Salah Pilih Domain Akibatnya Bisa Fatal

Salah Pilih Domain Akibatnya Bisa Fatal

DWISU.WEB.ID – Domain tingkat tinggi atau Top Level Domain (TLD) memiliki arti penting bagi blogger atau pebisnis online. Apalagi bagi blogger yang mencari penghasilan dari blog cenderung lebih memilih menggunakan domain TLD daripada domain gratisan. Memang blog dengan domain TLD memiliki kelebihan seperti terlihat profesional meski tergantung kontennya juga, Mudah diingat atau ektensinya bermacam-macam ada COM, NET, ORG, ID, CO ID, WEB ID dan masih banyak lagi.
web domain

Terlebih lagi bagi blogger pemain Job review, domain TLD bisa jadi suatu keharusan karena rata-rata Advertiser lebih memilih bekerja sama dengan blog-blog berdomain TLD. Saya termasuk blogger yang sudah merasakan penghasilan dari Job review ini dan menurut saya peluangnya masih bagus apalagi disaat Adsense semakin sulit.

Itulah mengapa saya memiliki 3 blog TLD harapannya semakin banyak penghasilan yang saya dapatkan dari Job review. Sejak penghasilan dari Adsense kian menurun sayapun lebih memprioritaskan Job review. Saya berusaha agar 3 blog saya terlihat hidup dengan aktif posting meskipun tidak tiap hari agar peringkatnya naik dan menarik minat advertiser.

Tak hanya itu saya juga menambah amunisi baru untuk Job review ini yaitu dengan membuat blog TLD lagi. Domain yang saya pilih PALINGUNTUNG DOT COM. Seperti domain-domain saya yang lainnya saya tak banyak pilah-pilih yang penting unik dan dicek tersedia langsung saya pesan. Beberapa domain yang pernah saya beli SERAGAMTOKO DOT COM (Expired), OVACANTIK DOT COM (Expired), MEDIAKOMPILASI DOT COM, INFOPOJOK DOT COM, DWISU WEBID, CETAKAN7 WEBID. Semuanya tak pernah mengalami masalah dalam pengindeksan Google, semuanya terindeks.

Domain Baru Ternyata Salah Pilih


Seperti blog-blog saya lainnya setelah blog jadi saya mengisinya dengan artikel lalu mendaftarkannya ke search console.(Webmaster) dan mempromosikannya baik melalui blog Jaringan sendiri maupun media sosial. Namun Saya kok merasakan keanehan seminggu, dua minggu URL domain tak kunjung terindeks.

Saya tahu karena saya ketikkan site:namadomain dipencarian Goolge ternyata tak kunjung muncul bahkan hingga dua bulan apalagi halamannya. Sampai akhirnya saya tahu kalau domain saya kena cekal/pinalti Google sehingga tidak terindeks Google dengan Tuduhan Melakukan Spam Murni. Informasi selengkapnya bisa sobat baca pada artikel saya sebelumnya : Blog Baru Tak Terindeks Google, Ini Penyebabnya.

Sayapun melakukan investigasi Domain tersebut karena saya merasa blog saya tidak melakukan pelanggaran, Gimana tidak umurnya juga belum 2 bulan dan artikelnya baru 9 biji yang semuanya saya tulis sendiri, No Copas apalagi nge-GRAB. Hasil investigasi menunjukkan domain yang  baru saya beli merupakan domain expired/Bekas pakai (Age Domain).

Dari hasil pengecekan histori domain melalui situs archieve org saya bisa mengetahui kalau domain tersebut pernah dipakai untuk situs investasi emas pada tahun 2011. Namun yang lebih mengejutkan lagi adalah ketika saya cek peringkat domain melalui MOZ ternyata hasilnya tak jauh beda usia domain 8 tahun dan sudah memiliki backlink sebanyak 589. PA/DA 31/23. Ajiib banget kan…blog umur 2 bulan peringkatnya bagus banget!

Dugaan kuatpun mengarah pada riwayat domain tersebut yang menjadi pangkal masalah. Mungkin pemilik domain yang sebelumnya melakukan SPAM MURNI. Maklum situs tersebut bisa dikatakan situs bisnis investasi emas tentu berusaha dengan segala macam cara agar situsnya ditemukan banyak pengunjung. Bisa jadi Domain tersebut tidak diperpanjang karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi oleh pemiliknya.

Nah…sekarang saya yang menanggung akibatnya karena menggunakan domain PALINGUNTUNG DOT COM. Saya merasa salah pilih domain sehingga akibatnya bisa fatal begini. Memang sih Google Memberikan kesempatan untuk Minta peninjauan Manual dari Tim Goolge. Namun masalahnya tidak ada jaminan diterima peninjauannya. Walaupun nantinya diterima bandingnya apakah 589 backlink-backlink yang sudah tertanam kualitasnya bagus semua, gimana kalau kualitasnya rendah apa nantinya tidak jadi masalah? Puyeng bukan beli domain expired?

Kesimpulan dari pengalaman saya ini adalah jika sobat ingin membeli Domain , langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengecek histori Domain. Saya menyarankan untuk membeli domain yang fresh atau belum pernah dipakai situs lain sebelumnya. Jangan tergiur dengan peringkatnya tapi yang lebih penting adalah perkembangan blog kedepannya. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam