2 Resolusi 2018 Terwujud Sisanya Gagal

2 Resolusi 2018 Terwujud Sisanya Gagal

DWISU.WEB.ID – Manfaat membuat sebuah resolusi ngeblog diawal tahun adalah mengetahui mana-mana resolusi yang berhasil diwujudkan dan mana yang gagal. Hal ini bisa menjadi pertimbangan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan selanjutnya. Setahun lalu saya membuat sebuah resolusi yang sudah saya tulis Disini.
 Resolusi 2018 Terwujud

Dari 5 resolusi yang saya canangkan ternyata hanya 2 yang terwujud atau hanya 40 % saja. Tanda apakah ini? Saya sadar masih banyak yang belum saya lakukan untuk mencapai 5 resolusi tersebut karena faktanya berbeda tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Meskipun tidak bisa dibilang gagal total namun ini tentu bisa menjadi tanda ada sesuatu yang harus diperbaiki dari Internet marketing yang saya lakukan.

2 Resolusi yang Terwujud adalah :

1.Membeli Domain baru
Awal tahun 2018 saya memutuskan untuk membeli domain baru yaitu cetakan7.web.id yang saya gunakan untuk bisnis online shop saya. Sengaja saya membeli domain yang berekstensi web.id karena harganya yang murah dan ekstensi ini bisa menambah kepercayaan pembeli karena untuk mendaftarkan domain harus melampirkan bukti KTP.

Meskipun Online shop ini perkembangannya belum bagus namun Alhamdulillah sudah menghasilkan penjualan. Rencananya saya sebenarnya hanya menargetkan membeli 1 domain saja namun kenyataannya saya justru mendaftarkan 3 Domain baru masing masing palinguntung.com pada bulan Agustus 2018, tayanglagi.web.id dan infopojok.web.id pada akhir tahun 2018.

Semua domain itu saya gunakan untuk membangun blog baru, meskipun berat namun saya akan berusaha semampunya agar 3 blog tersebut bisa berkembang.

2.Meningkatakan PA/DA
Saya perlu meningkatkan peringkat PA/DA karena saya menganggap saat itu bisnis jasa tanam backlink lebih menguntungkan dari pada adsense. Tidak banyak yang saya lakukan hanya membuat artikel seperti biasanya kemudian membagikannya kemedia sosial.

Alhamdulillah meskipun peningkatannya sedikit tapi DA nya ideal untuk bisnis Job review, Blog DWISU PA/DA (27/20), Blog MediaKompilasi PA/DA (29/23). Pencapaian ini tentu perlu dipertahankan dengan rajin atau setidaknya aktif posting meskipun blog bertambah banyak.

3 Resolusi yang gagal saya raih adalah :

1.Meningkatkan Trafik 5 Blog
Tahun 2018 bisa dibilang merupakan tahun ujian bagi eksistensi ngeblog saya karena trafik sulit untuk diraih. Boro-boro untuk meningkatkan trafik sekedar untuk mempertahankan 1 blog saja saya sudah kesulitan. Puncaknya pada November lalu dengan diperbaharuinya Algoritma Google. Ada satu blog saya yang trafiknya terjun bebas .

Kejadian ini menjadi pukulan telak buat saya apakah masih akan tetap ngeblog atau tidak namun untuk saat ini saya masih akan terus ngeblog #2019TetapNGEBLOG.

2.Upgrade Akun Adsense YouTube
Ini urung saya lakukan karena pertimbangan keamanan akun dan monetisasi. Mendapatkan persetujuan dari Youtube agar channelnya bisa dimonetisasi cukup sulit. Jika saya gabungkan dengan Blog saya kuatir salah satunya ada yang bermasalah sehingga berpengaruh terhadap akun secara keseluruhan.

Saya memutuskan akun yang khusus bermain Youtube sendiri dan yang untuk bermain blog juga sendiri. Meski nantinya PO nya lama nggak jadi masalah yang penting menghasilkan itung-itung menabung.

3.Aktif di Youtube
Sejak channel bisa dimonetisasi sebenarnya saya lebih semangat untuk membuat video namun sayangnya Youtube mengeluarkan kebijakan baru yaitu channel harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam penayangan. Channel saya sempat dismonetisasi karena tidak memenuhi syarat hingga membuat saya agak malas membuat video.

Barulah pada bulan Agustus 2018 channel saya bisa memenuhi syarat dan Alhamdulillah lolos review. Saya sudah berusaha aktif namun saya hanya mampu mengunggah video 1 minggu sekali. Hal ini bisa terjadi karena saya lebih memilih membuat video yang benar–benar bermanfaat bagi pengunjung.

Membuat sebuah video yang bagus juga butuh waktu padahal saya juga harus mengelola blog. Hingga Akhir tahun ini saya baru bisa mengunggah 70 Video.

Bagaimana dengan resolusi ngeblog dan internet marketing sobat apakah terealisasi semua? 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Lumayan mas ada yang terwujud. saya juga cuma sedikit yang terwujud. hehe
semoga 2019 lebih baik yaa.. Amiin..

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam