Ujian Sesungguhnya Bagi Seorang Blogger

Ujian Sesungguhnya Bagi Seorang Blogger

DWISU.WEB.ID – Menjadi seorang blogger memang mudah saya yakin siapapun bisa. Bahkan Tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun karena ada mesin blog gratisan seperti blogspot atau wordpress. Namun menjadi blogger sejati itu yang sulit. Apa yang dimaksud blogger sejati? Bisa saya katakan blogger sejati adalah bloger yang niat awalnya memang ingin menulis dan berbagi.

ujian blogger

Blogger sejati tidak hanya memikirkan apa yang akan didapatkan dari kegiatan blogging namun lebih banyak karena memang suka menulis dan berbagi. Saya sangat suka dengan prinsip beberapa blogger yang saya kenal mengatakan ngeblog merupakan hobi yang dibayar. Tak bisa dipungkiri ngeblog memang bisa menghasilkan uang dan itu terbukti karena saya sudah merasakannnya.

Wajar saja jika kemudian blogger kekinian belum apa-apa orientasinya sudah ke uang, belum lama membuat blog, pertama kali yang ditanyakan bagaimana sih cara menghasilkan uang dari blog? Padahal blogger sejati keinginan utamanya adalah menulis dan berbagi yang ditonjolkan.

Banyak teman sesama blogger yang sukses mendulang uang dari blog walaupun hanya sebagai pekerjaan sampingan. Bahkan sampai-sampai memiliki banyak blog. Namun akhir-akhir ini blogger banyak diuji terutama yang mengharapkan penghasilan dari blog karena Up date algoritma google yang menyebabkan peringkat blognya turun sehingga trafikpun turun drastis. Akibatnya penghasilan dari blogpun ikut turun.

Disinilah ujian sesungguhnya bagi seorang blogger apakah akan konsisten menulis atau memilih berhenti ngeblog. Saya sendiri merasakan ujian ini dimana saya saat ini memiliki 4 buah blog TLD dan beberapa buah blog gratisan. Jika melihat penghasilan yang ada kok rasanya berat untuk melanjutkan menulis di blog karena tidak seimbang dengan usaha yang saya lakukan.

Tapi saya mengambil keputusan dengan cepat, SAYA AKAN TETAP NGEBLOG apapun keadaannya. Biarlah saat ini penghasilan menurun tapi menulis jalan terus. Alhamdulillah saya tetap konsisten menulis tiap hari yang saya publikasikan ke 4 blog saya bergiliran.

Saya jadi ingat pernah menulis artikel yang berjudul Menghasilkan Uang Karena Blog. Kesimpulan dari artikel tersebut adalah jika saya mendapatkan uang DARI blog maka saya harus mengejar trafik sebanyak-banyaknya tapi jika saya ingin mendapatkan uang KARENA blog saya tidak harus mengejar trafik saya hanya perlu konsisten menulis. Pada waktunya nanti akan ada pihak tertentu yang mengajak kerja sama dengan saya.

Faktanya memang demikian meski trafik blog menurun saya masih sekali dua kali mendapatkan tawaran kerja sama yang imbalannya lumayan. Makanya saat ini saya lebih enjoy dalam ngeblog pokoknya menulis apa saja yang akan saya tulis. Peduli amat dengan kata kunci, posisi artikel atau backlink. Jika memang artikel saya bermanfaat, saya yakin pengunjung akan datang dengan sendirinya. Dan itu memang ditekankan oleh Google seperti yang tertuang dalam webmasternya bahawa blog yang bagus adalah tujuan utamanya untuk pengguna bukan mesin pencari.

Semoga Bermanfat dan tetap semangat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 komentar

setuju dengan kalaimat ini: "Padahal blogger sejati keinginan utamanya adalah menulis dan berbagi yang ditonjolkan."

Mari kita lanjutkan untuk berbagi.

Balas

belum dapat artikel jadi kendala juga

Balas

Blogger sejati, korban waktu, korban uang ya malah. Bukan mikirin uang.
Blogger sejati lebih inti kegiatannya juga pada menjalin silaturahmi lewat BW, kalau yang mikirin uang biasanya sambil nyepam juga komennya.
Saya follow blog nya ya kak

Balas

Hobby ku menulis dan berbagi
Lewat blog kupublikan puisi
Namun tidak merasa rugi
Walau belum dapat pundi-pundi
Apa aku sudah bisa disebut blogger sejati

:)

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam