Blak Blakan! Ini Dia Semua Blog Milik Saya

Blak Blakan! Ini Dia Semua Blog Milik Saya

DWISUWEBID - Tahukah Sobat kalau saya sebenarnya memiliki blog lebih dari satu? Bagi sobat blogger yang sering blogwalking keblog saya mungkin ada yang tahu sebagian. Khususnya yang menjadi follower Gplus atau Teman Facebook karena setiap posting otomatis share ke Gplus dan manual ke facobook.

Daftar Blog

Bagi sobat yang baru kenal mungkin hanya tahu blog ini, Nah atas dasar itulah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info seputar blog-blog yang saya miliki. Tujuan saya bukan untuk gaya-gayaan namun sekedar untuk memberi gambaran bahwa memiliki blog lebih dari satu syah-syah saja dan sangat memungkinkan dilakukan oleh siapa saja.

Melalui artikel ini saya juga ingin berbagi pengalaman perjalanan ngeblog saya mulai dari Nol hingga sekarang. Dari beberapa blog yang saya miliki sebagian aktif diupadate sebagiannya lagi saya biarkan begitu saja. Rata-rata blog sudah mendapatkan trafik organik dari google jadi meskipun tidak diupdate ada saja pengunjungnya.

Rencana besar saya sebenarnya ingin menjadikan blog-blog tersebut sebagai mesin penghasil uang dari adsense karena saya berpikir semakin banyak blog penghasilannya juga akan semakin besar. Namun dalam perjalanannya ternyata sulit untuk mendapatkan trafik yang tinggi karena keterbatasan saya tidak bisa rajin menulis untuk blog-blog saya tersebut sehingga saya memilih blog yang perfomanya bagus yang terus saya Update artikelnya.

Baiklah berikut Daftar Blog yang saya miliki hingga saat ini :

1.Belajar Elektronika Dari Dasar
Blog ini merupakan blog pertama saya didunia blogging yang dibuat dan posting pertama kali pada 13/11/2011. Pertama kali ngeblog saya sering membaca tutorial kalau mau membuat blog sebaiknya sesuaikan dengan hobi atau minat. Nah... kebetulan saya hobi elektronika khususnya rakit merakit komponen.Alhasil akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog dengan Niche Elektronika.

Waktu itu karena masih pemula saya sedikit kesulitan dalam membuat artikel namun saya berusaha semampunya hingga akhirnya bisa posting perdana lalu disusul posting-posting selanjutnya. Blog yang saya buat memang saya khususkan untuk blog tutorial kebetulan saya pernah ikut pelatihan elektronika di BLK [Balai Latihan Kerja] DEPNAKER di kampung saya selama 3 bulan. Saya berpikir kalau ilmu yang saya dapatkan dari pelatihan tersebut saya bagikan ke blog tentu banyak manfaatnya terutama bagi yang ingin belajar elektronika.

Sayangnya setelah menulis hingga 15 artikel trafiknya bisa dibilang kurang bagus dan saya kesulitan menulis artikelnya karena jenisnya tutorial. Sayapun memutuskan untuk membuat blog dengan topik lain namun uniknya meski saya jarang update namun trafiknya stabil dan bisa menghasilkan Klik dari Adsense.

Ditengah persaingan blog yang semakin ketat dan Algoritma yang sulit untuk ditaklukan membuat trafik blog-blog saya menurun sehingga sayapun harus bekerja keras untuk mendatangkan trafik. Salah satunya dengan memanfaatkan blog otoritas atau blog niche yang saya miliki seperti blog Belajar elektronika dari dasar yang terbukti mampu mendatangkan trafik tak terpengaruh Algoritma Google.

Nama Blog= Belajar Elektronika dari Dasar
Niche = Elektronika
URL= https://www.bisaelektronika.blogspot.com
Jumlah Artikel = 15 Post

2.Bisnis Toko Kelontong
Blog kedua ini juga saya buat berdasarkan minat karena kebetulan waktu itu saya menekuni bisnis toko kelontong. Diblog ini saya banyak menulis tips dan trik seputar Bisnis toko kelontong. Perkembangan blog ini cukup bagus karena semakin lama trafik semakin meningkat bahkan pernah menembus 1000 per hari.

Dari blog inilah saya mulai mendapatkan penghasilan dari iklan CPC lokal meski kecil cuma Rp.100.000 sekali Pay Out. Sayangnya meski trafiknya lumayan bagus ketika saya daftarkan ke Google Adsense selalu ditolak. Hingga Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog lain.Saya memilih membuat blog Gado-Gado pertimbangan saya lebih mudah membuat artikelnya dibandingkan dengan blog niche apalagi yang mini site seperti blog Bisnis Toko kelontong

Nama Blog= Bisnis Toko kelontong
Niche = Bisnis
URL= https://www.bisniswarung.blogspot.com
Jumlah Artikel = 183 post

3.Audio Terbaru
Hampir mirip dengan 2 blog sebelumnya blog ini juga saya buat berdasarkan minat dalam bidang Audio. Tujuan awalnya sebenarnya untuk eksperimen membuat blog niche dengan mengincar Kata kunci tertentu. Dengan modal beberapa artikel ternyata ada 1 artikel yang masuk halaman pertama Google sehingga trafiknya bisa ratusan.

Artikel yang berupa review juga ada yang mendatangkan trafik yang lumayan namun saya tidak serius melanjutkan karena saya ragu jika blog tersebut saya pasang iklan Adsense karena gambar produk kebanyakan nyomot dari website resminya.

Barulah sekarang saya terpikirkan untuk melanjutkan menulis di blog tersebut dengan pertimbangannya ternyata aman mengambil gambar dari website resminya kebetulan ada teman blogger yang memiliki blog dengan niche tekno dan gambarnya mengambil di internet. Terbukti setelah saya pasang iklan di blog ini saya belum mendapatkan teguran.

Nama Blog= Audio Terbaru
Niche = Tekno/Audio
URL= https://www.audioterbaru.blogspot.com
Jumlah Artikel = 39 post

4.Media Kompilasi
Blog ini saya buat pada 04/02/2015 awalnya untuk saya daftarkan ke Google Adsense, pertimbangannya blog yang masih fresh/baru lebih mudah diterima dari pada blog yang sudah banyak artikelnya. Terbukti saya sudah 2 kali ditolak Adsense dengan 2 blog yang berbeda.

Blog ini awalnya blog dengan TLD dengan domain gratisan dari freenom ektensinya GA jadi URL nya mediakompilasi dot ga. Saya memilih menjadikan blog ini blog gado-gado atau multiniche. Tak disangka-sangka setelah saya daftarkan ke Adsense langsung diterima.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan ganti domain berbayar dot com agar lebih profesional. Blog ini perkembangannya bisa dibilang cukup pesat karena memang saya mudah menulis artikelnya sehingga bisa produktif menulis.

Nama Blog= Media Kompilasi
Niche = Multi niche/Gado-gado
URL= https://www.mediakompilasi.com
Jumlah Artikel = 861 post

5.Info Pojok
Blog yang saya buat pada 29/12/2015 ini dilatar belakangi dengan kekuatiran saya kalau blog Media Kompilasi dihapus oleh Google karena hosting diblogger. Kekuatiran itu muncul karena ada yang iseng melaporkan blog saya KE Google dengan tuduhan yang tidak jelas. Dikemudian hari terbukti kalau tuduhan itu tidak terbukti dan Google mengabulkan banding saya.

Mesin blog yang relatif aman adalah menggunakan CMS Wordpress karena semuanya berbayar baik domain maupun hostingnya. Awalnya saya berencana migrasi ke wordpress namun karena prosesnya tidak mudah dan beresiko kehilangan trafik jika salah setting akhrinya niat itu saya urungkan.

Saya lebih memilih membuat blog Wordspress baru yaitu blog Info Pojok ini. Dengan blog ini saya mulai belajar membangun blog Wordpress harapannya jika suatu saat blog Media Kompilasi bermasalah saya sudah tahu teknis ngeblog dengan Wordpress jadi saya tidak mengalami kesulitan. Saya memilih topik Bisnis untuk blog ini jadi jenisnya Niche Blog.

Perkembangan blog ini sebenarnya lumayan bagus meskipun belum maksimal namun sayangnya pada Algoritma Goolge terbaru beberapa artikel andalan rontok peringkatnya sehingga trafiknya turun.

Nama Blog= Info Pojok
Niche = Bisnis
URL= https://www.infopojok.com
Jumlah Artikel = 160 post

6.DWISU WEBID
Blog yang sedang sobat kunjungi ini merupakan blog pertama saya yang jenisnya Gado-gado. Saya buat blog ini pada 13/11/2012 Awalnya blog ini menggunakan domain gratisan dan saya membuat blog ini untuk melatih menulis karena saya bisa bebas menulis topik apa saja. Waktu itu tidak ada niatan untuk memonetisasi blog ini.

Bertambahnya pengetahuan saya tentang internet marketing [IM] membuat saya tertarik untuk membuat blog untuk memperkuat personal branding saya. Itulah mengapa saya ingin membuat blog dengan domain yang menggunakan nama saya namun saya singkat menjadi DWISU kepanjangan dari Dwi Sugiarto

BACA JUGA : Mas Dwi Blog Ganti Domain Baru DWISUWEBID 

Saya memilih mengganti domain gratisan dengan TLD yang saya beli pada 19/01/2017 dari pada membuat blog baru lagi karena kebetulan artikelnya belum banyak dan artikelnya juga orisinil.

7.Paling Untung
Saya membangun blog ini rencananya akan saya gunakan bermain Adsense dan saya memilih topik bisnis karena BPK iklannya lumayan bagus. Meskipun sebenarnya sudah ada blog Info Pojok. Setelah mengalami sendiri menggunakan CMS Wordpress bisa dibilang lebih cocok untuk blogger profesional artinya blog memang dibangun untuk menghasilkan uang jadi kalau trafiknya sepi termasuk rugi karena harus bayar hosting dan domain.

Saya saja yang hanya berlangganan hosting 500 MB harus mengeluarkan uang sebesar Rp.275.000 per tahun dengan domain. Kalau jumlah artikel semakin banyak biayanya semakin besar. Berbeda dengan jika saya menggunakan hosting diblogger saya cukup membayar domainnya saja. Saya bisa menulis sebanyak-banyaknya tanpa kuatir kehabisan Disk space hosting.

Nama Blog= Paling Untung
Niche = Bisnis
URL= https://www.palinguntung.com
Jumlah Artikel = 25 post

Bagi Sobat yang mau mampir Silahkan Semoga Bisa memberi Manfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 komentar

Saya dulu ada blog di blogger, lalu pindahin ke drupal, hostingnya lumayan mahal 1,2 / tahun, sedangkan webnya juga tidak berpenghasilan apa-apa haha, cuman buat test2 aja... malah menghasilkan dari blog, sebaiknya memang kalau mau di hosting harus dipikir dulu secara matang2, karena gak bisa instan,ketekunan dan keuletan, sama saja kayak orang bisnis di dunia nyata...
Nah kalau dari sisi ngeblog untuk dapet hasil dari adsense, saya pikir untuk seperti saat ini, belum begitu menguntungkan, kalau trafik blog cuma seribuan,, yakin bisa sebulan sekali ? nah jadi uang dari adsen hasil ngeblog itu hanyalah penghibur saja.. hahah, cukup buat beli pakan ayam sebulan sama kouta buat bikin channel youtube hahah...
Namun saya pribadi dari segi blog sekarang lebih mengaarahkannya ke bisnis secara pribadi, seperti mang dwi yang jualan di websitenya, yang penting punya nama dulu, entar orang percaya buat beli sama kita .. gitu sih mungkin, jadi itu mungkin bisa juga yah disebut personal branding ?? atau enggak yah hahah...
Memang harus didiskusikan secara lebih lanjut, agar kesejahteraan para blogger sejati terjamin... hahah

Balas

wah sampean blogger sejati mas. punya banyak blog yg yahuuuud. kalo saya bakalan mumet ngurusin blog sebanyak itu. masalahnya pada postingan, bakaln cepat kehabisan ide.

Balas

lumayan banyak juga....
btw, yang penting produktif.

Balas

aku juga punya banyak cuma ngggak keurus mas cuma untuk linkwheel aja

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam