Alamat Pengiriman Tidak Ditemukan Jasa Ekspedisi, Ini Solusinya

Alamat Pengiriman Tidak Ditemukan Jasa Ekspedisi, Ini Solusinya

DWISU.WEB.ID  - Bagi pebisnis toko online Alamat Penerima merupakan poin penting yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Itulah mengapa setiap toko online selalu meminta alamat lengkap sebelum mengirim pesanan kepada pembeli.


Namun faktanya tidak setiap pembeli memiliki alamat yang lengkap, ada yang tidak memiliki nama jalan, Nomor rumah bahkan ada pembeli yang tinggal di Kos-kosan. Lantas jika Anda menemukan pembeli semacam ini apakah akan ditolak? Menurut saya tidak harus ditolak karena paket tersebut tetap bisa sampai ke tujuan asalkan disertai dengan patokan tempatnya.

Memang mengirimkan paket melalui jasa ekspedisi dengan alamat yang kurang lengkap tetap beresiko mendatangkan masalah misalnya alamat pengiriman tidak ditemukan jasa eksepedisi atau kurirnya. Meskipun sebenarnya kalau Kurirnya punya inisiatif bisa menghubungi penerima melalui nomor HP yang tercantum namun bisa saja jaringan dilokasi pengiriman jelek , pulsa kurirnya habis atau penerima sedang tidak aktif.

Lalu bagaimana jika Alamat pengiriman tidak ditemukan Jasa ekspedisi? Nah…untuk menjawabnya kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang hal tersebut kebetulan saya baru saja mengalaminya. Saya mendapatkan pembeli Cetakan Martabak Mini Anti Lengket 7 lubang yang berasal dari Kab Boyolali Jawa Tengah. Pembeli hanya mencantumkan nama dusun RT RW ,Desa, Kecamatan, Kabupaten serta nomor HP tanpa nomor rumah dan nama jalan.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya dimana saya pernah mengirimkan paket pesanan pembeli yang alamatnya tanpa nomor rumah ternyata bisa sampai sayapun langsung menerima pesanan tersebut. Pertimbangan saya lainnya toh ada nomor HP nya, kurir nantinya bisa menghubungi  penerima kalau kesulitan. Faktanya Hari Kamis Tanggal 11 Oktober 2018 paket dikirim hingga Hari Sabtu belum juga sampai ke tujuan padahal estimasi pengiriman 2-3 hari. Saya menggunakan jasa ekspedisi TIKI reguler.

Saya Tracking pada tanggal 13 Oktober paketnya ternyata masih di Tiki Salatiga, Saya pikir mungkin besoknya dikirim ke tujuan karena jarak Salatiga - Boyolali sudah dekat yaitu sekitar 1 jam perjalanan. Namun hingga Hari Senin Sore belum ada konfirmasi penerimaan dan saat saya tracking posisi barang masih di Salatiga. Anehnya lagi pada hasil tracking terdapat keterangan Alamat tidak dikenal. Wah…saya langsung berpikir Ada yang tidak beres sepertinya.

Sayapun berinisiatif menghubungi Tiki melalui CALL CENTERNYA 1500125. Tak sulit untuk berbicara langsung dengan customer service walaupun tidak gratis. Setelah tersambung saya menanyakan paket yang belum sampai ketujuan. Customer menanyakan No Resi pengiriman. Setelah dicek penyebabnya katanya alamat tidak ditemukan. Customer service menyarankan untuk merivisi alamat pengiriman.

Sayapun kemudian menghubungi pembeli dan mengatakan kurirnya tidak menemukan alamatnya dan solusinya merevisi alamat penerima. Pembeli sempat bingung juga karena alamat yang ditulis sudah lengkap namun akhirnya pembeli meminta alamatnya diganti saja dengan alamat yang mudah dijangkau dan lebih mudah ditemukan.

Menariknya lagi alamat yang diberikan juga sama tidak ada nomor rumah dan hanya beda desa namun dikasih patokan Rumah Pak RW kebetulan Pembeli ini Anaknya. Sayapun kembali menghubungi Tiki sekitar jam 12 siang dan meminta revisi Alamat pengiriman setelah dicatat oleh customer service saya juga disuruh mengirim email untuk menguatkan permintaan revisi tersebut. Sayapun kemudian mengirimkan email ke Tiki.

Sekitar jam 6 sore saya menerima klarifikasi dari Pembeli kalau peket pesanan sudah Sampai, Alhamdulillah. Meski sampainya lebih lama dari estimasi waktu pengiriman yang penting paketnya sampai dengan selamat.

Dari pengalaman ini jika Anda membeli barang secara online atau mengirim paket melalui jasa ekspedisi dan kurirnya tidak menemukan alamat, beberapa langkah yang perlu anda lakukan :

1.Menginformasikan kepada penerima kalau ada kendala dalam pengiriman.
2.Pro Aktif menghubungi Jasa Ekspedisi dan minta solusinya serta pantau keberadaan paket dengan Tracking.
3. Merevisi Alamat yang lebih mudah ditemukan.

Demikianlah pengalaman saya menerima paket toko online dimana alamat pengiriman tidak ditemukan Jasa Ekspedisi, Meski jadi repot namun demi kepuasan pembeli mau tak mau harus dilakukan. Semoga Bermanafaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam