Beberapa Cara Alami dan Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Anak Balita

Beberapa Cara Alami dan Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Anak Balita

DWISU.WEB.ID, Memiliki anak yang susah makan menjadi masalah tersendiri bagi orang tua. Pasalnya mereka memiliki seribu cara untuk menolak makanan yang disajikan. Orang tua dituntut memiliki cara-cara jitu untuk menambah nafsu makan anak balita sehingga asupan si kecil tetap terpenuhi. Selain menggunakan suplemen buatan pabrik berupa vitamin anak yang mana belum kita ketahui apakah cocok atau tidak untuk anak, ada baiknya ibu terlebih dahulu menggunakan cara alami yang sehat.

Tips Penambah Nafsu Makan Anak Balita Yang Alami

Berikut ini merupakan penambah nafsu makan anak balita yang dapat dicoba untuk mengembalikan nafsu makan si kecil.

1. Bahan Alami Penambah Nafsu Makan
Penambah nafsu makan anak balita yang pertama adalah menggunakan bahan-bahan herbal seperti yang berikut ini.
  • Krim pisang. Krim pisang dapat digunakan dalam menambah nafsu makan anak dan akan lebih baik lagi jika dicampur dengan madu. Konsumsi bahan makanan yang satu ini juga efektif dalam meningkatkan energi tubuh. Terlebih bagi anak yang gemar mengonsumsi makanan manis, tentu ibu tidak perlu susah-susah merayu si kecil untuk memakannya.
  • Buah berry dan yogurt dapat meningkatkan selera makan anak terlebih jika disajikan dengan bentuk menarik dan dalam porsi yang kecil
  • Temulawak dan madu dapat dicoba dalam mengembalikan selera makan si kecil yang hilang. Temulawak mengandung karbohidrat sementara madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
  • Makanan yang kaya akan serat seperti halnya pisang, nasi serta kentang merupakan makanan yang mudah dicerna serta bagus sebagai penambah nafsu makan anak balita.
  • Keju dan susu. Jenis makanan ini kaya akan nutrisi seperti magnesium, kalium, zat besi sehingga dapat menjadi peningkat nafsu makan yang baik.
Bahan-bahan herbal tersebut di atas tentunya cukup mudah ditemukan di sekitar serta mudah dalam segi pengolahannya.

2. Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan
Menciptakan suasana yang menyenangkan merupakan penambah nafsu makan anak balita yang selanjutnya. Orang tua bisa mengajak si kecil untuk menyusun sendiri makanan mereka atau bahkan mengajaknya saat berbelanja.

Makanan untuk anak sebaiknya bervariasi dan tidak dianjurkan menu yang sama dalam satu hari. Imbangi konsumsi anak dengan makanan sehat yang bervariasi dari buah serta sayuran.

3. Variasi Makanan Yang Menarik
Penambah nafsu makan anak balita yang selanjutnya adalah dengan memberi anak variasi makanan yang menarik mata. Meski demikian orang tua tidak boleh asal menggunakan bahan makanan secara sembarangan melainkan perbanyak sayur serta buahnya. Jika dimungkinkan orang tua dapat memilih jenis sayuran segar terlebih organik.

4. Buat Camilan Sehat
Beberapa camilan sehat penambah nafsu makan anak balita bisa dipilih dari beberapa bahan sehat seperti buah, sayur, keju serta yogurt. Dengan demikian ketika anak hanya makan sedikipun, nutrisi yang mereka dapatkan akan tercukupi dengan camilan yang mereka konsumsi.

Penambah nafsu makan anak berupa camilan sebaiknya dibuat sendiri agar lebih higienis serta tidak tercampur bahan-bahan berbahaya kimia. Ada banyak resep dari internet atau majalah mengenai cara pembuatan camilan sehat bagi balita yang bisa dicoba.

5. Vitamin Lysin
Selain penambah nafsu makan anak balita di atas, orang tua juga dapat mengandalkan bantuan makanan yang mengandung lysin di dalamnya. Lysin bisa didapatkan dari banyak jenis makanan seperti keju, ikan, kacang, daging serta kedelai.
 

Demikian beberapa cara yang mudah-mudahan jitu dan efektif untuk membantu menambah nafsu makan anak balita anda. Selamat mencoba :D
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam