Skip to main content

Apakah Blog Bisa Diwariskan keanak Cucu?

DWISUWEB.ID – Ada hal menarik yang saya temukan dari sebuah Thread digrup Adsense yang intinya bagaimana nantinya nasib blog ketika pemiliknya meninggal dunia. Bagi saya yang sudah lama terjun kedunia blog seperti sebuah sentilan, Sampai kapan saya akan terus ngeblog sedangkan umur tidak ada yang tahu.
warisan blog

Masih untung jika sebelum memutuskan untuk berhenti ngeblog semua aset blog yang ada bisa laku dijual. Bagaimana jika  anda sedang serius ngeblog, performa sedang bagus tapi takdir menentukan lain? Maut keburu menjemput seperti yang menimpa sahabat saya Mba Siti Taslimah owner Dapur Ima. Bisa-bisa semua usaha  yang sudah anda lakukan lenyap ditelan bumi karena domain tidak diperpanjang atau tidak ada yang mengurus lagi.

Berbeda jika anda meninggalkan harta yang berupa uang tanah atau kendaraan tentunya bisa  diwariskan keanak cucu bagaimana dengan blog apakah bisa diwariskan juga? Nah…ini yang menarik untuk didiskusikan terutama untuk blogger single fighter seperti saya. Kalau blog dikelola secara Tim atau kelas perusahaan mungkin tidak jadi masalah karena ada hitam diatas putih.


Mungkin bagi sebagian blogger membicarakan ajal sesuatu yang tabu tapi suka atau tidak, semua yang hidup akan merasakan mati. Tidak ada salahnya mengantisipasi semua kemungkinan terburuk sedari sekarang khususnya bagi blogger yang memiliki  blog yang mampu menghasilkan uang apalagi penghasilannya besar.

Saya sendiri meskipun penghasilan dari aset blog beserta YouTube masih kecil tapi setidaknya bisa menyumbang minimal 500 ribu per bulan. Rasanya sayang  jika kemudian penghasilan sebesar itu lenyap begitu saja padahal saya sudah mengelolanya bertahun-tahun.

Secara Umum bisa saja blog diwariskan ke Anak  cucu hanya saja bisakah nantinya ahli waris mengelolanya sehingga tetap menghasilkan. Nah..itulah mengapa sejak dini tak ada salahnya Blogger  melakukan hal-hal berikut ini :

1. Kenalkan pengetahuan tentang blog kepada anak dan suami (istri) sedini mungkin

Penting sekali mengenalkan tentang teknis blogging sedini mungkin kepada anak istri minimal bisa posting artikel atau lebih bagus lagi kalau bisa membuat artikel walaupun untuk bisa menulis artikel butuh proses. Artikel memang bisa dibeli sehingga dengan menguasai gimana cara posting sudah bisa  mengelola blog.

Jika anak anda masih kecil tentu belum saatnya mengenalkan teknis  blogging kecuali anak sudah sekolah setingkat SMU. Orang yang paling tepat tentunya istri/suami. Saya rasa jika istri anda sering duduk bersama kemudian anda sedang ngeblog lama-lama akan tahu. Misalnya anda yang menulis artikel kemudian istri yang posting keblog.

2.Informasikan semua blog-blog yang anda miliki

Hal ini juga sangat penting untuk menginformasikan semua aset blog yang anda miliki khususnya yang sudah menghasilkan. Sekali-kali ajak anak atau istri untuk mengunjungi blog anda agar mereka isinya apa saja. Mintai pendapat bagaimana tampilan atau artikelnya.

Jika blog tersebut menggunakan domain/hosting berbayar, tunjukkan dimana belinya  dan cara memperpanjangnya.

Jika mereka mulai tertarik ajarkan kepada anak atau istri bagaimana cara anda membuat  artikel. Syukur-syukur mereka tertarik menjadi penulis diblog Anda.

3.Informasikan Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Bagi blogger tentunya memiliki beragam cara mendapatkan uang dari blog seperti Adsense atau Job review. Beri penjelasan kepada mereka bagaimana caranya masuk ke Adsense, Berapa jumlah penghasilan dan cara mengambil penghasilan  dari adsense.

Jika Anda mendapatkan penghasilan dari Job Review tunjukkan bagaimana caranya  mulai dari membuka email, menghubungi broker/advertiser hingga mencari diwebsite penyedia Job.

Saya yakin jika Anda melakukan ke-3 hal diatas semua aset blog yang anda miliki akan terkelola dengan baik dan tetap menghasilkan meskipun Anda sudah Tiada atau jatuh sakit yang tidak memungkinkan untuk ngeblog lagi. 

Kesimpulannya Blog bisa diwariskan ke Anak Cucu asalkan sebelumnya sudah dikenalkan teknis blogging serta hal lain yang berkaitan.


Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar