Skip to main content

Kelas Blogging Solusi Mengurangi Angka Pengangguran

DWISU.WEB.ID – Pengangguran masih menjadi sebuah masalah Dinegeri ini sampai sampai Yayasan penyalur tenaga kerja diburu pencari kerja padahal harus bayar. Hal ini bisa membuktikan kalau lapangan kerja yang ada tidak sebanding dengan tenaga kerja. Bahkan Menurut data BPS angka pengangguran di Indonesia masih tinggi mencapai 6,78 juta Jiwa. Paradigma kalau mau cari duit harus bekerja sepertinya sulit untuk dihilangkan. Kenapa tidak membuka lapangan kerja sendiri? Kelas Blogging bisa menjadi solusi mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Apa itu kelas blogging? Layaknya kursus atau pelatihan kerja pada umumnya hanya saja pelatihan ini khusus mempelajari bagaimana membuat blog dan mengelolanya. Kelas blogging ini sepertinya belum populer di Indonesia masih kalah  dengan kursus stir mobil atau menjahit. Padahal potensi penghasilan jika sudah menguasai ilmu blogging cukup menjanjikan terbukti banyak blogger yang sukses berpenghasilan jutaan rupiah dari Adsense. Itu baru dari Adsense belum dari cara lain seperti jasa penulisan artikel,  backlink, CPM atau jual produk.

Sayangnya sepertinya pemerintah belum memperhatikan kelas blogging ini buktinya di Balai Latihan Kerja yang dikelola pemerintah tidak memasukkan kelas blogging ini padahal peminatnya cukup banyak  hanya saja karena biasanya tidak gratis bahkan cenderung mahal banyak yang memilih belajar sendiri. Coba kalau pemerintah melalui Kominfo dan depnaker rutin mengadakan kelas Blogging gratis  saya yakin akan banyak peminatnya.

Apalagi jika dalam kelas blogging tersebut mengundang blogger-blogger sukses tentunya kelas tersebut lebih berbobot. Saya yakin jika pemerintah rutin mengadakan kelas blogging akan muncul blogger-blogger profesional yang tentunya akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.


Kelas Blogging Secara Mandiri

Sambil menunggu perhatian pemerintah tak salah jika kelas blogging ini diadakan secara mandiri misalnya disetiap desa.  Nah disinilah peran blogger yang sudah lebih dulu terjun untuk berbagi ilmu dikelas blogging.  Ajak teman ,tetangga atau siapa saja untuk belajar mengelola blog sampai bisa menghasilkan atau minimal dasar-dasarnya.

Seperti yang dilakukan Komunitas IM (Internet Marketing) Cikarang Bekasi sebuah  komunitas berkumpulnya penggiat Intenet Marketer mulai dari pemain YouTube, Blog  atau Toko  Online.  Secara rutin komunitas ini mengadakan kopi darat untuk sama-sama belajar dan kebetulan saya salah satu anggotanya. Bagi saya komunitas ini cukup bermanfaat karena saya bisa belajar banyak.

Andapun bisa melakukannya ditempat anda tinggal dari pada ilmu blogging anda Cuma disimpan lebih baik dibagikan kepada orang lain khususnya bagi tenaga kerja usia produktif yang masih menganggur. Apalagi sekarang ini koneksi internet bisa didapatkan dengan mudah, Hotspot WIFI gratisan  bertebaran dimana-mana mulai dari Warkop sampai Rumah Makan.

Saya membayangkan jika semua blogger di Indonesia membuka kelas Blogging untuk masyarakat sekitarnya saya yakin satu atau dua tahun kedepan akan berkurang angka pengangguran. Sayangnya untuk mewujudkan kelas blogging ini tidaklah mudah. Banyak yang belum tahu apa itu blogging sehingga mereka tidak tertarik.

Namun demikian tidak ada salahnya dicoba, Bagaimana Anda tertarik untuk buka kelas Blogging?

*Picture By IM Cikarang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar