Palinguntung.com Launching, Aset Blog Bertambah Lagi

Palinguntung.com Launching, Aset Blog Bertambah Lagi

DWISU.WEB.ID, Palinguntung com Launching, Aset Blog Bertambah Lagi – Memiliki 3 Blog TLD belum membuat hati saya puas, saya masih punya keinginan untuk menambah blog lagi setidaknya hingga saya memiliki 5 blog TLD. Tujuan saya memiliki banyak blog bukan untuk Sok-Sokan tapi murni sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan penghasilan dari blog.
Palinguntung.com Launching

Media Kompilasi, Info Pojok dan Dwisu WEBID memang sudah menghasilkan uang namun jumlahnya masih jauh dari kata memuaskan khususnya dari Google Adsense apalagi akhir-akhir ini trafik turun akibat Algoritma Google terbaru sehingga penghasilanpun ikut turun. Berdasarkan pengalaman saya ngeblog selama 7 tahun, meningkatkan trafik blog bukan pekerjaan mudah apalagi untuk saat sekarang ini dimana Google lebih mengutamakan blog-blog otoritas dalam hasil pencariannya.

Sadar akan hal ini fokus saya saat ini mulai berpaling dari yang awalnya ke Google Adsense mulai beralih ke Job review atau content placement. Alasannya pada Job review faktor trafik tidak terlalu dominan menentukan penghasilan yang terpenting blognya berdomain TLD, aktif dan peringkatnya diatas 15. Saya sudah membuktikannya sendiri blog ini meskipun usianya baru 1 tahun dan peringkat/skor DA nya masih diangka 14 namun kerap kali mendapatkan Job review.

Peluang Job Review/Content Placement/PBN masih cukup bagus mengingat Backlink masih sangat dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat sebuah situs khususnya situs-situs yang menawarkan produk atau jasa. Apalagi jika peringkat blognya tinggi advertiser siap membayar mahal hanya untuk sebuah artikel.

Menyisihkan Penghasilan untuk Beli Domain Baru

Seminggu yang lalu bisa dibilang saya mendapatkan rezeki nomplok dari Job Review sehingga saya berinisiatif untuk menyisihkan penghasilan untuk membeli domain baru meskipun sebenarnya sudah lama saya merencanakan membeli domain baru. Domain bagi saya sebuah investasi jangka panjang suatu saat akan menghasilkan.

Awalnya saya akan membeli domain dengan ekstensi WEBID yang harganya relatif murah yaitu Rp.55.000 per tahun namun kalau saya pikir-pikir agak ribet karena harus menyertakan Scan KTP, Bagaimana kalau nantinya Domain tersebut akan dijual? Berbeda untuk domain blog ini karena memang saya khususkan untuk blog pribadi sehingga tidak ada niatan untuk dijual.

Akhirnya saya memilih domain dengan Ekstensi DOT COM karena menurut saya lebih menguntungkan dan prosesnya lebih mudah. Setelah ekstensi sudah saya pilih langkah selanjutnya saya memilih penyedia domain dan pilihan saya jatuh kepada Idwebhost karena pelayanannya cukup bagus terbukti ada 2 domain saya yang parkir disana.

Menentukan Nama Domain dan Niche

Sudah lama sebenarnya saya merencanakan akan membuat sebuah blog lagi dan rencananya saya akan membuat blog dengan niche bisnis lagi seperti blog Info Pojok. Loh bukannya cukup Info Pojok saja kenapa harus membuat blog bisnis lagi? Alasannya INFO POJOK menggunakan mesin wordpress dimana harus memiliki hosting sendiri atau berbayar dan ternyata setelah 2 tahun saya menggunakan Wordpress saya jadi jika trafik blognya rendah mengelola blog wordpress kurang menguntungan.

Sebagai bahan pertimbangan saya berlangganan paket domain hosting setahun harus membayar Rp.275.000 namun faktanya Trafik blog saya tak kunjung naik meskipun artikelnya terus bertambah. Awalnya blog tersebut PV nya mencapai 1000 perhari dengan PV sebesar itu penghasilan dari Adsense masih menutupi untuk perpanjangan domain dan hosting.

Tapi sejak era Algoritma baru trafik Info Pojok cenderung menurun hampir separuhnya dan salah satu cara untuk meningkatkan trafik adalah dengan memperbanyak artikel dan resikonya harus menambah kapasitas hosting yang lebih besar dengan biaya Rp.400.000 Per tahun dan bagi saya cukup berat, saya berpikir bagaimana kalau trafik tak kunjung meningkat?

Berbeda jika mesin blognya blogspot meski domainnya berbayar namun hostingnya gratis jadi saya bisa bebas posting tanpa perlu memikirkan disk space. Itulah mengapa saya memutuskan membuat blog dengan custom domain blogspot.

Langkah selanjutnya tentu saja memilih nama domain, untuk yang satu ini saya tidak perlu pusing menentukan nama domain. Idealnya memang nama domain yang unik dan pendek tapi menemukan domain seperti itu cukup sulit apalagi yang cuma 5 karakter. Saya cukup memilih nama domain yang bisa menggambarkan niche blog itu sendiri.

Akhirnya tak perlu lama saya memutuskan memilih nama domain palinguntung com dan setelah saya cek ke Idwebhost domain itu tersedia. Alasan saya memilih nama domain tersebut karena ada kata UNTUNG  nya dan kata tersebut identik dengan dunia bisnis. Secara tersirat saya akan menunjukkan pada pembaca bahwa informasi yang akan saya sajikan dalam blog tersebut berisikan bisnis-bisnis yang paling menguntungkan.

Saya langsung memesan domain tersebut ke Idwebhost dan melakukan pembayaran pada tanggal 11 Agustus 2018, kebetulan harganya sedang murah yaitu Rp.114.900 + PPN Rp.11.490 total yang harus saya bayar Rp.126.500 untuk 1 tahun. Setelah domain aktif malamnya saya langsung melakukan custom domain atau pengalihan dari blogspot yang sudah saya buat sebelumnya ke Domain Palinguntung com.

Saya tidak mengalami kesulitan ketika melakukan setting CNAME dan Nameservers karena saya sudah pernah melakukannya hanya saja Nameservernya berbeda dengan 2 blog saya yang domainnya parkir di Idwebhost. Anehnya sampai keesokan harinya blog tak kunjung online padahal settingannya sudah benar. Akhirnya dengan bantuan CS Idwebhost yang responnya cepat blog dengan URL https://www.palinguntung.com  Tagnya “Media Informasi Bisnis dan Internet” bisa Online pada 12 Agustus yang lalu.

Tugas saya selanjutnya tentu saja berusaha posting secara rutin pada masa-masa awal ini karena cukup penting supaya blog lebih cepat terindeks mesin pencari. Harapan saya semoga blog ini bisa berkembang sesuai dengan harapan dan bisa menghasilkan uang seperti ke-3 blog TLD saya lainnya. Aamiin !  
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Beternak TLD yah mas... hahahaha

Semoga sukses terus ya mas Dwisu...

Balas

Maklum Mas Modalnya CEKAK , bisanya beli domain doang he h ehe

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam