Memposting Artikel Blog Ibarat Menanam Padi

Memposting Artikel Blog Ibarat Menanam Padi

DWISU.WEB.ID - Tugas utama dan yang paling penting bagi seorang blogger adalah memposting artikel diblognya. Semakin banyak dan konsisten akan semakin baik apalagi jika artikel yang ditulis memberikan manfaat bagi pengunjungnya. Namun faktanya setiap artikel yang diposting ada yang mampu mendatangkan pengunjung ada pula yang sepi pengunjung atau ada yang baca tapi dibaca sendiri.

Kualitas sebuah artikel memang bisa dilihat dari jumlah pembacanya semakin banyak tentu semakin bagus namun jika artikel sobat sepi pengunjung jangan dulu berkecil hati dan membuat semangat menulis kendur karena banyak faktor yang membuat pegunjung tidak menemukan artikel sobat salah satu yang paling berpengaruh adalah masalah pengindeksan URL oleh mesin pencari dan meskipun sudah terindeks belum begitu berarti jika belum tampil dihalaman awal mesin pencari.

Disinilah kesabaran seorang blogger diuji karena proses pengindeksan dan tampil dihalaman 1 Google butuh proses dan parahnya tidak menjamin semau artikel yang ditulis bisa tampil dihalaman awal sehingga akibatnya sepi pengunjung. Namun Apakah Sobat akan berhenti menulis jika artikelnya ternyata sepi pengunjung?

Falsafah Menanam Padi Dalam Blogging


Pernahkah sobat mendengar ungkapan, " Menanam padi akan tumbuh padi walaupun kadang tumbuh rumput namun jangan harap menanam rumput akan tumbuh padi". Jika dikaitkan dengan ilmu blogging bisa diartikan demikian, jika sobat memposting artikel diniatkan untuk berbuat kebaikan (Berbagi ilmu) Saya yakin akan mendatangkan kebaikan juga meskipun terkadang hasilnya tidak sesuai harapan karena itu tadi artikelnya sedikit yang baca namun setidaknya sobat sudah berniat untuk berbuat kebaikan..

Para petani sewaktu menebar benih tidak tahu pasti apakah nantinya benih padi tersebut akan tumbuh menjadi padi yang melimpah, terkadang setelah merawat sampai 3 bulan hasilnya tidak sesuai harapan misalnya saja terkena hama atau kekeringan sehingga padinya puso. Toh nyatanya meskipun petani sudah tahu resiko tersebut tak menyurutkan keinginan para petani untuk menanam padi.

Begitu juga sobat sebagai blogger saat memposting artikel pastinya tidak tahu secara pasti apakah setelah sebulan atau lebih artikel tersebut akan mendatangkan banyak pengunjung bisa saja gagal. Saya yakin sobat pasti tahu resiko tersebut jadi apapun hasilnya nanti teruslah menulis dengan keyakinan bahwa artikel yang sudah sobat posting akan mendatangkan kebaikan.

Kebaikan tersebut tidak hanya dinilai dengan jumlah pengunjung yang banyak, meskipun pengunjungnya sedikit kalau artikel tersebut memberikan manfaat bagi orang lain itu juga sudah termasuk kebaikan. Kalau pengunjungnya sedikit penghasilannya sedikit Dong? belum tentu. Berdasarkan pengalaman saya blog-blog kecil saya yang trafiknya kecil namun karena isinya tutorial terkadang meskipun jumlah klik nya sedikit mampu mengalahkan blog-blog utama saya.

Pesan yang ingin saya sampaikan pada artikel ini adalah jika sobat sudah berniat menjadi seorang blogger, menulislah tanpa beban kembangkan semua ide-ide yang ada dipikiran menjadi sebuah tulisan. Percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil, jika sobat konsisten menulis suatu saat akan menikmati hasilnya. Semoga Bermanfaat !


  
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

setuju banget, mas. kalo kita posting artikel itu ibarat nanam padi. setiap artikel adalah nanam padi dan nanti pasti ada hasil yg akan didapat.

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam