Fokus Satu Blog Memang Bagus, Asalkan Memenuhi ini

Fokus Satu Blog Memang Bagus, Asalkan Memenuhi ini

DWISU.WEB.ID - Membuat Blog memang mudah saya yakin yang sudah mengenal internet bisa melakukannya. Masalahnya membuat blog tidak hanya sekedar membuat URL dan Titelnya tapi lebih dari itu yang terpenting adalah isinya (Kontennya). Sebuah blog dikatakan sukses jika trafiknya bagus bukan hanya jumlah artikelnya yang banyak.

Tujuan membuat blog antara blogger yang satu dengan yang lain berbeda-beda, ada yang sekedar menyalurkan hobi menulis tanpa target apapun, ada yang menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan uang ada juga yang memang semata-mata karena untuk mendapatkan uang.

Jika tujuannya sekedar menyalurkan hobi tanpa target apapun memiliki satu blog tentu lebih baik karena sekedar menulis saja. Namun jika tujuannya mencari penghasilan saya pikir fokus kepada satu blog masih menimbulkan pertanyaan.

Hal ini sepertinya masih menjadi polemik, ada yang mengatakan lebih baik fokus satu blog saja agar umur tak habis didepan komputer tapi ada yang mengatakan semakin banyak blog semakin untung. Kebetulannya lagi saya berada pada pihak yang terakhir makanya blog saya lebih dari satu.

Tentunya hal ini bisa menjadi keraguan bagi sebagian blogger apakah mau fokus satu blog atau sebaliknya. Nah...pada kesempatan ini izinkan saya memberikan opini tentang hal tersebut. Menurut saya Fokus satu blog memang bagus asalkan memenuhi keadaan yang akan saya sebutkan berikut ini :

1.Tujuan Utama untuk Personal Branding
Fokus pada sebuah blog cukup bagus untuk personal branding dimana hal ini sangat penting untuk bisnis internet. Blog ibarat etelase diri yang "memajang" kemampuan atau keahlian yang sobat miliki. Misalnya saja sobat ingin menunjukkan kalau sobat jago menulis tunjukkan dengan membuat postingan yang banyak.

Jika nama sobat sudah dikenal jago menulis suatu saat sobat membuka jasa penulisan artikel atau artikel review akan mendapat sambutan yang bagus dari pelanggan. Contoh blogger sukses yang fokus pada satu blog untuk personal branding adalah Mas Sugeng dengan blog Sugeng id.

Itulah mengapa sebelum sobat memutuskan fokus pada satu blog, perlu sobat catat apa yang akan sobat tonjolkan pada blog tersebut yang memang itu keahlian sobat contohnya jika sobat suka traveling ada baiknya membuat blog seputar traveling atau jika ahli dibidang komputer sobat bisa membuat blog tentang komputer.

2.Trafik Melimpah
Kesuksesan sebuah blog bisa dilihat dari Trafiknya semakin tinggi tentunya semakin bagus. Jika sobat membangun sebuah blog tujuannya untuk menghasilkan uang, trafik memiliki peranan yang penting misalnya saja untuk bermain Adsense. Tanpa trafik yang tinggi penghasilannya juga tidak bisa diharapkan.

Dengan fokus satu blog diharapkan sobat akan mengeluarkan semua jurusnya agar trafik blog bisa melimpah. Faktanya masih banyak blogger yang meski sudah fokus pada satu blog namun trafiknya belum juga menggembirakan bahkan bisa dibilang masih minim. Jika sedari awal blog tersebut memang di setting untuk menghasilkan uang tentunya tujuannya jadi tidak tercapai, lalu apakah akan terus mempertahankan fokus pada 1 blog?

Sebagai gambaran pertama kali saya membangun sebuah blog dengan niche elektro trafiknya ternyata kecil namun setelah saya mencoba membuat blog dengan topik yang lain ternyata hasilnya lebih baik. Sayangnya pada titik tertentu sepertinya trafiknya tidak bisa ditingkatkan lagi sehingga sayapun memutuskan untuk membuat blog lagi begitu seterusnya tujuannya semata-mata agar penghasilan dari blog saya meningkat. Terbukti dengan memiliki 3 Blog TLD dan 2 blogspot penghasilan Adsense saya selama 2 tahun bisa tembus $1000 belum termasuk penghasilan dari job artikel review.

Jadi jika dengan 1 blog trafik blog sobat melimpah saya pikir memang sebaiknya fokus pada 1 blog karena leoh mudah me -manage nya. Namun jika trafiknya jeblok tak ada salahnya mencoba membuat blog lain siapa tahu lebih baik hasilnya.

3.Waktu Luang Terbatas
Mengelola sebuah blog hingga sukses membutuhkan waktu yang lama dan konsistensi sehingga mau tak mau harus bisa menyisihkan waktu luang untuk mengelola blognya. Jika Sobat merasa waktu luangnya terbatas sebaiknya memang fokus pada satu blog.

Jangan sampai karena ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang banyak lalu tanpa perencanaan yang matang berani memutuskan untuk membuat blog lebih dari satu. Kalau menggunakan domain gratisan sih mungkin tidak jadi masalah kalau nantinya gagal tinggal dihapus atau dibiarkan saja. Bagaimana kalau menggunakan domain TLD atau hosting?

4.Siap Menanggung Resiko
Jika sobat memutuskan hanya fokus pada 1 blog kemudian trafiknya tinggi sobat perlu perlindungan ekstra agar blog sobat aman dari serangan hacker atau sabotase khususnya jika menggunakan mesin Wordpress. Menggunakan hosting gratisan meski dengan custom domain tak luput dari resiko penghapusan sepihak dari google contohnya dulu blog Cara Ririn meski menggunakan domain TLD dan artikelnya wajar tapi faktanya dihapus oleh google.

Alangkah baiknya selalu mem back up artikel terutama jika masih custom domain atau kalau ada modal menggunakan hosting sendiri jika trafik blog anda tinggi.

5.Bukan Bloging For Money
Tak bisa dipungkiri saat ini blog bisa dijadikan sebagai mesin uang sehingga ada sebagian bloger yang memang membuat blog untuk kepentingan uang atau Bloging for Money. Jika sobat memutuskan untuk melakukan ini fokus pada satu blog menurut saya cukup riskan salah satu alasannya seperti yang sudah saya sebut sebelumnya.

Blogging for Money butuh jam terbang ngeblog yang tinggi dan sulit dilakukan oleh seorang bloger pemula. Idealnya jika sobat memutuskan untuk fokus pada satu blog, kedepankan unsur berbaginya atau memberikan manfaat kepada orang lain sehingga sobat akan semangat mengelolanya. Sedangkan uang anggap saja sebagai bonus dari ngeblog sehingga jika nyatanya trafiknya tidak tinggi tak patah semangat mengelola blog.

Demikianlah informasi seputar Fokus satu blog memang Bagus, Asalkan memenuhi ini, Jika Sobat memiliki opini lain silahkan share disini ! Semoga Bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam