Skip to main content

Perpanjangan Domain Kedua Sukses, Ini Dia Perkembangannya

DWISU.WEB.ID – Tak Terasa setahun sudah saya memperpanjang domain ini untuk pertama kalinya dan sudah saatnya saya memperpanjang domain untuk kedua kalinya. Seperti biasanya saya menerima email pengingat perpanjangan dari registar domain IDWEBHOST sebulan sebelum jatuh tempo yaitu 19 Jan 2019.
Perpanjangan Domain

Kebetulan saya memiliki domain lain yang harus diperpanjang pada bulan depan juga malah kurang semingguan lagi jadi sekalian memperpanjang keduanya. Kebetulan dua domain tersebut beda registar, domain ini di IDWEBHOST satunya lagi di Domosquare. Di Idwebhost ada 3 domain terparkir sedangkan di Domosquare juga3 domain.

Untungnya 2 domain tersebut berekstensi WEBID semua jadi biaya yang saya keluarkan tidak banyak karena harganya Cuma Rp.55.000 x 2 semuanya jadi Rp.110.000. Coba kalau saya pakai ekstensi COM bisa keteteran bayarnya. Ini bisa menjadi sebuah pelajaran kalau berencana memiliki domain lebih dari satu sebaiknya belinya jangan bersamaan kasih tenggang yang lama jadi bayarnya tidak berat.

Pada proses perpanjangan domain DWISU.WEB.ID ini saya awali dengan mengajukan Invoice agar saya tahu berapa uang yang harus saya transfer. Setelah Invoice turun jumlah yang saya bayar totalnya Rp.60.390. Loh Bukannya Rp.55.000 ? Kalau perpanjangan domain di IDWEBHOST memang terkena pajak sebesar 10% . Rinciannya Rp.54.900 + PPN Rp.5.490 = Rp.60.390.

Ada hal yang menarik pada pembayaran kali ini karena bersamaan dengan membayar diregistar lain, ternyata diregistar lain tidak terkena pajak jadi Cuma bayar Rp.55.000. Setelah 2 invoice turun saya bergegas ke ATM terdekat untuk transfer uangnya. Setelah sukses saya melakukan konfirmasi ke Idwebhost. Beberapa saat kemudian barulah ada konfirmasi kalau pembayaran sudah valid sehingga domain ini sukses diperpanjang.

BACA JUGA : Perpanjangan Pertama Domain Dwisu WEBID di IDWEBHOST 


Umur Domain Bertambah Jalan Kesuksesan Semakin Berat


Meski umur domain menjadi 2 tahun tapi tidak menjadi ukuran sebuah kesuksesan. Jika dilihat dari statsitik selama setahun belum banyak kemajuan yang berarti selain bertambahnya postingan. Bahkan saya bisa mengatakan jalan kesuksesan semakin berat, trafik sulit diraih sejak disempurnakannya Algoritma Google.

Namun Layar sudah terkembang Pantang Surut ke Belakang, blog personal ini harus tetap eksis meski performanya belum menggembirakan. Modal sudah ditangan artinya blog sudah terindeks, trafik organik sudah mengalir tinggal bagaimana mengatur strategi agar pengunjung lebih banyak yang datang.

Meski masih jauh dari kata sukses saya tetap bersyukur karena blog personal ini menunjukkan sedikit kemajuan, Berikut statistik selama 1 tahun :


  1. Peringkat PA/DA = 27/20 meningkat dibandingkan tahun lalu 25/12
  2. Page View Harian = 1000-an [Tetap]
  3. Total Postingan setahun 116 meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 95 postingan dari total 271
  4. Total Page view = 658.400 atau bertambah 658.400 – 235.180 = 423.220
  5. Penghasilan Adsense =  $ 39.44 USD, Job review 13 post senilai Rp.1.300.000


Ditahun 2019 atau memasuki tahun ke-3 nanti saya akan berusaha lebih produktif lagi terutama dari segi jumlah postingan, harapannya minimal 2 hari sekali bisa posting meskipun cukup berat karena saya juga harus mengurus blog-blog lain. Jika tidak tentu blog personal ini akan diam ditempat. Padahal idealnya dengan bertambahnya usia domain blog akan semakin matang karena pola pengunjung sudah terbaca.

Bagaimana dengan Blog personal Sobat ditahun ini apakah ada kemajuan yang berarti? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar