Tunggu post berikutnya ya akan saya ceritakan Uji cobanya! Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam